iklan

Teknik Dasar Bola Voli Dan Penjelasannya

Permainan Bola Voli yaitu permainan yang diciptakan oleh William G. Morgan pada tahun 1895 dengan nama minitonette yang sekarang dikenal sebagai Volley Ball atau Bola Voli. Permainan Voli sendiri sanggup dimainkan di lapangan indoor maupun outdoor dengan ukuran 18×9 meter dengan net untuk putra 2,43 meter dan putri 2,24 meter.

Permainan ini yaitu permainan yang tergolong cukup sulit untuk dimainkan orang awam, lantaran untuk mempelajari permainan ini biasanya kita harus menahan sakit untuk melaksanakan pukulan dan kita juga harus mempelajari teknik-teknik dari permainan yang tidak sanggup dilakukan dalam waktu singkat. Sebelum kalian mempelajari teknik yang lain, untuk menjadi seorang profesional kita harus mempelajari teknik dasar bola voli.
Mengetahui teknik dasar bola voli

Teknik dasar Permainan Voli terbagi menjadi 4 yaitu Block,Service,Smash atau Spike dan Passing, dimana semua teknik ini harus dikuasai oleh semua pemain bola voli. Yang nantinya akan ada yang lebih ditonjolkan sesuai posisi pemain, semisal sebagai toser kalian harus jago dalam memberi umpan atau passing kepada pemain yang akan melaksanakan smash. Berikut yaitu klarifikasi dari masing-masing gerakan.

Teknik dasar gerakan service

Teknik dasar service yaitu pukulan yang dilakukan dari tempat garis belakang lapangan permainan hingga melambung keatas net dan mendarat di dalam tempat lawan. Teknik Service dilakukan dikala awal permainan,saat terjadi penambahan point dan terjadi pelanggaran.

Teknik Service mempunyai 4 macam yaitu Service Bawah,Service mengapung atau Floating overhand,Overhand round-house service, dan jumping service.

Teknik service bawah

Teknik service bawah biasa dilakukan oleh pemula lantaran teknik ini yaitu teknik yang paling gampang dan umum digunakan. Teknik service bawah dilakukan dengan cara:
Pegang bola dengan tangan kiri sejajar dengan pinggang.
Badan sedikit membungkuk
Ayunkan ajun untuk memukul bola dengan tangan yang mengepal.

Teknik ini memang terlihat mudah. Namun bila dipraktekkan akan terlihat bahwa kesulitan dalam melaksanakan service bawah yaitu mengarahkan bola sesuai keinginan, dengan latihan yang sering dan rutin kalian akan gampang melaksanakan service bawah.

Teknik service mengapung

Teknik service mengapung atau floating overhand service yaitu teknik service dimana bola yang melambung tidak berputar sehingga terlihat mengapung atau mengambang di udara.




Service mengapung sanggup dilakukan dengan cara:
  • Berdirilah menghadap lapangan.
  • Posisikan kedua kaki sejajar dengan bahu.
  • Lambungkan bola ke atas (lebih tinggi dari kepala).
  • Pukul bola di bab tengah belakang.
Overhand around house service
Overhand round-house service mempunyai nama lain Hook Service. Service ini tergolong cukup sulit untuk dilakukan. Untuk melaksanakan service ini kalian harus mempunyai ketepatan untuk memukul bola biar sanggup melewati net dan bola harus berputar biar tidak menjadi floating serve. Cara melakukannya adalah:
Genggam bola di depan tubuh dengan tangan kiri. Lemparkan bola keatas dan berikan simpangan terjauh bagi ajun dan lekukkan kaki kiri sedikit.
Pukul bola dengan ayunan melingkar dari ajun dikala posisi sudah tepat dan jadikan kaki kiri sebagai acuan berat badan.

Sekilas cara melaksanakan service ini menyerupai floating service, namun perbedaannya terletak pada pemolesan bola. Karena floating service gerakan bola yaitu membisu dihentikan hingga berputar, sedangkan overhand around service memanfaatkan perputaran bola biar mendapat service yang sanggup menukik ataupun berbelok.


Jumping service

Jumping service inilah teknk service tersulit lantaran selain ketepatan dikala memukul bola kita harus mempunyai ketepatan dalam melompat untuk melaksanakan service.

Selain teknik tersulit teknik ini juga yaitu teknik yang paling keren untuk melaksanakan service lantaran teknik ini sering dilakukan oleh profesional. Keunggulan dari teknik ini yaitu lebih sulit untuk dihalau lawan lantaran tingkat kecepatan bola yang lebih keras dibanding teknik yang lain. Cara melaksanakan teknik ini adalah:
  • Berdirilah agak jauh dari belakang lapangan.
  • Pegang bola dengan kedua tangan.
  • Lambungkan bola kira kira 3 meter dari tanah.
  • Jika merasa mendapat dikala yang tepat rendahkan tubuh dan tekuk lutut untuk bersiap melompat setinggi-tingginya.
  • Pukul bola layaknya smash dengan menekuk pergelangan biar membuat pukulan topspin.
Gerakan ini tidak sanggup di kuasai dalam waktu singkat selain sering berlatih anda juga harus mempunyai jam terbang yang tinggi untuk mengusai teknik profesional ini.

Teknik dasar gerakan passing

Teknik dasar gerakan passing atau juga sanggup disebut reception yaitu teknik yang bertujuan untuk menerima,menahan dan mengendalikan bola service dari pemain lawan teknik passing di bagi menjadi dua macam yaitu passing atas dan passing bawah, Berikut yaitu klarifikasi dari masing masing.

Teknik dasar passing atas

Teknik Passing Atas yaitu teknik yang biasa digunakan untuk menunjukkan umpan atau set up dari toser ke pemain yang akan melaksanakan smash, lantaran itu teknik passing atas ini sangat berkhasiat dalam permainan bola voli.

Passing atas atau overhand pass dibagi menjadi 2 yaitu teknik passing atas setinggi wajah dan passing atas normal. Passing atas normal dan passing atas setinggi wajah sejatinya yaitu sama, hanya perbedaannya terletak pada posisi bola dikala melaksanakan passing. Passing Atas normal yaitu dimana posisi bola berada di atas depan wajah pemain, sedangkan passing atas depan wajah yaitu kedudukan bola berada tepat di depan wajah pemain. Berikut yaitu cara yang benar untuk melaksanakan passing atas:
Bukalah kaki selebar pundak dan lutut sedikit ditekuk.
Kedua tangan berada di depan dahi, kedua ibu jari dan telunjuk membentuk segitiga. Pandangan harus fokus pada arah datangnya bola.
Saat bola datang, terima bola dengan jari jari tangan, tekuk pergelangan tangan kedalam. Saat mendapatkan usahakan tangan rileks.
Dorong bola dengan cara menggerakan pergelangan tangan kearah luar dan diikuti gerakan meluruskan siku siku.
Gerakkan kaki agak menjinjit.

Teknik dasar passing bawah

Teknik passing bawah juga menjadi teknik yang penting bagi pemain amatir unuk menjadi profesional. lantaran teknik ini biasanya dilakukan untuk mendapatkan bola service dan smash dari lawan.




Passing Bawah dibagi menjadi 2 macam yaitu teknik dasar passing bawah satu tangan dan teknik dasar passing bawah dua tangan, berikut klarifikasi masing masing:

Teknik dasar passing bawah satu tangan

Teknik dasar passing bawah satu tangan yaitu keadaan dimana jangkauan pemain terlalu jauh dan rendah untuk melaksanakan passing atas. Hal ini biasanya terjadi dikala pemain yang pertama mendapatkan bola tidak tepat dalam melaksanakan pengembalian bola. Teknik ini dilakukan dengan cara tubuh sedikit dibungkukkan, namun apabila dirasa tetap tidak sanggup mencapai jangkauan pemain maka biasanya pemain akan nekad melompat terbang untuk menyelamatkan bola.

Teknik dasar passing bawah dua tangan

Teknik dasar passing bawah biasa dilakukan ketika bola dirasa akan jatuh tepat di depan pemain. Teknik ini biasa dilakukan dikala mendapatkan service dan smash dari musuh yang masih berada dalam jangkauan namun posisi bola terlalu rendah. Teknik dasar passing bawah dua tangan mempunyai 2 macam metode yaitu The Dig dan Thumb Over Palm methode.

Teknik The Dig yaitu di mana posisi tangan berada dalam posisi menyerupai menyendok dengan mengepalkan kedua tangan. Teknik The Dig yaitu teknik yang sering digunakan untuk mendapatkan service lawan lantaran dengan teknik ini kita sanggup mengarahkan bola sesuai harapan kita, namun teknik ini lebih sulit ketimbang teknik thumb over palm.

Teknik The Dig yaitu posisi ajun menggenggam 4 jari tangan kiri dan ibu jari tangan kiri menindih ibu jari ajun atau sebaliknya. The Dig yaitu teknik yang sangat umum digunakan oleh para pemain voli, teknik The Dig juga sangat sering diajarkan pada murid oleh guru olahraga mereka, ini dikarenakan teknik The Dig lebih gampang di praktekkan dan The Dig dianggap mempunyai tingkat akurasi yang lebih tinggi dikala melaksanakan Passing daripada teknik Thumb Over Palm.

Sedangkan thumb overpalm tangan kiri mengepal dan ajun menggenggam tangan kiri. Perlu anda ingat bahwa teknik ini yaitu teknik penentu dalam permainan. Bila dalam melaksanakan Passing kalian tergolong cukup jago kemungkinan kecil musuh sanggup mencetak skor, begitu pula sebaliknya bila penerimaan kalian sangatlah kurang, maka setiap musuh melaksanakan serangan kemungkinan besar bola tidak sanggup diterima dengan baik sangatlah tinggi dan sanggup menambah skor musuh.



Teknik dasar blocking

Teknik Blocking yaitu satu satunya teknik yang pilih-pilih pemain. Karena teknik blocking hanya digunakan untuk menahan dan mencegah serangan dari lawan menyerupai smash. Karena itu teknik ini hanya sanggup dilakukan pemain yang mempunyai tubuh yang tinggi, namun tidak menutup kemungkinan tinggi tubuh kita bertambah suatu dikala dan mencukupi untuk sanggup melaksanakan teknik blocking, jadi teknik ini juga harus kalian kuasai.

Cara melaksanakan teknik ini cukup sullit jikalau sudah bertemu lawan kalian harus memahami situasi kapan musuh akan melaksanakan smash atau serangan dan kapan musuh akan melaksanakan tipuan. Berikut yaitu cara untuk melaksanakan teknik blocking secara umum:
  • Bersiapah di akrab net.
  • Lutut ditekuk bersiap untuk melompat, posisi tangan di depan dada bersiap menghalau bola.
  • Disaat yang tepat lompatlah setinggi mungkin dengan tangan rapat dan mengarah keatas. Ingat tangan kalian haruslah rapat biar bola tidak hingga lolos menebus celah tangan anda.
  • Mendaratlah dengan kaki sedikit mengeper biar meminimalisir resiko cedera
Teknik blocking bila dilihat dari sudut pandang banyak orang yang melakukan, maka sanggup dibagi menjadi 2 macam yaitu Block tunggal dan Block berkawan. Blocking tunggal dilakukan oleh satu orang pemain sedangkan blocking berkawan dilakukan lebih dari 1 orang, biasanya 2-3 orang.

Pada sudut pandang gerakan teknik block sanggup dibagi menjadi 2 yaitu teknik blocking aktif dan teknik blocking pasif. Teknik blocking aktif yaitu situasi dimana pemain yang memblock menggerakan tangan dengan berpengaruh sehingga posisi tangan menjadi sangat akrab dengan net. Teknik blocking pasif yaitu dikala dimana pemain yang memblock tidak menggerakan tangan dikala melaksanakan block.

Jika pada dikala latihan, teknik blocking biasanya dilakukan dengan diri sendiri saja sudah cukup, tanpa smash yang sesungguhnya.

Teknik dasar smash atau spike

Teknik smash atau spike yaitu gerakan melompat dan memukul bola voli dengan derajat kemiringan terkecil dan kekuatan terbesar kearah tempat lawan. Teknik Smash yaitu teknik yang paling menarik untuk dipelajari dari teknik dasar bola voli, lantaran teknik ini yaitu teknik paling keren dan menjadi momok bagi tim lawan lantaran teknik dasar smash yang tepat sanggup meningkatkan perolehan skor.


Teknik Smash tidak gampang dipelajari dan dikuasai, lantaran kita harus mempunyai insting kemana dan kapan kita harus memukul bola biar mendapat tembakan yang pas. Bukan hanya itu, bila sudah masuk ke dalam pertandingan kita juga harus sanggup melewati blockingan dari lawan.

Secara umum cara melaksanakan Smash adalah:
  1. Awalan : Ambil jarak sekitar 3 meter dari letak bola umpan akan melambung. Ambil langkah sedikit lebar dengan satu kaki disusul kaki yang lain di sebelahnya. Dikuti dengan gerakan tangan dijulurkan ke depan diayunkan ke belakang.
  2. Loncatan : Meloncatlah setinggi mungkin. Saat meloncat pastikan tangan terayun kedepan laul keatas dan bersiap melaksanakan smash.
  3. Pukulan : Pukul bola ke tempat lawan dengan sedikit polesan biar bola sanggup berputar dan turun menukik.
  4. Pendaratan : Mendaratlah dengan sedikit mengeper biar mengurangi resiko terkena cedera atau keseleo.
Smash berdasarkan arah bola dibagi menjadi 2 yaitu smash silang dan smash lurus.Seperti namanya, smash silang yaitu smash yang diarahkan diagonal ke kiri atau ke kanan untuk mengincar tempat yang kosong milik lawan. Sedangkan teknik smash lurus yaitu smash yang mengarah lurus ke depan lantaran dirasa pukulan dan ruang kosong di depan sudah pas untuk dijadikan sasaran.
  1. Smash berdasarkan set-up atau umpannya dibagi menjadi 4 macam yaitu open smash,semi smash,quick smash,push smash.
  2. Open Smash Open Smash dilakukan apabila pemukul bola melaksanakan gerakan awal sesudah pengumpan melepaskan bola umpan. Bola dipukul dikala berada di puncak loncatan dan jangkauan tertinggi dari lengan.
  3. Semi Smash Pemukul berjalan perlahan menuju arah jatuhnya bola dengan langkah perlahan. Ketika bola berada di ketinggian kira kira 1 meter di atas net, maka pemain harus secepatnya mengambil loncatan dan memukul bola
  4. Quick Smash Begitu bola hingga pada pengumpan maka pemukul harus secepatnya mengambil langkah smash. Saat berada kira kira 1 jangkauan lengan dengan bola, pemukul megambil loncatan dengan tangan siap melaksanakan pukulan. Pengumpan menunjukkan bola tepat didepan pemukul, lakukan pukulan secepatnya.
  5. Push Smash Pemukul sebelum melaksanakan smash berlari keluar lapangan bangun didekat tiang net. Pemukul melaksanakan gerakan awalan dengan arah paralel pada net bila ketinggian bola sudah dirasa pas pemukul harus segera melompat dan memukul bola.
Teknik Smash berdasarkan kurva bola di bagi menjadi 3 yaitu Drive Smash, Top Spin, dan Lob
  1. Drive Smash yaitu pukulan bola yang mengarahkan bola dengan kurva yang panjang dan mengarah ke luar net. Smash ini dilakukan dengan telapak tangan membentuk sendok, lecutan tangan diputar berlawanan arah jarum jam, target pukulan pada bola yaitu bab belakang kearah bab depan.
  2. Top Spin Smash yaitu pukulan bola yang dilakukan untuk mendapat putaran yang menukik tajam ke area lawan. Pada gerakan ini yang terpenting yaitu ke luwesan gerakan pergelangan dan kerasnya pukulan.
  3. Lob Smash yaitu pukulan smash yang mementingkan putaran bola ketimbang kecepatan bola. Lob Smash dilakukan dengan memoles bola hingga berputar biar bola tidak terjatuh keluar garis lapangan. Bola Lob biasa digunakan bila permainan di tempat tim telah mati dan terpaksa menunjukkan bola kepada lawan.
Teknik Smash berdasarkan Awalannya dibagi menjadi 4 macam yaitu smash tanpa awalan, dengan awalan, dengan 1 kaki dan dengan 2 kaki.
  1. Smash tanpa awalan yaitu dikala dimana posisi pemukul telah berada di akrab net semenjak awal dan bersiap melaksanakan loncatan. Kaprikornus teknik ini biasa digunakan sebagai seni administrasi pengecoh jikalau dilakukan bersama sama, sehingga musuh galau siapa yang akan melaksanakan smash.
  2. Smash dengan awalan yaitu smash pada umumnya. Teknik ini sangat sering digunakan, lantaran dengan awalan kita sanggup mendapat kekuatan powerfull.
  3. Smash dengan 1 kaki yaitu posisi pemain dikala melaksanakan lompatan yaitu satu kaki di depan dan satu kaki di belakang atau tidak sejajar sehingga lompatan pemukul terdorong kedepan.
  4. Smash dengan 2 kaki yaitu posisi pemukul dikala akan melaksanakan lompatan dengan dua kaki sejajar menyerupai pada umumnya.
Menjadi sorang pemain amatir yang menuju profesional butuh latihan dan kerja keras sehingga kita sanggup mempunyai skill yang diakui oleh masyarakat. Namun semua itu diawali dengan teknik yang dasar, gres mempelajari lebih dalam.

Jangan cepat bosan dalam menjalani latihan teknik dasar bola voli ini, lantaran dengan dasar yang anggun kita sanggup membuat teknik lanjutan yang anggun pula, pemain profesional pun tetap melaksanakan latihan dasar meski sudah sangat mahir.

Sumber http://pendidikansrg.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Teknik Dasar Bola Voli Dan Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel