iklan

Teknologi Terbaru Pada Mobil


Di kurun modern ini, mobil-mobil sudah tidak jadul lagi semua serba otomatis, dari mau buka beling jendela tinggal pencet, mau buka pintu bagasi juga tinggal pencet tombol sekali doank... tapi kini saya akan menshare sistem-sistem terbaru yang terdapat dimobil jaman sekarang.....

1. SISTEM ABS (Anti-lock Brake System)
      Sistem ABS yaitu Sistem yang terdapat pada rem, sistem ini berfungsi mencegah terjadinya penguncian piston pada rem dikala kita ngerem dadakan dan pada jalan yang licin. klo dimobil usang kan masih manual sistem rem cuma ada sistem rem mekanik (yang pake kabel) dan sistem rem hidrolik (yang pake minyak), sistem rem ABS sendiri juga mengacu pada sistem rem hidrolik tapi ditambahkan dengan rangkaian sistem elektronik. jadi sistem ABS terdapat ECU juga untuk mengatur sistem pengereman pada mobil.



2. SISTEM EPS (Electronic Power Steering) 
    Sistem EPS yaitu Sistem Kemudi yang dikontrol dengan dinamo electronik. Pada kendaraan beroda empat model usang sistem kemudi masih masih manual yang dikontrol dengan bearing yang efeknya ketika kita memutar stir itu berat, dan kebanyakan kendaraan beroda empat yang ada disekitar kita masih menggunakan sistem power steering hidrolik (minyak). Keuntungan menggunakan sistem EPS dibanding menggunakan sistem power steering hidrolik yaitu gerakan stir lebih responsif, perawatan juga lebih gampang dan simpel. sistem EPS dikontrol dengan ECU dan cara kerja EPS tersebut sebagai berikut :

  • Pada dikala pengendara memutar stir,sebuah sensor torsi kemudi menerima sinyal posisi dan kecepatan  rotasi dari roda kemudi
  • Sinyal dari sensor torsi kemudi tersebut dikirim ke EPS ECU (Electronic Control Unit), bersamaan sinyal lainnya dari ECM (Electronic Control Module)Seperti kecepatan kendaraan dan kecepatan mesin
  • EPS ECU memerintah motor listrik untuk memperlihatkan kemampuan daya putar komplemen pada steering rack dalam jumlah tertentu yang diperlukan
  • Daya putar komplemen tersebut disalurkan ke roda-roda sehingga stir menjadi lebih responsif

  3. TRANSAXLE AUTOMATIC (Transmisi Otomatis/matic)
       Transmisi otomatis (matic) yaitu transmisi yang melaksanakan perpindahan gigi percepatan secara otomatis. Untuk mengubah tingkat kecepatan pada sistem transmisi otomatis ini dipakai prosedur gesek dan tekanan minyak transmisi otomatis. Pada transmisi otomatis, roda gigi planetari berfungsi untuk mengubah tingkat kecepatan dan torsi menyerupai halnya pada roda gigi transmisi manual. Keuntungan menggunakan transmisi matic daripada transmisi manual yaitu lebih efisian secara penggunaan dan lebih mudah dalam perawatan alasannya yaitu tidak menggunakan sistem kopling menyerupai yang dipakai oleh transmisi manual

4. SRS AIRBAG (Supplemental Restraint System Airbag)
    Sistem SRS Airbag yaitu sistem keselamatan untuk melindungi kepala dan pundak dikala terjadi gesekan dengan cara membuatkan kantong udara yang terletak dipusat stir dan dashboard penumpang.Fungsi Airbag yaitu sebagai berikut :

  • Meredam energi kinetik penumpang/pengemudi
  • Melindungi penumpang dan pengendara dari benturan dengan interior trim
  • Melindungi penumpang dari belahan kaca
  • Mengurangi tertekuknya leher
    Efek sistem keselamatan : Mengurangi resiko kecelakaan fatal (Data yang dikeluarkan oleh NHTSA : 1999)
Jika hanya menggunakan Seat belt (sabuk pengaman) : Tingkat berkurangnya yaitu 45%
Jika menggunakan Airbag : Tingkat berkurangnya yaitu 14%
Jika menggunakan Seat belt dan Airbag : Tingkat berkurangnya yaitu 50%

5. ACTIVE PARK ASSIST 
    Sistem Active Park Assist yang terdapat pada kendaraan beroda empat Ford Focus yaitu sistem yang membantu pengemudi untuk memarkirkan kendaraan beroda empat secara otomatis, jadi pengendara tidak perlu takut mobilnya akan lecet. Cara munggunakan sistem ini cukup gampang tinggal menekan tombol pada panel instrumen yang mengaktifkan sensor ultrasonik untuk memindai jarak yang cukup besar diantara kendaraan beroda empat yang diparkir. Sistem ini sanggup bekerja pada ruang sekurangnya 20% dari lebih dari panjang kendaraan beroda empat secara keseluruhan. Saat parkir, pengemudi tak perlu lagi mengontrol stir. Roda kemudi akan bergerak otomatis menurut komputer. Pengemudi hanya perlu mengontrol perseneling gigi, gas, dan rem dengan mengikuti petunjuk pada layar dan sinyal audio

6. ACTIVE CITY STOP (Berhenti secara otomatis)
    Sistem ini terdapat juga di Ford focus berfungsi membantu mengurangi resiko gesekan pada kecepatan rendah (30km/jam). Sistem ini menggunakan sensor Light Detection And Rangigng yang terpasang bab beling depan. Sistem ini sanggup memantau kendaraan atau halangandidepan kendaraan beroda empat sampai jarak kurang lebih 7,6 meter
Sumber http://agungwibowo92.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Teknologi Terbaru Pada Mobil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel