iklan

3 Perbedaan Baking Soda Dan Baking Powder Yang Harus Anda Tahu!

Baking soda dan baking powder yaitu 2 materi pengembang yang lazim dipakai dalam proses pembuatan roti atau kue. Keduanya sering dianggap sama alasannya secara fungsi, baik baking soda maupun baking powder memang berguna yang serupa, yaitu untuk menciptakan adonan camilan anggun mengembang sebelum dikukus atau dipanggang.

Namun, tahukah Anda bahwa meski mempunyai fungsi yang sama, secara strukur kimia dan spesifikasi, keduanya ternyata punya banyak perbedaan. Apa saja ya perbedaan antara baking soda dan baking powder itu? Untuk mengetahui jawabannya silakan simak ulasan berikut.

 materi pengembang yang lazim dipakai dalam proses pembuatan roti atau camilan anggun 3 Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder yang Harus Anda Tahu!

Perbedaan Baking Soda dengan Baking Powder

Bahan pengembang camilan anggun memang bermacam-macam jenisnya. Ada yang bekerja secara biologis (seperti ragi atau kapang), ada pula yang bekerja secara kimiawi (seperti baking soda dan baking powder). Namun, pada artikel ini kita tidak akan membahas secara mendetail wacana jenis-jenis materi pengembang camilan anggun tersebut. Kita hanya akan membahas wacana baking soda dan baking powder saja, alasannya kedua materi inilah yang paling sering kita gunakan sebagai pengembang kue.

Secara kegunaan, baking soda dan baking powder memang sama, yaitu berfungsi sebagai materi pengembang adonan kue. Akan tetapi kalau ditinjau dari beberapa hal, keduanya ternyata berbeda. Perbedaan baking soda dan baking powder tersebut sanggup dilihat pada tabel di bawah.
Perbedaan Baking Soda Baking Powder
Kandungan 100% Natrium Bikarbonat Natrium Bikarbonat, Sodium Asam Pirofosfat, dan materi pengemulsi
Kegunaan Untuk adonan camilan anggun dengan pelengkap materi asam. Untuk adonan camilan anggun tanpa pelengkap materi asam.
Hasil Kue Ada rasa pahit Tidak ada rasa pahit

1. Perbedaan Kandungan

Perbedaan baking soda dan baking powder yang pertama sanggup kita lihat dari kandungan kimia keduanya. Baking soda merupakan materi pengembang camilan anggun yang mengandung 100% Natrium Bikarbonat (rumus kimia : NaHCO₃; nama dagang : Sodium Bikarbonat) tanpa adonan materi apapun. Sementara baking powder, selain mengandung Natrium Bikarbonat juga mengandung beberapa materi pelengkap lain menyerupai Sodium Asam Pirofosfat dan materi pengemulsi.

Perbedaan kandungan kimia antara baking soda dan baking powder ini kemudian mensugesti spesifikasi penggunaan kedua materi pengembang tersebut terhadap camilan anggun yang dihasilkan.
Perbedaan Lemon dan Jeruk Nipis

2. Perbedaan Spesifik Kegunaannya

Seperti diketahui bahwa untuk sanggup menciptakan adonan mengembang, Natrium Bikarbonat dari materi pengembang yang dimasukan ke dalam adonan harus sanggup bereaksi dengan senyawa asam untuk menghasilkan gelembung-gelembung udara (karbondioksida).

Jika adonan camilan anggun telah ditambahi bahan-bahan mengandung asam (seperti susu, cokelat, yogurt, mentega dan margarin), maka jenis materi pengembang yang dipakai sebaiknya yaitu baking soda. Baking soda hanya mengandung Natrium Bikarbonat saja sehingga tidak sanggup bereaksi sendiri kalau tidak ada senyawa asam yang terkandung di dalam adonan kue.

Sedangkan kalau adonan camilan anggun tidak mengandung bahan-bahan asam, maka materi pengembang yang dipakai sebaiknya yaitu baking powder. Hal ini alasannya selain mengandung Natrium Bikarbonat, baking powder juga mengandung Sodium Pirofosfat yang bersifat asam lemah dan sanggup memicu reaksi yang menghasilkan gelembung udara di dalam adonan kue.

3. Perbedaan Hasil Penggunaan

Perbedaan baking soda dan baking powder dalam hal kandungannya juga menghasilkan perbedaan yang signifikan pada camilan anggun yang dihasilkan.

Kue yang memakai materi pengembang berupa baking soda umumnya akan terasa lebih pahit, terlebih kalau jumlah baking soda yang dimasukan terlalu banyak. Sedangkan camilan anggun yang memakai materi pengembang berupa baking powder umumnya tidak akan menghasilkan rasa pahit alasannya Natrium Bikarbonat akan habis bereaksi dengan Sodium Asam Pirofosfat dan materi pengemulsinya.

Nah, itulah beberapa perbedaan baking soda dan baking powder yang sebaiknya Anda ketahui sebelum berencana menciptakan camilan anggun untuk keluarga. Semoga sesudah tahu perbedaan keduanya, kita tidak salah lagi dalam memilih materi pengembang mana yang sebaiknya kita gunakan untuk menciptakan kue. Bagikan artikel ini ke teman-teman melalui tombol Share Facebook kalau dirasa ada manfaatnya. Salam.
Sumber http://danperbedaan.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3 Perbedaan Baking Soda Dan Baking Powder Yang Harus Anda Tahu!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel