iklan

✔ Solusi Kartu Jamsostek Hilang ( Perusahaan Usang Ataupun Pt Gres )

Cara mengurus kartu jamsostek hilang atau rusak untuk perusahaan yang masih anda huni ataupun untuk PT usang yang sudah EX cukup mudah.Anda tidak perlu khawatir alasannya ialah ada solusi atau jalan keluarnya untuk kartiu BPJS ketenagakerjaan/TK tersebut.

Cara mengatasi kartu jamsostek yang hilang atau rusak harus dilakukan sesuai dengan mekanisme yang dianjurkan oleh pihak BPJS ketenagakerjaan.Jika anda tidak mengatasi hal tersebut,dana atau saldo anda tidak akan dapat di cairkan.


Kartu Jamsostek Anda Hilang? Begini Cara Mengatasi atau Mengurusnya



Cara mengurus kartu jamsostek hilang atau rusak untuk perusahaan yang masih anda huni atau ✔ Solusi Kartu Jamsostek Hilang ( Perusahaan Lama ataupun PT Baru )


Kartu jamsostek atau BPJS ketenagakerjaan ialah sebuah card yang dipakai untuk " menabung " uang JHT seorang karyawan dari perusahaan yang terdaftar didalamnya.Satu buah karetu dapat dipakai untuk 2 atau lebih perusahaan.

Makara ketika anda pindah perusahaan,anda dapat meneruskan kartu yang usang ataupun menciptakan yang gres lagi.Tetapi jikalau anda tetapkan untuk menciptakan yang baru,semua kartunya harus anda simpan dengan baik semoga ketika mencairkan saldo atau dana didalamnya,anda tidak mendapat masalah.


Kartunya banyak dan hilang satu atau beberapa

Inilah mungkin yang banyak terjadi di kalangan para karyawan pabrik atau PT,dimana ketika mereka berpindah perusahaan,bukanya meneruskan memakai katu yang lama,mereka malah menciptakan yang baru.

Hal ini ( diperbolehkan ) dengan catatan,si karyawan HARUS menyimpan card yang lama.Saya akan ilustrasikan sedikit suppaya anda lebih jelas :

- Si amir,5 tahun kemudian bekerja di perusahaan A,dimana ia mempunyai kartiu BPJS tenagakerja untuk perusahaan tersebut.Kemudian tahun berikutnya di pindah ke perusahaan B,tetapi si amir TIDAK MENERUSKAN data yang lama,melainkan menciptakan kartiu yang baru.

Ketika si amir ingin mencairkan saldo jamsosteknya,amir harus menyertakan 2 kartunya,dimana satu untuk perusahaan A dan satu lagi untuk perusahaan B.

- Si budi.5 tahun kemudian bekerja di perusahaan A dan mempunyai kartiu BPJS ketenagakerjaan.Kemudian beberapa tahun berikutnya,si kebijaksanaan pindah ke perusahaan B.Si kebijaksanaan TIDAK MEMBUAT CARD YANG BARU,melainkan meneruskan dengan memakai data yang lama.

Ketika si kebijaksanaan ingin mencairkan dana jamsosteknya,si kebijaksanaan cukup menyertakan satu kartunya saja,karena di perusahaan B,si kebijaksanaan meneruskan data yang usang dan tidak menciptakan yang baru.


Lalu,dimana letak kesalahanya?

Banyak para pekerja atau karyawan yang tidak mengerti hal ini.Ketika mereka berpindah ke perusahaan baru,mereka bukanya meneruskan datanya,tetapi menciptakan yang baru.

Kemudian,mereka beranggapan bahwa dengan menciptakan kartu yang baru,versi yang usang menjadi tidak berkhasiat dan membuangnya atau mengindahkanya.Inilah kesalahan FATAL yang sering terjadi.

Jadi,kartunya itu mewakili perusahaan " yang didata ",ketika anda memasukan data perusahaan A ke card usang dan memasukan data perusahaan gres ke card yang baru,berarti anda mempunyai 2 kartiu yang mewakili 2 perusahaan.Simpan baik-baik keduanya!


Kartunya rusak atau hurufnya pudar

Hal ini hampir sama dengan permasalahan diatas.Kerusakan alasannya ialah terkena air atau patah atau mungkin hurufnya pudar,juga merupakan duduk masalah yang akan menghambar proses pencairan dananya suatu ketika nanti.

Anda harus segera melaksanakan perbaikan jikalau memang permasalahan ini menimpa kepada anda.Lalu solusi atau jalan keluarnya bagaimana?


" Satu-satunya solusi ialah menciptakan kartu yang baru "


Tidak ada jalan keluar lainya selain anda menciptakan yang baru.Dalam artikel kali ini saya akan menawarkan mekanisme yang benar untuk menciptakan kartu jamsostek atau BPJS ketenagakerjaan yang gres ketika yang usang hilang atau rusak.


Syarat Membuat Kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan


Ada 2 keadaan yang biasanya menimpa para karyawan yang bermasalah dengan kartu BPJS Taman Kanak-kanak mereka,yaitu :
  • Kartu yang hilang merupakan card yang dipakai untuk perusahaan terdahulu,yang kini sudah tidak bekerja lagi disana
  • Kartiu yang bermasalah merupakan card yang dipakai untuk perusahaan yang masih mereka huni atau mereka masih bekerja di pabrik tersebut
Saya akan bahas keduanya untuk anda semua secara lengkap dan detail.Silahkan baca dengan secama semua klarifikasi yang ada dalam artikel ini.


- Untuk perusahaan yang sudah EX ( anda sudah tidak bekerja di PT tersebut )


Pertama ialah untuk anda yang sudah tidak bekerja di sebuah perusahaan,tetapi kartunya hilang atau rusak.Untuk syarat menciptakan card yang gres ialah sebagai berikut :
  • Paklaring
  • KTP
  • KK ( Kertu Keluarga )
  • Formulir permohonan pembuatan card yang gres ( sudah disediakan di kantor BPJSnya )
  • Surat kehilangan dari kepolisian
  • Surat rekomendasi dari pihak PT/Perusahaan ( bisanya dikeluarkan oleh HRD atau yang berwenang )

Apa itu surat kehilangan dari kepolisian?

Surat ini ialah surat yang memberitahukan kepada pihak terkait perihal kehilangan barang tertentu yang dialami seseorang.Dengan membawa surat ini,bisa dikatakan informasi atau alasan kehilanganya VALID alasannya ialah dikeluarkan oleh pihak kepolisian.

Tatacara menciptakan surat kehilangan kepolisian cukup membawa surat keterangan dari RT/RW/Kelurahan dan anda bawa ke polsek atau polres.Disana akan didata perihal alasan,penyebab dan waktu terjadinya kehilangan.


Apa itu surat rekomendasi PT/Perusahaan?

Ini ialah surat yang menyatakan bahwa anda memang merupakan EX karyawan di perusahaan tersebut.Surat ini untuk meyakinkan pihak BPJS untuk memproses pembuatan card anda yang baru.

Tatacara membuatnya ialah dengan membawa KTP,KK,Paklaring dan surat kehilangan dari kepolisian dan diserahkan ke HRD langsung.Nanti pihak HRD akan menyebarkan surat pernyataan bahwa anda memang pernah bekerja di perusahaan tersebut.


- Untuk perusahaan yang masih anda huni ( anda masih bekerja di PT tersebut )


Kedua ialah untuk anda yang masih bekerja di perusahaan tersebut,tetapi kartunya hilang atau rusak.Untuk syarat menciptakan card yang gres ialah sebagai berikut :
  • KTP
  • KK ( Kartu Keluarga )
  • Surat kehilangan dari kepolisian

Untuk duduk masalah ini,pemecahanya sedikit lebih gampang alasannya ialah anda masih terhubung pribadi dengan HRD pabrik daerah anda bekerja.

Saya anggap hingga disini anda sudah mengerti apa yang harus dipersiapkan.Setanjutnya ialah apa yang harus anda lakukan.Silahkan ikuti panduan dibawah ini.


Cara Membuat Kartu jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan


Untuk pembuatanya juga berbeda antara kedua kondisi diatas.Jangan hingga salah mempersiapkan berkas yang diharapkan yaa.Silahkan simak panduanya berikut ini.


- Untuk perusahaan yang sudah EX


Untuk menciptakan card yang gres tetapi perusahaanya sudah EX atau anda sudah tidak bekerja di PT tersebut ialah sebagai berikut :
  • Persiapkan berkas ( paklaring,KTP,KK dan surat kehilangan kepolisian )
  • Temui HRD perusahaan pribadi dan minta surat rekomendasi yang menyatakan bahwa anda ialah benar ex karyawan mereka
  • Bawa semua berkas ke kantor BPJS setempat
  • Katakan bahwa anda ingin menciptakan card yang gres alasannya ialah yang usang sudah hilang atau rusak
  • Mengisi formulir permohonan pembuatan ( sudah disediakan di kantor BPJSnya )
  • Petugas akan meminta berkas persyaratan ibarat yang saya sampaikan diatas
  • Tunggu prosesnya sebentar
  • Jika sudah simpulan jangan lupa untuk menyakan apakah kartunya akan dikirim ke alamat rumah atau diambil
  • Jika nantinya kartunya akan dikirmkan,maka tunggu saja.Tetapi kalau anda harus mengambil di kantornya,silahkan anda ambil
  • Selesai

Susah menghubungi HRD

Bagian yang paling ribet nanti ialah ketika anda berusaha untuk menghubungi pihak HRDnya.Untuk mengatasinya,silahkan anda pribadi menuju perusahaan bersangkutan ( jangan hanya via email atau telepon saja ).

Jangan lupa membawa semua berkas yang sudah anda persiapkan.Dengan anda pribadi menemui HRDnya,maka proses pembuatanya akan lebih cepat dan akan lebih di respon.


- Untuk perusahaan yang masih anda huni ( anda masih bekerja didalamnya )


Jika anda masih bekerja pada pabrik tersebut,anda tidak akan terlalu kesulitan ketika menghubungi HRD perusahaan.Cara pembuatanya ialah sebagai berikut :
  • Siapkan berkas ( surat kehilangan,KTP dan KK ) 
  • Serahkan ke HRD dan katakan apa maksud dan duduk masalah anda
  • Minta HRD untuk membantu mengurusnya ( biasanya HRD akan bahagia hati membantu anda,kalau HRD anda tidak keterlaluan )
  • Tunggu proses ( mungkin beberapa hari atau minggu,sesempat HRD saja )
  • Selesai

Seperti yang saya katakan sebelumnya,jika anda masih bekerja di perusahaan bersangkutan,maka proses pengurusanya akan lebih mudah.Karena anda tidak perlu repot2 mencari HRD dan tidak perlu mengurusnya sendiri.

Cukup menyerahkan berkas yang dibutuhkan dan HRD akan mengurusnya untuk anda.


Kenapa harus menciptakan yang baru?

Kenapa pembuatan card yang gres menjadi hal WAJIB yang harus anda lakukan? Karena " benda " ini menjadi syarat mutlak untuk mencairkan dana BPJS Tenaga Kerja nantinya.Tanpa kartunya ini,saldo atau dana anda TIDAK AKAN BISA DICAIRKAN!


BACA :





Demikian pembahasan perihal solusi atau jalan keluar ketika kartu jamsostek atau BPJS ketenagakerjaan anda hilang atau rusak baik untuk perusahaan usang ataupun PT yang baru.Semoga dapat membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

Sumber http://www.pujihartono.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Solusi Kartu Jamsostek Hilang ( Perusahaan Usang Ataupun Pt Gres )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel