iklan

Faktor Yang Mempengaruhi Kebugaran Jasmani (Pengertian Kebugaran Jasmani)

Faktor Kebugaran Jasmani Istilah kebugaran jasmani mempunyai pengertian yang sama dengan physical fitness yang merupakan aspek fisik dari total fitness.
Aspek lain dari total fitness ialah mental fitness, emotional fitness, dan social fitness. Saya sarankan semoga kau pelajari terlebih dadulu artikel Kebugaran Jasmani.

Sejarah Gerakan Kebugaran Jasmani:
  • Manusia mempertahankan hidupnya dengan gerakan-gerakan.
  • Gerakan jasmaniah merupakan kebutuhan mutlak bagi makluk hidup.
  • Kehidupan yang tidak aktif akan menjadikan hipokinesis.
Setiap individu mempunyai tingkatan yang berbeda wacana faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani.
Menurut Sharkey dalam F Suharjana, untuk mencapai "quality of life" ada 3 aspek yang mesti dipenuhi, yaitu: mengatur makanan, istirahat, dan acara (olahraga).
Menurut Suharjana Inilah Faktor yang Berpengaruh
Menurut Suharjana, faktor-faktor yang kuat kepada tingkat kebugaran jasmani seseorang ialah sebagai berikut:

1. Umur
Masing-masing tingkatan umur mempunyai tataran tingkat kebugaran jasmani yang bermacam-macam dan bisa ditingkatkan nyaris di semua usia.

Kebugaran jasmani pada bawah umur meningkatkan hingga 25-30 tahun. Kemudian akan terjadi penurunan kapasitas fungsional dari seluruh organ badan sekitar 0,81-1%.

Tetapi dengan rajin melaksanakan olahraga, maka kecepatan penurunan itu bisa diperlambat hingga setengahnya.


2. Jenis Kelamin
Umumnya tingkat kebugaran jasmani putra lebih baik daripada putri, alasannya putra lebih banyak melaksanakan aktivitas.

Ketika usia pubertas, kebugaran jasmani pria nyaris sama dengan perempuan, tetapi sehabis usia pubertas maka pria akan mempunyai tingkat kebugaran jasmani lebih besar.

3. Makanan
Asupan gizi yang seimbang sangat kuat terhadap kebugaran jasmani seseorang. Dengan gizi seimbang (50% karbohidrat, 12% protein, dan 38% lemak) maka akan ada keinginan bahwa badan terpenuhi dalam faktor gizi.

Selain gizi seimbang, kuliner sangat ditentukan oleh kualitas materi makanan. Maksudnya bahwa baiknya kuliner sedikit mungkin mengandung polutan. Pengolahan materi kuliner juga kuat terhadap kuliner yang dikonsumsi.

4. Tidur dan Istirahat
Tidur berkhasiat semoga badan beristirahat, alasannya ketika itu otot-otot kembali dibangun sehabis latihan. Bisa kau bayangkan bagaimana orang yang kurang tidur, biasanya lemas, letih, lesu.

Kaprikornus istirahat yang cukup menjadi faktor yang penting dan kuat untuk kebugaran jasmani.
Menurut Suharjana hanya 4 faktor diatas. Sedangkan berdasarkan buku panduan kesehatan olahraga, Faizati Karim, ada beberapa komplemen sebagai berikut:
5. Keturunan (Genetik)
Faktor keturunan ini kuat terhadap kapasitas jantung, parut, postur tubuh, sel darah, obesitas, dan serat atas.

Menurut hasil penelitian Bowers dan Fox dalam Sukadiyanto, dkk menambahkan, beberapa unsur yang dipengaruhi oleh faktor keturunan diantaranya ialah kemampuan aerobik (VO2 max) sebesar 93%, sistem asam laktat sebesar 81%, dan denyut jantung maksimal sebesar 86%. 20

6. Rokok
Akibat merokok badan akan menghisap kadar CO2 yang menjadikan berkurangnya nilai VO2 max yang kuat terhadap daya tahan, selain itu berdasarkan penelitian Nikotin, Perkins dan Sexton di rokok bisa pengeluaran energi dan mengurangi nafsu makan.

Kesimpulan yang bisa kita sanggup bahwa kebugaran jasmani seseorang sangat tergantung pada beberapa faktor ibarat faktor umur, keturunan, jenis kelamin, contoh hidup sehat yang meliputi contoh makanan, istirahat, dan acara olahraga.

Referensi:
digilib.unila.ac.id/


Sumber http://pendidikansrg.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Faktor Yang Mempengaruhi Kebugaran Jasmani (Pengertian Kebugaran Jasmani)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel