iklan

√ Cara Mendinginkan Ruangan Dengan Kipas Angin Yang Benar

Dewasa ini, penggunaan AC (Air Conditioner) sebagai pendingin ruangan ialah hal biasa. Mulai dari kawasan tinggal, perkantoran, supermarket, hingga dengan ATM (Anjungan Tunai Mandiri) turut memakai AC.


Sayangnya, AC masih dianggap benda elektronik glamor yang tidak semua orang bisa membelinya. Jika sudah menyerupai ini, pendingin ruangan yang lebih terjangkau harganya bisa menjadi alternatif pengganti AC.


Jauh sebelum AC ditemukan, insan lebih dulu memakai kipas angin. Udara sejuk yang dihembuskan kipas angin memang tidak sekuat AC. Namun, bila kita memakai sedikit lifeh4ck, kipas angin juga bisa menciptakan kamar yang panas menjadi adem.


Bacaterus akan memperlihatkan serba-serbi cara mendinginkan ruangan dengan kipas angin. Cara memakai kipas angin ketika tidur atau beraktivitas ternyata tidak jauh berbeda. Bahkan, Anda sanggup menjadikan kipas angin sebagai “AC minimalis”, lho.


Cara Memilih Kipas Angin yang Cocok


Pernahkah Anda merasa tidak bisa istirahat dan bekerja alasannya ialah ruangan Anda panas? Suhu udara yang panas memang menciptakan badan jadi lebih banyak mengeluarkan keringat dan menjadikan rasa tidak nyaman. Manfaatkan kipas angin yang Anda punya untuk menciptakan ruangan jadi lebih sejuk. Tempatkan kipas angin dengan cara yang benar biar udara sejuk sanggup menghembus ke seluruh ruangan.



  • Pasang Exhaust Fan


 sebagai pendingin ruangan ialah hal biasa √ Cara Mendinginkan Ruangan dengan Kipas Angin yang Benar


Cara mendinginkan ruangan dengan kipas angin paling banyak dilakukan orang ialah memasang exhaust fan. Sekedar informasi, exhaust fan ialah kipas yang ditanam di dinding. Manfaat dari kipas angin ini ialah menarik udara panas dari dalam ruangan. Udara sejuk yang dihasilkan exhaust fan memang tidak terlalu terasa, tapi sudah cukup mengurangi hawa panas di ruangan.



  • Pasang Kipas Angin di Atas Langit-Langit


 sebagai pendingin ruangan ialah hal biasa √ Cara Mendinginkan Ruangan dengan Kipas Angin yang Benar


Ada dua jenis kipas angin langit-langit yang bisa menyejukkan ruangan, yaitu kipas angin plafon yang sanggup berputar menyejukkan seluruh ruangan dan kipas angin gantung yang hembusan udaranya tidak sekuat kipas angin plafon.


Jika Anda khawatir masuk angin alasannya ialah hembusan kipas angin plafon yang terlalu kencang, pasang saja kipas angin gantung. Keduanya sama-sama bisa menciptakan ruangan jadi lebih dingin.



  • Gunakan Kipas Angin Berdiri (Stand Fan)


 sebagai pendingin ruangan ialah hal biasa √ Cara Mendinginkan Ruangan dengan Kipas Angin yang Benar


Jika Anda mempunyai permasalahan terhadap kamar yang panas, pasang saja kipas angin bangkit (stand fan) yang cukup besar. Atur kipas angin biar bisa berputar menghembuskan udara ke seluruh ruangan. Semakin besar ukuran kipas angin yang Anda beli, maka semakin kencang hembusan udaranya.


Selain aneka macam poin di atas, Anda juga harus mempertimbangkan pemilihan brand kipas angin. Cek artikel merk kipas angin berikut untuk mencari referensi. Di samping itu, ketahui juga beberapa ancaman dari penggunaan kipas angin melalui artikel bahaya kipas angin ini biar Anda sanggup menciptakan pertimbangan yang tepat.


Cara Mendinginkan Ruangan dengan Kipas Angin AC




Saat cuaca sedang panas-panasnya, tentu saja Anda perlu pendingin ruangan yang bisa mendinginkan ruangan secara instan. Sayangnya, di ruangan Anda tidak ada AC atau jendela lebar yang bisa dibuka untuk memasukkan udara segar dari luar. Lantas, bisakah kipas angin memperlihatkan udara cuek yang optimal untuk seisi ruangan?


Kalau tidak ada AC di ruangan Anda, kipas angin pun bisa disulap menjadi pendingin ruangan yang ampuh, kok. Untuk menciptakan pendingin ruangan dari kipas angin Anda perlu bekerja ekstra. Namun, bila panas di ruangan sudah tidak sanggup teratasi, silakan lakukan cara mendinginkan ruangan dengan kipas angin AC berikut ini:



  1. Siapkan beberapa materi yang dibutuhkan, mulai dari: kipas angin dengan ukuran apapun (boleh kipas angin meja/berdiri), 2 buah botol plastik bekas minuman berukuran 1-2 liter, tali rafia/kawat, solder, cutter, dan gunting.

  2. Potong bab bawah kedua botol plastik bekas dengan cutter. Namun, jangan potong hingga putus alasannya ialah nantinya bab bawah botol akan dijadikan penutup.

  3. Lubangi bab sisi kiri dan kanan botol dengan solder. Anda bisa menciptakan lubang sebanyak mungkin alasannya ialah ini akan menjadi ventilasi.

  4. Ikatkan kedua botol di bab belakang kipas dengan tali rafia atau kawat. Usahakan untuk mengikat sekuat mungkin biar botol tidak jatuh. Posisi botol harus terbalik, yakni bab tutup botol berada di bawah.

  5. Selanjutnya, isi kedua botol yang sudah diikat dengan balok-balok es batu. Saat mengisi, pastikan Anda tidak mengisi botol dengan es watu hingga benar-benar penuh. Usahakan biar es watu tidak mencapai lubang yang sudah Anda buat biar tidak mengalami kebocoran.

  6. Tutup bab bawah botol yang tadi sudah dipotong dengan cutter, kemudian coba hidupkan kipas angin Anda. Rasakan udara sejuk yang dihembuskan kipas angin Anda menyerupai udara sejuk yang keluar dari AC.

  7. Setelah es batunya mencair, keluarkan airnya dengan cara membuka tutup botol. Kemudian, isi kembali botol dengan es watu gres bila Anda ingin memakai kipas angin AC ini lagi.


Perlu Anda ketahui bahwa metode mendinginkan ruangan dengan kipas angin AC ini hanya bersifat sementara. Pasalnya, bila Anda memakai cara ini terus menerus maka Anda harus menciptakan es watu sebanyak mungkin dan mengisi es watu secara berkala.


Tips Membuat Ruangan jadi Lebih Sejuk


Cara mendinginkan ruangan dengan kipas angin ialah solusi utama bagi Anda yang tidak mempunyai AC. Kipas angin sanggup menghembuskan udara sejuk ke seluruh ruangan. Namun, bila ruangan masih terlalu panas, mungkin Anda harus melaksanakan beberapa tips untuk menciptakan ruangan jadi lebih sejuk. Berikut ini ialah tips sederhana untuk menciptakan ruangan yang tidak ber-AC jadi terasa lebih sejuk:



  • Gunakan Cat Tembok Berwarna Soft


 sebagai pendingin ruangan ialah hal biasa √ Cara Mendinginkan Ruangan dengan Kipas Angin yang Benar


Percaya atau tidak, cat tembok berwarna terperinci menyerupai kuning, merah, dan orange justru akan menciptakan ruangan jadi terasa panas. Pilih cat tembok yang berwarna soft atau segar untuk memperlihatkan aura kesegaran di ruangan Anda, menyerupai warna turquoise, hijau muda, biru muda, putih, atau kuning pucat.



  • Buat Jendela Sebanyak Mungkin


 sebagai pendingin ruangan ialah hal biasa √ Cara Mendinginkan Ruangan dengan Kipas Angin yang Benar


Jendela ialah ventilasi untuk menciptakan ruangan Anda tetap sejuk dan bebas pengap. Jika ruangan ketika ini tidak mempunyai jendela, saatnya Anda menambahkan jendela sebanyak mungkin.


Namun, bila Anda khawatir serangga masuk ke ruangan, pasang saja kasa nyamuk di setiap jendela. Dengan demikian udara sejuk dari luar tetap bisa masuk ke dalam ruangan tanpa khawatir ada serangga yang nyasar ke kawasan Anda.



  • Letakkan Benda yang Membawa Kesejukan


 sebagai pendingin ruangan ialah hal biasa √ Cara Mendinginkan Ruangan dengan Kipas Angin yang Benar


Akuarium dan tanaman ialah benda yang bisa membawa unsur kesegaran di ruangan Anda. Air di dalam akuarium dan tanaman hijau memang tidak bisa mendinginkan ruangan secara langsung, tetapi setidaknya ruangan akan terasa lebih segar bila Anda meletakkan kedua benda tersebut.



  • Gunakan Tirai Tipis


 sebagai pendingin ruangan ialah hal biasa √ Cara Mendinginkan Ruangan dengan Kipas Angin yang Benar


Suka dengan tirai-tirai tebal bergaya Victoria? Tak dilema kalau ruangan Anda besar dan dipasang dengan AC. Tirai yang tebal akan menghalau udara dari luar masuk ke ruangan.


Memang benar tirai yang tebal juga sanggup menghalangi sinar matahari untuk masuk ke dalam ruangan. Namun, bila kamar Anda terasa panas memang sebaiknya Anda memakai tirai tipis yang cukup untuk menghalau sinar matahari, tapi tidak menghalangi udara sejuk dari luar untuk masuk.


Serba-serbi cara mendinginkan ruangan dengan kipas angin ini bisa Anda coba mulai kini juga. Cara memakai kipas angin yang benar ini akan menciptakan Anda lebih bijak dalam memanfaatkan kipas angin sebagai pendingin ruangan.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Cara Mendinginkan Ruangan Dengan Kipas Angin Yang Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel