iklan

✔ 5 Cara Interview Yang Baik Semoga Diterima Kerja Di Pt/Perusahaan

Cara interview yang baik merupakan panduan dasar supaya bisa diterima kerja di perusahaan atau PT yang anda inginkan.Wawancara pekerjaan yang manis mencakup banyak hal mulai dari sikap,jawaban yang benar serta attitude atau tatakrama yang bagus.

Tatacara interview atau wawancara kerja yang baik dan benar harus dimulai dari persiapan yang matang hingga dengan final proses tanya jawabnya.Jadi kalau anda hanya mempersiapkan tanggapan yang benar saja,maka itu semua belum cukup.


Cara Interview atau Wawancara Kerja yang Baik dan Benar




Cara interview yang baik merupakan panduan dasar supaya bisa diterima kerja di perusahaan at ✔ 5 Cara Interview yang Baik supaya Diterima Kerja di PT/Perusahaan



Interview atau wawancara ialah sebuah tahapan seleksi untuk calon karyawan gres dengan memakai metode tanya jawab sebagai langkah evaluasi kriterianya.Karena ini ialah tahapan seleksi,sudah tentu ada " point evaluasi khusus " didalamnya yang tidak dikatakan ole para pelamar kerja.


Apa saja sih yang dinilai dari interview/wawancara kerja?

Ada banyak hal yang menjadi point evaluasi dalam tahapan seleksi ini,antara lain :
  • Intelegensi atau tingkat kecerdasan
  • Sikap/attitude
  • Kemampuan bekerjasama
  • Psikologis
  • Kesesuaian skill dengan kebutuhan perusahaan
Dari banyak sekali hal diatas,tidak ada point utama yang mana alasannya bentuk evaluasi wawancara ialah nilai akumulatif.Jadi,hasil dari semua kriteria diatas akan dijumlah/diakumulasikan menjadi nilai pribadi dari masing-masing pelamar.

Dari semua point yang dinilai diatas,anda harus tau bagaimana cara mendapat nilai yang manis untuk tiatiap kategori atau kriteria diatas.Itulah kenapa diawal saya katakan bahwa,hanya mempersiapkan tanggapan saja tidaklah cukup.

Bagaimana cara melaksanakan interview atau wawancara kerja yang baik dan benar supaya diterima? Berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan :


1. Mengikuti Instruksi HRD


Sebelum tiba ke perusahaan atau kawasan wawancara,biasanya para akseptor akan mendapat SMS ata telepon bukan? Didalam percakapan telpon atau SMSnya biasanya akan tertulis beberapa hal yang harus akseptor lakukan ketika mengikuti tahapan seleksi ini,contohnya :
  • Datang dengan berpakaian ....
  • Membawa ....
  • Datang pada pukul ....
  • Tidak boleh membawa ...
Dan banyak sekali aba-aba lainya.Anda sebagai pelamar mau tidak mau HARUS dan wajib untuk mengikuti aba-aba ini,kenapa?

Karen hal ini masuk kedalam evaluasi " kepatuhan terhadap perintah " dimana sebuah perusahaan sudah niscaya sangat menginginkan calon karyawan yang patuh dan tertib.Jika anda tidak mengikuti himbauan ini,anda akan mendapat panilaian yang jelek.


Kalau di SMS/Telpon tidak ada aba-aba apapun selain jam bagaimana?

Jika dikala pemanggilan intervew tidak ada aba-aba apapun selain jam yang ditentukan,bukan berarti anda tidak melaksanakan persiapan yang baik.Anda bisa memakai beberapa panduan yang sudah saya tuliskan dalam artikel sebelumnya.

BACA :





2. Datang Tepat Waktu


Ketepatan waktu merupakan hal yang sangat diperhitungkan oleh sebuah perusahaan dalam melaksanakan recruitment calon karyawan mereka.Seseorang yang menghargai waktu bisa dikategorikan sebagai calon pekerja yang baik.

Jika untuk tiba ke prosesi wawancara saja anda telat,bagaimana anda akan menjalankan pekerjaan yang dituntut untuk memenuhi waktu/terget tertentu nantinya.

Point ini masuk kedalam evaluasi " kedisiplinan ".Perusahaan manapun akan sangat tertarik kepada seorang calon pekerja yang disiplin,bahkan di sebuah perusahaan yang pernah saya huni beberapa tahun yang lalu,HRDnya pernah bilang bahwa disiplin mempunyai nilai lebih tinggi daripada tingkat kecerdasan.

Percayalah,jika perusahaan hanya mempunyai 2 pilihan antara orang cerdas dan disiplin,maka perusahaan akan LEBIH MEMILIH yang disiplin.Jika anda tidak percaya,silahkan tanyakan ke HRD yang anda kenal mengenai 2 piihan ini.


3. Bersikap Profesional


Sikap atau attitude merupakan point lainya yang akan dinilai dari diri anda,jadi perlihatkan perilaku yang manis dan profesional.Bersikap profesional tidak dengan berpakaian jas layaknya seorang administrator ataupun memperlihatkan bahwa anda ialah lulusan sekolah yang ternama,tidak ibarat itu.

Sikap profesional yang saya maksudkan ialah bersikap sewajarnya tetapi memperlihatkan kesan terhadap HRD bahwa anda ialah calon karyawan yang layak untuk diterima bekerja.

Sikap yang manis ketika wawancara kerja berlangsung itu antara lain :
  • Mengetuk pintu atau memberi salam ketika akan masuk ruangan
  • Menjunjung tinggi nilai kesopanan ketika berada didalam ruangan ( mulai dari cara duduk,posisi tangan bahkan nada bicara juga harus anda jaga )
  • Memperhatikan bagaimana cara menjawab sebuah pertanyaan ( tidak boleh asal jawab saja )
  • Menunjukan perilaku yang baik ketika final proses seleksi ( misalnya ibarat berjabat tangan bahkan menutup pintu yang benar itu bagaimana?
Semua hal yang saya maksudkan diatas masuk kedalam point " SIKAP " atau attitude dalam sebuah wawancara pekerjaan.

BACA JUGA :




4. Berikan Jawaban yang Tepat


Inilah point intinya,karena sebuah seleksi wawancara ialah proses tanya jawab antara calon karyawan dengan HRD perusahaan maka,anda sebagai calon karyawan dituntut untuk memperlihatkan sebuah tanggapan yang tepat.

Jawaban yang baik dan benar dikala wawancara kerja itu bagaimana? Yang saya maksudkan tepat ialah tanggapan yang : Bisa memperlihatkan tanggapan terhadap pertanyaan HRD TANPA HARUS menjadikan pertanyaan yang lainya.

Jadi,jika tanggapan anda tepat,maka HRD hanya akan menanyakan pertanyaan itu satu kali saja dan akan bertanya dengan tanggapan yang lainya.Jika tanggapan anda kurang tepat,biasanya HRD akan bertanya lagi mengenai topik yang sama.

Contoh tanggapan yang TEPAT untuk sebuah pertanyaan ialah sebagai berikut :

- HRD : Apa hobi kamu?
- Anda : Olahraga basket pak

Selesai.HRD tidak akan bertanya lebih jauh lagi mengenai topik ini alasannya jawabanya sudah tepat ( padat singkat dan terperinci ).Selain anda akan dinilai orang yang konsisten kalau memperlihatkan tanggapan yang tepat,hal ini manis juga untuk anda alasannya HRD tidak akan memperlihatkan pertanyaan yang akan sulit untuk anda jawab nantinya.

Contoh tanggapan yang KURANG TEPAT untuk sebuah pertanyaan :

- HRD : Apa hobi kamu?
- Anda : Baca buku pak?
- HRD : Buku apa?
- Anda : Buku sejarah pak?
- HRD : Sejarah apa yang anda baca?
- Anda : bleng ( anggap anda bisa jawab ini )
- HRD : Selain sejarah itu,apa lagi?
- Anda : Sejarah .... Pak
- HRD : Coba ceritakan sejarahnya bagaimana?

Hanya dengan 1 tanggapan yang kurang tepat,anda bisa di " hajar " dengan banyak sekali macam pertanyaan lanjutan yangmungin saja malah akan menciptakan anda terlihat " kolot " dan terkesan ingin sombong diri saja.

Kenapa bisa ibarat itu?

Begini,seorang HRD itu melaksanakan evaluasi menurut dari tanggapan yang anda katakan,jadi kalau tanggapan anda sudah menciptakan HRD mendapat penilaian,maka HRD akan ganti pertanyaan dengan yang lain.

Jika HRD belum mendapat sebuah penilaian,maka akan muter-muter saja pertanyaanya seputar itu-itu saja.Sampai benar-benar mendapat tanggapan yang memperlihatkan sebuah nilai.Itulah kenapa saya katakan bahwa anda harus memperlihatkan tanggapan yang tepat.

BACA LAINYA :





5. Hindari Kesalahan


Ada beberapa hal yang tidak boleh bahkan masuk kedalam kategori " dihentikan " untuk dilakukan ketika melaksanakan tahapan seleksi wawancara kerja,seperti :
  • Tidak mengikuti instruksi
  • Telat datang
  • Salah memakai pakaian
  • Tidak membawa berkas atau hal yang harus dibawa
Khususnya untuk mereka-mereka yang belum pernah mengikuti seleksi semacam ini,saya yakin sering melaksanakan banyak sekali kesalahan yang saya sebutkan diatas.

Silahkan pelajari dengan baik apa saja yang sudah saya jelaskan dalam paragraf sebelumnya untuk menghindari banyak sekali kesalahan yang mungkin saja anda lakukan.


Lakukan persiapan dengan sebaik mungkin kalau anda ingi mendapat evaluasi yang tepat dan ingin bisa lolos tahapan seleksi wawancara kerja ibarat ini.Jangan pernah mengangga hal ini mudah,karena banyak hal yang akan dinilai dari diri anda.

Demikian pembahasan ihwal bagaimana cara melaksanakan interview kerja yang baik supaya bisa diterima bekerja di sebuah perusahaan atau PT yang anda inginkan.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.
Sumber http://www.pujihartono.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ 5 Cara Interview Yang Baik Semoga Diterima Kerja Di Pt/Perusahaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel