iklan

✔ Flyexam Aplikasi Ujian Online Berbasis Komputer Dan Android Gratis!!!

Ujian Online Menggunakan Handphone (Android) dan Komputer (Web)

Ujian Menggunakan Handphone dan Komputer

Penggunaan komputer untuk pelaksanaan ujian dimulai pada awal 1970-an (Drasgow, 2002). Pada masa itu kemampuan komputer masih sangat terbatas dan membutuhkan pembiayaan yang tinggi (Mojarrad & Hemmati, 2013), sehingga penggunaannya masih sangat terbatas. Dengan munculnya teknologi baru, ujian memakai komputerisasi telah mulai dikembangkan dan diimplementasikan dalam agenda pengujian skala besar menyerupai lisensi, sertifikasi, penerimaan, dan tes psikologi (Kim & Huynh, 2007).

Ada sejumlah besar penelitian yang menemukan keunggulan untuk pengujian berbasis komputer dalam banyak sekali aspek bila dibandingkan dengan tes pensil-kertas (Charman &Elmes, 1998; Clariana & Wallace, 2002; Sly & Rennie, 1999). Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa siswa mempunyai lebih banyak perilaku konkret terhadap tes berbasis komputer bila dibandingkan dengan berbasis kertas tes. Penelitian lain pada mahasiswa pascasarjana melaporkan bahwa 61,8% lebih disukai tes berbasis komputer dibandingkan dengan tes berbasis kertas (Jawaid, 2014).

Pelaksanaan Ujian Akhir Semester pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK, Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekoleh Menengah Pertama (SMP).  membutuhkan rentang waktu yang cukup panjang. Sebagai teladan pelaksanaan ujian semester untuk SMK, terdiri dari ujian kompetensi kejuruan / praktik untuk penilaian keterampilan. Rata-Rata 3 hingga 5 mata pelajaran setiap tingkat dan Kompetensi keahlian, membutuhkan waktu sekitar 1 minggu. Diikuti dengan ujian untuk mengukur pengetahuan pada mata pelajaran umum berkisar 8 hingga 11 mata pelajaran, dan biasanya membutuhkan waktu 1 minggu. Total pelaksanaan ujian semester pada Sekolah Menengah kejuruan rata-rata ialah 2 minggu. Panjangnya waktu Ujian Akhir Semester pada Sekolah Menengah kejuruan tentunya akan membutuhkan biaya yang besar juga, yaitu meliputi:

  1. Penyediaan soal ujian yaitu: kertas, penggandaan naskah soal, gaji pembuat naskah soal.
  2. Honor pengawasan ujian dan panitia ujian.
  3. Konsumsi pengawas dan panitia selama pelaksaan ujian.
  4. Kertas dan alat-alat tulis lain.

Besarnya biaya penyelenggaraan ujian semester pada sekolah tentunya akan mengurangi pos-pos pembiayaan aktivitas lain disekolah, menyerupai pembiayaan peningkatan kualitas SDM, pengadaan dan perbaikan sarana dan prasarana penunjang berguru lainnya. Agar pembiayaan kegiatan-kegiatan lain disekolah bisa dilaksanakan, efesiensi perlu dilakukan. Salah satu efesiensi yang bisa dilakukan ialah dengan memanfaatkan komputer serta gadget / Hanphone para siswa dalam penyelenggaraan ujian semester.

Perkembangan teknologi hanphone yang sangat pesat menciptakan kemampuan sebuah ponsel bisa menyamai sebuah komputer. Hanphone mempunyai kapasitas penyimpanan yang banyak, memori internal dan memori eksternal yang banyak, kecepatan processor (CPU), konektivitas jaringan nirkabel (seperti itu seperti, Wi-Fi dan Bluetooth), Sensor terpasang, GPS, Kamera dan sistem operasi, lengkap dalam sebuah handphone. Ponsel memungkinkan menjalankan agenda komputer kecil (aplikasi seluler), yang menyediakan banyak sekali fitur termasuk, melihat dan mengedit file teks dalam format yang berbeda menyerupai kata dan pdf, grafik instan, browser web, kamus, ilmiah kalkulator dan sebagainya. Jika dipakai secara positif, hanphone ialah alat pembelajaran yang baik  (Nyamawe & Mtonyole, 2014).


Pemilihan pelaksanaan ujian semester memakai hanphone ialah menurut tingkat kepemilikan perangkat oleh siswa. Menurut survey yang dilakukan oleh penulis kepada beberapa sekolah yang dilakukan pada bulan Mei tahun 2018, tercatat 680 siswa dari 972 siswa (70%) mempunyai Handphone Android. Pemanfaatkan handphone  berbasis Android dalam dunia pendidikan sangat besar. Terutama untuk menggantikan peranan komputer mengakses content-content pembelajaran serta  pemanfaatan untuk pelaksanaan penilaian pembelajaran. Perbandingan penggunaan penggunaan Handphone dalam pelaksanaan ujian dengan pelaksanaan ujian berbasis komputer dan berbasis kertas disajikan pada tabel 1 berikut ini:

Tabel 1.1. Perbandingan Ujian memakai kertas, komputer dan Handphone
Sumber: Diolah oleh penulis

FlyExam

FlyExam ialah aplikasi yang penulis kembangkan untuk mengakses antar muka ujian dari hasil pengembangan TCExam. FlyExam dikembangkan khusus untuk mengakses ujian dari handphone Android dengan fitur-fitur keamanan, untuk menghindari kecurangan pada waktu pelaksanaan ujian. Adapun fitur-fitur kemanan dan kelebihan lain yang terdapat pada FlyExam adalah:

  1. Selama pelaksanaan ujian, siswa tidak bisa keluar dari aplikasi. Siswa bisa keluar aplikasi apabila token diberikan oleh pengawas ujian.
  2. Selama proses ujian, jalan masuk tombol home dan tombol activity, pada Handphone tidak bisa difungsikan. 
  3. Selama proses ujian, jalan masuk screen shoot dan screen record  tidak bisa dilakukan. Tujuannya biar soal-soal yang sedang dikerjakan tidak bisa direkam, untuk menghindari kebocoran soal ujian.
  4. Tampilan FlyExam fullscreen, sehingga lebih nyaman menggunakannya.
  5. Bisa juga dipakai untuk mengakses ujian yang dibentuk dari aplikasi lain.
  6. Khusus ujian memakai handphone, Aplikasi ujian pada server tidak bisa diakses bila memakai browser selain FlyExam. Tetapi bila ujiannya dilakukan dari komputer, ujian bisa diakses memakai browser yang umum menyerupai chrome, Firefox, Internet Explorer dan masih banyak yang lainnya.

Tampilan Antarmuka Server FlyExam

Berikut saya sertakan tampilan server FlyExam kalau login sebagai "Admin" hak jalan masuk tertinggi.
Bank soal FlyExam

Daftar Test FlyExam

Daftar User FlyExam

Analisis Butir Soal FlyExam

Tampilan Awal FlyExam

FlyExam Browser

FlyExam Browser ialah aplikasi berbasis yang dipakai untuk melaksanakan Ujian online yang eksklusif terkoneksi dengan aplikasi FlyExam Server.

Berikut beberapa screenshot tampilan FlyExam Browser


Aplikasi Ujian Online berbasis komputer bisa anda gunakan secara gratis, Sedangkan untuk aplikasi FlyExam Browser berbasis Android bisa anda d0wnl0ad eksklusif di Google PlayStore dengan kata kunci "FlyExam Browser".

Jika berminat silahkan gabung di group WA FlyExam UBK HP & Komputer, a/n Bpk. Panyahuti,M.Si,M.Pd.T. 0821 7547 9481.

Referensi : Buku panduan FlyExam.

Sumber http://scqq.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "✔ Flyexam Aplikasi Ujian Online Berbasis Komputer Dan Android Gratis!!!"

  1. selamat siang ijin bertanya, penyebab dan solusi import soal gambar di fly exam gtidak muncul gambarnya kenapa ya?

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel