iklan

√ 5 Cara Menyimpan Madu Biar Tahan Usang Dan Bebas Semut

Saat membeli madu murni biasanya kita tidak pribadi menghabiskan madu tersebut. Kadang-kadang madu disimpan untuk beberapa waktu sebelum dikonsumsi kembali. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak mengetahui cara menyimpan madu yang benar. Ada yang masih menyimpan madu di lemari es atau ada juga yang madunya dikerubungi semut.


Bacaterus punya panduan cara menyimpan madu biar tahan usang dan bebas semut nih! Jadi, buat Anda yang selama ini masih sering menyimpan madu di dalam lemari es, sebaiknya ikuti panduan menyimpan madu berikut ini.


Cara Menyimpan Madu Agar Tahan Lama


1. Simpan dalam Wadah Plastik atau Kaca


 murni biasanya kita tidak pribadi menghabiskan madu tersebut √ 5 Cara Menyimpan Madu Agar Tahan Lama dan Bebas Semut


Banyak orang yang menyimpan madu di wadah terbuka dengan alasan biar madu tidak kadaluarsa. Padahal, menyimpan madu di wadah yang terbuka sanggup mengundang semut. Apalagi madu bersifat higroskopis yang artinya madu akan mengeluarkan air kalau disimpan di wadah yang terbuka.


Akibatnya, madu jadi lebih encer dan citarasanya pun berubah. Menyimpan madu dalam wadah logam juga sanggup memicu reaksi kimia. Jadi, wadah yang paling sempurna untuk menyimpan madu ialah yang terbuat dari plastik atau kaca.


Jika Anda berencana menyimpan madu dalam jangka waktu yang usang sebaiknya gunakan wadah kaca. Pasalnya, beling bersifat netral dan tidak gampang terurai ketika terkena panas sehingga citarasa dan khasiat madu tetap terjaga.


2. Simpan Madu di Wadah Kering


 murni biasanya kita tidak pribadi menghabiskan madu tersebut √ 5 Cara Menyimpan Madu Agar Tahan Lama dan Bebas Semut


Berencana untuk menyimpan madu di wadah tertentu? Cuci wadah tersebut hingga benar-benar bersih. Pastikan bahwa wadah yang akan digunakan untuk menyimpan madu sudah bebas basi dan benar-benar kering.


Setetes air yang berada dalam wadah sanggup menciptakan madu jadi lebih cepat rusak. Jangan ambil risiko, sebaiknya keringkan wadah hingga benar-benar kering. Anda pun harus memastikan bahwa wadah sudah bebas basi biar aroma madu tidak tercemar.


3. Tutup Wadah Rapat-Rapat


 murni biasanya kita tidak pribadi menghabiskan madu tersebut √ 5 Cara Menyimpan Madu Agar Tahan Lama dan Bebas Semut


Cara menyimpan madu yang paling benar ialah dengan menutup wadah madu secara rapat sehingga kedap udara. Apakah cara mengemas madu secara rapat ini kondusif dan tidak menciptakan madu kadaluarsa? Jawabannya ialah tidak.


Ketika Anda menutup wadah penyimpanan madu secara rapat, maka madu tidak akan menyerap uap air di sekitarnya. Alhasil, madu jadi lebih kental dan tidak encer lantaran wadah tertutup rapat dan tidak ada uap air di sekitar madu.


4. Hindari Madu dari Sinar Matahari Langsung


 murni biasanya kita tidak pribadi menghabiskan madu tersebut √ 5 Cara Menyimpan Madu Agar Tahan Lama dan Bebas Semut


Banyak yang tidak menyadari bahwa sesudah memakai madu kita meletakkan wadahnya begitu saja tanpa memperhatikan sinar matahari yang tampak menyinari wadah madu. Bila Anda sudah menyimpan madu di dalam botol plasti atau beling bening, maka sebaiknya hindari meletakkan wadah berisi madu di bawah sinar matahari secara langsung.


Paparan sinar matahari sanggup merusak zat anti-bakteri dalam madu dan mengoksidasi zat besi pada madu sehingga manfaat dan kualitas madu jadi menurun. Simpan di kawasan kering yang tidak terpapar sinar matahari biar madu Anda jadi lebih tahan lama.


5. Letakkan di Dalam Suhu Ruangan


 murni biasanya kita tidak pribadi menghabiskan madu tersebut √ 5 Cara Menyimpan Madu Agar Tahan Lama dan Bebas Semut


Sebagian besar orang masih menyimpan madu di dalam kulkas. Tujuannya biar madu lebih abadi dan tidak dikerubungi semut. Lantas, benarkah cara menyimpan madu di dalam kulkas?


Madu sebaiknya disimpan adalam suhu ruangan yang wajar. Kenapa madu dihentikan disimpan di kawasan dingin? Karena madu sanggup mengkristal dan berubah warna jadi keputihan. Hal ini disebabkan lantaran kandungan dextrosa yang ada di dalam madu.


Sejatinya, pengkristalan bukan penggalan dari ciri madu kadaluarsa atau rusak. Madu tetap sanggup dikonsumsi hanya saja bentuknya jadi agresif dan sulit disajikan. Apabila ketika ini Anda terlanjur menyimpan madu di dalam kulkas, cairkan madu yang mengkristal dengan cara merendam wadah penyimpanan madu di dalam air dengan suhu 40o celcius selama 15 menit.


Berapa Lama Madu Bisa Disimpan?


 murni biasanya kita tidak pribadi menghabiskan madu tersebut √ 5 Cara Menyimpan Madu Agar Tahan Lama dan Bebas Semut


Setelah mengetahui cara menyimpan madu yang benar, Anda tentu ingin mengetahui berapa usang madu sanggup disimpan. Jika Anda menyimpan madu murni di wadah beling atau plastik secara tertutup rapat, maka sanggup dipastikan madu akan bertahan dalam waktu 1 tahunan.


Mungkin madu sanggup bertahan lebih dari 1 tahun. Akan tetapi, untuk menjamin kualitas madu biar Anda sanggup turut memperoleh manfaatnya, sebaiknya konsumsi madu sebelum 1 tahun semenjak label kemasan dibuka. Beberapa madu murni juga dikemas dalam wadah yang dilengkapi dengan tanggal kadaluarsa, sehingga Anda tidak perlu lagi repot-repot menghitung masa kadaluarsa madu.


Tips Menyimpan Madu Agar Bebas dari Semut


 murni biasanya kita tidak pribadi menghabiskan madu tersebut √ 5 Cara Menyimpan Madu Agar Tahan Lama dan Bebas Semut


Saat Anda menutup wadah penyimpanan madu rapat-rapat, maka Anda tak perlu khawatir madu dikerubungi oleh semut. Namun, untuk meyakinkan Anda bahwa madu benar-benar bebas dari semut, sebaiknya ikuti cara menyimpan madu biar bebas semut berikut ini.



  • Air


Cara sederhana untuk menghindari madu dari semut ialah meletakkan wadah madu di atas mangkuk atau piring berisi air. Semut akan frustasi berenang mencapai wadah madu dan mati dengan sendirinya. Dijamin madu Anda akan terhindar dari semut walaupun tutupnya tidak terlalu rapat.



  • Kapur Semut


Yang satu ini ialah cara klasik yang sanggup Anda coba untuk menjaga madu biar bebas semut. Berilah kapur semut di sekitar kawasan Anda menyimpan madu. Pastikan bahwa garis yang Anda buat dengan kapur semut sudah benar-benar menutup jalan untuk mencapai wadah berisi madu. Beberapa hari sekali Anda harus menebalkan garis kapur semut tersebut.



  • Tutup Ganda


Berikan perlindungan ganda pada tutup wadah penyimpanan madu untuk menghalau semut. Caranya cukup mudah, lapisi wadah yang terbuka dengan plastik, kemudian ikat dengan karet gelang. Sesudah itu tutup wadah dengan penutupnya.



  • Minyak Goreng atau Minyak Zaitun


Tips terakhir mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya. Akan tetapi, tak ada salahnya untuk mencoba tips ini biar madu benar-benar bebas dari serbuan semut. Olesi minyak goreng atau minyak zaitun di sekitar tutup wadah. Aroma minyak akan menyamarkan aroma manis madu sehingga semut-semut pun akan terkecoh.


Sekarang Anda sudah mengetahui cara menyimpan madu yang benar. Baik madu murni atau madu yang tidak murni sama-sama berpotensi dikerubungi semut lantaran keduanya mempunyai rasa yang manis.


Keuntungan membeli madu murni ialah daya tahannya yang berpengaruh sehingga sanggup disimpan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, madu murni juga mempunyai banyak sekali macam khasiat bagi kesehatan kalau dikonsumsi dengan benar. Meskipun harganya lebih mahal tetapi manfaat yang Anda peroleh cukup sebanding.


Akan lebih baik kalau Anda membeli produk madu murni yang di kemasannya tertera tanggal kadaluarsanya. Meskipun ciri madu kadaluarsa sanggup dideteksi dari teksturnya yang encer dan aromanya yang tidak sedap, tetapi akan menjadi lebih baik kalau Anda mengonsumsi madu sebelum tanggal kadaluarsanya.


Bagaimana kalau di kemasan tidak ada tanggal kadaluarsa? Hitung saja masa kadaluarsanya semenjak pertama kali Anda membuka kemasannya. Madu murni sanggup bertahan hingga satu tahun sesudah kemasannya dibuka. Jika Anda ingin mengetahui jenis-jenis madu yang populer di Indonesia, silakan baca artikel ini.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ 5 Cara Menyimpan Madu Biar Tahan Usang Dan Bebas Semut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel