iklan

Soal Dan Pembahasan Osn Sd Tingkat Provinsi Tahun 2019 Bidang Matematika

 tingkat provinsi yang sanggup disingkat OSP untuk sekolah dasar  Soal dan Pembahasan OSN SD Tingkat Provinsi tahun 2019 Bidang MatematikaOlimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat provinsi yang sanggup disingkat OSP untuk sekolah dasar (SD) tahun 20119 sudah selesai dilaksanakan. Soal yang kita bagikan saai ini yakni soal OSP bidang Matematika dan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), tetapi untuk pembahasannya kita hanya diskusikan bidang matematika saja.

Seperti apa soal OSN tingkat provinsi bidang study matematika pada tahun 2019 ini, mari kita coba diskusikan. Setidaknya ini akan menjadi catatan atau sebagai materi persiapan menghadapi OSP tahun 2020. Sebelumnya kita sudah pernah diskusikan soal OSP Matematika SD tahun 2017 yang masih sangat cocok juga dijadikan materi latihan😉

(1). Pada selesai tahun 2018, sebanyak $\dfrac{5}{8}$ dari jumlah guru di suatu SD yakni wanita. Pada permulaan tahun 2019, sekolah tersebut mendapatkan $4$ orang laki-laki guru sehingga banyaknya laki-laki guru seluruhnya menjadi $16$ orang. Banyaknya perempuan guru yang mengajar di SD tersebut pada kahir tahun 2018 adalah...
Alternatif Pembahasan:

Kita misalkan banyak guru selesai tahun 2018 sebagai berikut;

  • Banyak guru laki-laki yakni $x$
  • Banyak guru perempuan yakni $y$
  • Banyak guru yakni $z$
Berdasarkan data pada soal, sanggup kita simpulkan;
$y=\dfrac{5}{8}z$ sehingga $x=\dfrac{3}{8}z$

Pada permulaan tahun 2019, diterima $4$ orang laki-laki guru sehingga banyaknya laki-laki guru seluruhnya menjadi $16$ orang.
$\begin{array}{c|c|cc}
16 = \dfrac{3}{8}z +4 & y = \dfrac{5}{8}z \\
12 = \dfrac{3}{8}z & y = \dfrac{5}{8} \cdot 32 \\
z = 12 \cdot \dfrac{8}{3} & y = 20 \\
z = 32 & \\
\end{array} $

$ \therefore $ Banyaknya perempuan guru yang mengajar yakni $20$

(2). Enampuluh persen penerima didik di suatu sekolah yakni laki-laki. sebanyak $20\%$ laki-laki dan $20\%$ perempuan tidak menggunakan seragam batik. Jika diketahui ada $320$ penerima didik menggunakan seragam batik, maka seluruh penerima didik yang ada di sekolah adalah...
Alternatif Pembahasan:

Kita misalkan banyak penerima didik sebagai berikut;

  • Banyak penerima didik laki-laki yakni $x$
  • Banyak penerima didik perempuan yakni $y$
  • Banyak penerima didik yakni $z$
Berdasarkan data pada soal, sanggup kita simpulkan;
$x=60\% z$ dan sehingga $y=40\% z$

Dari keseluruhan penerima didik $310$ penerima didik menggunakan seragam batik dan yang tidak menggunakan batik yakni $20\%$ laki-laki dan $20\%$ perempuan
$\begin{align}
z-320 & = 20\% \times 60\% z + 20\% \times 40\% z \\
z-320 & = 12\% \times z + 8 \% \times z \\
z-320 & = 20 \% \times z \\
z-20 \% \times z & = 320 \\
80 \% \times z & = 320 \\
z & = 320 \times \dfrac{100}{80} =400
\end{align}$
(*catatan pada soal orisinil $310$ penerima didik menggunakan seragam batik, tetapi alasannya yakni akhirnya tidak bundar kita ganti jadi $320$)

$ \therefore $ Peserta didik yang ada di sekolah yakni $400$

(3). Ibu Vira mempunyai $40$ permen rasa Mangga, $30$ permen rasa Melon dan $50$ permen rasa Jeruk. Apabila permen-permen tersebut akan dibagikan kepada sebanyak mungkin murid-muridnya dengan masing-masing anak mendapatkan bab yang sama banyak, maka banyak permen rasa melon yang diberikan kepada setiap murid-muridnya adalah...
Alternatif Pembahasan:

Untuk menuntaskan soal di atas salah satu alternatifnya yakni dengan menggunakan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dari $30,\ 40,\ 50$ yaitu

  • $30= 2 \times 3 \times 5$
  • $40= 2^{3} \times 5$
  • $50= 2 \times 5^{2}$
  • FPB $(30,\ 40,\ 50)=10$
Banyak murid paling maksimum dengan masing-masing anak mendapatkan bab yang sama yakni $10$, sehingga banyak permen rasa melon sanggup setiap anak yakni $3$

$ \therefore $ Banyak permen rasa melon yakni $3$

(4). Jika diberikan pola bilangan pada tabel berikut:
 tingkat provinsi yang sanggup disingkat OSP untuk sekolah dasar  Soal dan Pembahasan OSN SD Tingkat Provinsi tahun 2019 Bidang Matematika
maka $c \times a$ adalah...
Alternatif Pembahasan:

Jika kita perhatikan tabel pada soal, pola bilangan pada tiap kolom mengikuti irama bilangan barisan aritmatika, sedikit catatan wacana barisan aritmatika yaitu suku ke-$n$ yakni $U_{n}=U_{1}+(n-1)b$.

  • Kolom 2: $2,\ 6,\ 10, \cdots, 54$ sehingga $U_{1}=2,\ b=4$ dan $U_{n}=54$.
    $54=2+(n-1)4\ \Rightarrow n=14$
  • Kolom 1: $1,\ 3,\ 5, \cdots, a$ sehingga $U_{1}=1,\ b=2$ dan $U_{14}=a$.
    $a=1+(14-1)2\ \Rightarrow a=27$
  • Kolom 3: $3,\ 9,\ 15, \cdots, c$ sehingga $U_{1}=3,\ b=6$ dan $U_{14}=c$.
    $c=3+(14-1)6\ \Rightarrow c=81$
  • Nilai $a \times c=27 \times 81=2187$

$ \therefore $ Nilai $a \times c$ yakni $2187$


(5). Hasil operasi adonan bilangan berikut
$\left( \dfrac{1}{2}-\dfrac{1}{3} \right) \times 60\% + 0,5 \times 1,1$
dalam bentuk desimal adalah...
Alternatif Pembahasan:

$\begin{align}
& \left( \dfrac{1}{2}-\dfrac{1}{3} \right) \times 60\% + 0,5 \times 1,1 \\
& = \left( \dfrac{3-2}{6} \right) \times 60\% + 0,55 \\
& = \dfrac{1}{6} \times 60\% + 0,55 \\
& = 10\% + 0,55 \\
& = 0,1 + 0,55 \\
& = 0,65
\end{align}$

$ \therefore $ Hasil operasi adonan yakni $0,65$

(6). Diketahui segitiga $PQR$ sama kaki, dengan $PQ=PR$. maka nilai $x$ adalah...
 tingkat provinsi yang sanggup disingkat OSP untuk sekolah dasar  Soal dan Pembahasan OSN SD Tingkat Provinsi tahun 2019 Bidang Matematika
Alternatif Pembahasan:

Dengan memanfaatkan sudut pelurus yang besarnya $180^{\circ}$, beberapa sudut pada segitiga sudah sanggup kita tentukan;

 tingkat provinsi yang sanggup disingkat OSP untuk sekolah dasar  Soal dan Pembahasan OSN SD Tingkat Provinsi tahun 2019 Bidang Matematika
Berdasarkan isu pada gambar di atas, sanggup kita peroleh besar $x=180^{\circ}-70^{\circ}=110^{\circ}$

$ \therefore $ Nilai $x$ yakni $110^{\circ}$

(7). Dua bilangan jumlahnya $30$ dan selisihnya $25$, hasil kali kedua bilangan itu adalah...
Alternatif Pembahasan:

Kita misalkan kedua bilangan yakni $x$ dan $y$, sehingga kita peroleh;
$\begin{array}{c|c|cc}
x+y = 30 & \\
x-y = 25 & (+)\\
\hline
2x = 55 & \\
x = 27,5 & \\
y = 2,5 & \\
\end{array} $
Hasil kali kedua bilangan yakni $xy=27,5 \times 2,5 =68,75$

$ \therefore $ Hasil kali kedua bilangan yakni $68,75$

(8). Butet mempunyai selembar kertas berbentuk persegi. Dia melipat serta menggunting kertas sebagai berikut:
 tingkat provinsi yang sanggup disingkat OSP untuk sekolah dasar  Soal dan Pembahasan OSN SD Tingkat Provinsi tahun 2019 Bidang Matematika
maka gambar berdiri yang terbentuk sehabis kerta tersebut dibuka adalah...
Alternatif Pembahasan:

Hasil guntingan selesai bila puncaknya dibuang yakni berupa persegi yang ditengahnya berlubang berupa persegi juga.

 tingkat provinsi yang sanggup disingkat OSP untuk sekolah dasar  Soal dan Pembahasan OSN SD Tingkat Provinsi tahun 2019 Bidang Matematika

$ \therefore $ Hasil guntingan selesai yakni $persegi$

(9). Suatu lomba diadakan untuk memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Perlombaan tersebut yakni mengumpulkan semua bendera yang ada di pos-pos yang telah ditentukan. Setiap penerima diharuskan mengumpulkan satu bendera dari masing-masing pos. Jika setiap pos hanya sanggup dilewati satu kali, maka banyak rute yang mungkin dilewati oleh penerima lomba adalah..
 tingkat provinsi yang sanggup disingkat OSP untuk sekolah dasar  Soal dan Pembahasan OSN SD Tingkat Provinsi tahun 2019 Bidang Matematika
Alternatif Pembahasan:

Banyak rute pilihan yang mungkin yakni

  1. Mulai-A-B-D-C-Akhir
  2. Mulai-A-D-B-C-Akhir
  3. Mulai-A-D-C-B-Akhir
  4. Mulai-B-A-D-C-Akhir
  5. Mulai-B-C-D-A-Akhir
  6. Mulai-C-D-B-A-Akhir
  7. Mulai-C-D-A-B-Akhir
  8. Mulai-C-B-D-A-Akhir
$ \therefore $ Banyak rute yang mungkin yakni $8$



(10). Sepeda sirkus mempunyai ukuran ban yang berbeda, ban depan berjari-jari $56\ cm$ dan ban belakang berjari-jari $70\ cm$. Jika sepeda dikendarai dan menempuh jarak $1,76\ km$. Maka roda depan dan roda belakang masing-masing berputar sebanyak...putaran
Alternatif Pembahasan:

Untuk satu putaran roda jarak yang ditempuh yakni sama dengan keliling roda, maka;

  • Keliling roda depan dengan $r=56\ cm$ yaitu $k=2 \pi r= 2 \times \dfrac{22}{7} \times 56=352\ cm$
    Banyak putaran selama $1,76\ km=176000\ cm$ yakni $\dfrac{176000}{352}=500$
  • Keliling roda belakang dengan $r=70\ cm$ yaitu $k=2 \pi r= 2 \times \dfrac{22}{7} \times 70=440\ cm$
    Banyak putaran selama $1,76\ km=176000\ cm$ yakni $\dfrac{176000}{440}=400$

$ \therefore $ Banyak putaran roda yakni $500$ putaran untuk ban depan dan $400$ putaran untuk ban belakang

(11). Ayah Eko bekerja di kator dari Senin hingga Jumat dan pulang pergi ke kantor naik angkutan umum dengan biaya per harinya $Rp60.000,00$. Pada hari Senin biaya perjalanan ayah Eko lebih mahal $RP12.500,00$ daripada hari biasanya. Dalam $1$ bulan ($30$ hari), biaya paling sedikit yang harus dibayarkan ayah Eko adalah...
(Catatan: Selama $1$ bulan tidak ada hari libur selain Sabtu dan Minggu)
Alternatif Pembahasan:

Dalam $1$ bulan ($30$ hari) biar pengeluaran minimum maka hari libur yaitu Sabtu dan Minggu dirancang yang paling banyak.

Satu Bulan
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
- - - - 1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
Biaya minimum bapak Eko yakni $72.500 \times 4 + 60.000 \times 16$ yaitu $1.250.000$

$ \therefore $ Biaya paling sedikit yakni $Rp1.250.000,00$

(12). Ibu Ani membeli $3$ jenis pakaian yaitu: kaos, kemeja dan celana. Ibu Ani membayar $Rp1.400.000,00$ untuk pembelian $\dfrac{3}{4}$ lusin kaos, $\dfrac{1}{2}$ lusin kemeja dan $\dfrac{1}{4}$ kodi celana. Jika harga satu celana dua kali lipat harga satu kaos dan total harga $\dfrac{1}{2}$ lusin kemeja sama dengan total harga $\dfrac{3}{4}$ lusin kaos, maka perbandingan harga satu kaos, satu kemeja dan satu celana adalah...
Alternatif Pembahasan:

Kita misalkan $kaos=x$, $kemeja=y$ dan $celana=z$;
$x= \dfrac{3}{4} lusin= 9$
$y=\dfrac{1}{2} lusin=6$
$z=\dfrac{1}{4} kodi=5$

Diketahui $z=2x$, $6y=9x$ dan
$\begin{align}
9x+6y+5z & =1.400.000 \\
9x+9x+5(2x) & =1.400.000 \\
28x & =1.400.000 \\
x & = \dfrac{1.400.000}{28} \\
x & = 50.000 \\
y & = 75.000 \\
z & = 100.000 \\
\end{align}$
Perbandingan harga yakni $x : y:z=50.000:75.000:100.000$

$ \therefore $ Maka perbandingan harga yakni $2:3:4$

(13). Jika masing-masing abjad $A$ hingga $Z$ berpasangan dengan bilangan asli, teladan $A=1$, $B=2$, dan seterusnya, maka jumlah angka pada kalimat AKU SUKA MATEMATIKA adalah...
Alternatif Pembahasan:

AKU SUKA MATEMATIKA

  • AKU: $1+11+21=33$
  • SUKA: $19+21+11+1=52$
  • MATEMATIKA: $13+$$1+$$20+$$5+$$13+$$1+$$20+$$9+$$11+$$1=94$
  • Jumlah keseluruhan $33+52+94=179$
$ \therefore $ Jumlah angka yakni $179$

(14). If $\dfrac{12}{20}=\dfrac{a}{5}=\dfrac{9}{b}$ then $a+2b$ equal to...
Alternatif Pembahasan:

Dari persamaan $\dfrac{12}{20}=\dfrac{a}{5}=\dfrac{9}{b}$ kita peroleh:

  • $\dfrac{12}{20}=\dfrac{a}{5}
    \Rightarrow \dfrac{3}{5}=\dfrac{a}{5}$ sehingga nilai $a=3$
  • $\dfrac{12}{20}=\dfrac{9}{b}
    \Rightarrow \dfrac{3}{5}=\dfrac{9}{b}$ sehingga nilai $b=15$
  • Nilai $a+2b=3+2(15)=33$
$ \therefore $ Nilai $a+2b$ yakni $33$


(15). Perhatikan pola gambar di bawah ini
 tingkat provinsi yang sanggup disingkat OSP untuk sekolah dasar  Soal dan Pembahasan OSN SD Tingkat Provinsi tahun 2019 Bidang Matematika
Banyak segi-$6$ pada pola $5$ adalah...
Alternatif Pembahasan:

Banyak segienam pada gambar pertama kedua dan ketiga membentuk sebuah pola kita tuliskan:

  1. $1$
  2. $ 1 + 6=7 $
  3. $ 1 + 6 + 12=19$
  4. $1 + 6 + 12 + 18$
  5. $1 + 6 + 12 + 18+24=61$
$ \therefore $ Banyak segi-$6$ yakni $61$

(16). In this figure $ABC$ is equilateral triangle. Sides $AC$ and $BC$ are divided into tree congruents segments. If area of $ABC$ is $36\ cm^{2}$ then evaluate the shaded area in this figure...
 tingkat provinsi yang sanggup disingkat OSP untuk sekolah dasar  Soal dan Pembahasan OSN SD Tingkat Provinsi tahun 2019 Bidang Matematika
Alternatif Pembahasan:

Pada gambar coba kita beri garis pinjaman dan nama titik yang baru, kurang lebih menyerupai berikut ini;

Kesebangunan Dan Perbandingan Luas Dua Segitiga dan keterangan dari gambar di atas, kita peroleh;
  • $\dfrac{[ACD]}{[ABD]}=\dfrac{1}{2}$
    $\Rightarrow$ $2[ACD]=[ABD]$
  • $ [ACD]+[ABD]=36$
    $ [ACD]+2[ACD]=36$ $\Rightarrow$ $ [ACD]=12$ dan $ [ABD]=24$
  • $\dfrac{[ADE]}{[ECD]}=\dfrac{1}{2}$
    $\Rightarrow$ $2[ADE]=[ECD]$
  • $ [ADE]+[ECD]=[ACD]$
    $[ADE]+2[ADE]=12$
    $\Rightarrow$ $[ADE]=4$ dan $[ECD]=8$
Luas yang diarsir yakni $[ABD]+[ADE]=24+4=28$

$ \therefore $ Luas yang diarsir yakni $28\ cm$

(17). Pada pertandingan sepak bola suatu klub sepak bola akan memperoleh nilai $3$ bila beliau menang, memperoleh bilai $1$ bila seri dan nilai $0$ bila kalah. Jika selama $25$ kali pertandingan PS.OSN pernah seri dan memperoleh skor $48$, maka klub PS.OSN paling sedikit memperoleh kekalahan...kali.
Alternatif Pembahasan:

PS.OSN memperoleh nilai $48$ dengan meminimalkan kekalahan untuk $25$ pertandingan;

  • $25$ seri nilainya yakni $25$,
  • $24$ seri dan $1$ menang nilainya $27$,
  • $23$ seri dan $2$ menang nilainya $29$,
  • $22$ seri dan $3$ menang nilainya $31$,
  • $21$ seri dan $4$ menang nilainya $33$,
  • $20$ seri dan $5$ menang nilainya $35$,
  • $19$ seri dan $6$ menang nilainya $37$,
  • $18$ seri dan $7$ menang nilainya $39$,
  • $17$ seri dan $8$ menang nilainya $41$,
  • $16$ seri dan $9$ menang nilainya $43$,
  • $15$ seri dan $10$ menang nilainya $45$,
  • $14$ seri dan $11$ menang nilainya $47$,
  • $13$ seri dan $12$ menang nilainya $49$,
Kemungkinan paling sedikit PS.OSN kalah yakni $1$ kali dikala $12$ seri; $12$ menang dan $1$ kalah nilainya yakni $48$.

$ \therefore $ Paling sedikit memperoleh kekalahan yakni $1$ kali

(18). Dodi, Endang, Fahmi, dan Gafiz berlomba melempar batu. Hasil perlombaan diperoleh: $5\%$ lemparan Endang lebih jauh dari lemparan Dodi, $8\%$ lemparan Fahim lebih bersahabat dari lemparan Dodi dan $10\%$ lemparan Gafiz lebih jauh dari lemparan Dodi. Jika rata-rata jarak lemparan mereka $305,25\ dm$, maka jarak lemparan Gafiz adalah...
Alternatif Pembahasan:

Misal: Dodi=$D$, Endang=$E$, Fahmi=$F$, dan Gafiz=$G$.

  • $E=5\%+D$ atau $E=105\%D$
  • $F+8\%=D$ atau $F=92\%D$
  • $G=10\%+D$ atau $G=110\%D$
rata-rata jarak lemparan mereka $305,25\ dm$, sehingga berlaku:
$\begin{align}
305,25 &= \dfrac{D+E+F+G}{4} \\
1221 &= D+E+F+G \\
1221 &= 100\%D+105\%D+92\%D+110\%D \\
1221 &= 407\%D \\
D &= \dfrac{1221 \times 100}{407} =300 \\
G &= 110\% \times 300 = 330
\end{align}$

$ \therefore $ Jarak lemparan Gafiz yakni $330\ dm$



(19). Dalam suatu perlombaan lari pada ajang Asian Games $10$ orang pelari akan berlomba termasuk $2$ orang pelari Indonesia Ari dan Eka. Rata-rata Kecepatan $10$ orang pelari yakni $11\ km/jam$. Jika kecepatan Eka lebih lambat $3\ km/jam$ dari kecepatan Ari dan rata-rata kecepatan keduanya yakni $12\ km/jam$, maka rata-rata kecepatan dari $9$ orang pelari selain Eka adalah...
Alternatif Pembahasan:

Misal: Ari=$A$ dan Eka=$E$ dan Pelari lain $P_{1}$ hingga $P_{8}$.

Kecepatan Eka lebih lambat $3\ km/jam$ dari kecepatan Ari dan rata-rata $A$ dan $E$ yakni $12$, sehingga berlaku:
$\begin{align}
A-E &= 3 \\
A+E &= 24 \\
\hline
2A &= 27 \\
A &= 13,5 \\
E &= 10,5
\end{align}$

Dari $10$ penerima lari rata-rata yakni $11$, sehingga berlaku:
$\begin{align}
11 &= \dfrac{A+E+P_{1}+\cdots+P_{8}}{10} \\
110 &= A+E+P_{1}+\cdots+P_{8} \\
110-10,5 &= A+P_{1}+\cdots+P_{8} \\
99,5 &= A+P_{1}+\cdots+P_{8} \\
\bar{x}_{9} &= \dfrac{A+P_{1}+\cdots+P_{8}}{9} \\
&= \dfrac{99,5}{9}=11,05555...
\end{align}$

$ \therefore $ Rata-rata kecepatan yakni $11,0\bar{5}\ km/jam$

(20). Rata-rata ulangan matematika dari $35$ penerima didik kelas V SD HEBAT yakni $83,9$. Rata-rata nilai ulangan $17$ penerima didik yakni $80$, sedangkan rata-rata nilai ulangan $13$ penerima didik lainnya yakni $83$. Nilai ulangan terkecil yang mungkin dari 5 penerima didik sisanya adalah...
Alternatif Pembahasan:

Dari $35$ penerima didik rata-rata yakni $83,9$, sehingga berlaku:
$\begin{align}
83,9 &= \dfrac{x_{1}+x_{2}+x_{3}\cdots+x_{35}}{35} \\
83,9 \times 35 &= x_{1}+x_{2}+x_{3}\cdots+x_{35} \\
2936,5 &= x_{1}+x_{2}+x_{3}\cdots+x_{35}
\end{align}$

Dari $17$ penerima didik rata-rata yakni $80$, sehingga berlaku:
$\begin{align}
80 &= \dfrac{x_{1}+x_{2}+x_{3}\cdots+x_{17}}{17} \\
80 \times 17 &= x_{1}+x_{2}+x_{3}\cdots+x_{17} \\
1360 &= x_{1}+x_{2}+x_{3}\cdots+x_{17}
\end{align}$

Dari $13$ penerima didik rata-rata yakni $83$, sehingga berlaku:
$\begin{align}
83 &= \dfrac{x_{18}+x_{19}+x_{20}\cdots+x_{30}}{13} \\
83 \times 13 &= x_{18}+x_{19}+x_{20}\cdots+x_{30} \\
1079 &= x_{18}+x_{19}+x_{20}\cdots+x_{30}
\end{align}$

Jumlah nilai $5$ penerima yang lain yakni $2936,5-1360-1079=497,5$. Karena jumlah nilai $5$ siswa yang tidak diikutkan yakni $497$ dan maksimumnya yakni $500$, nilai yang terkecil yang mungkin yakni $97,5$.

$ \therefore $ Nilai ulangan terkecil yakni $97,5$

(21). Misalkan $\square$ dan $\blacktriangle$ merupakan dua bilangan. Bila $ \square \bigstar \blacktriangle =\square \times \square +$$ \blacktriangle \times \blacktriangle -$$2 \times \square \times \blacktriangle$ maka nilai bilangan aktual $ \blacktriangle $ biar $8 \bigstar \blacktriangle =169 $ adalah...
Alternatif Pembahasan:

Jika kita perhatikan simbol-simbol di atas menyerupai menggunakan identitas bilangan berpangkat $(a-b)^{2}=a^{2}+b^{2}-2ab$

$\begin{align}
\square \bigstar \blacktriangle &= \square \times \square + \blacktriangle \times \blacktriangle - 2 \times \square \times \blacktriangle \\
\square \bigstar \blacktriangle &= \left( \square - \blacktriangle \right)^{2} \\
8 \bigstar \blacktriangle &= \left( 8 - \blacktriangle \right)^{2} \\
169 &= \left( 8 - \blacktriangle \right)^{2} \\
13^{2} &= \left( 8 - \blacktriangle \right)^{2} \\
13 &= 8 - \blacktriangle \\
\blacktriangle &= 8 - 13 =-5 \\
\end{align}$

$\begin{align}
\square \bigstar \blacktriangle &= \square \times \square + \blacktriangle \times \blacktriangle - 2 \times \square \times \blacktriangle \\
\square \bigstar \blacktriangle &= \left( \blacktriangle - \square \right)^{2} \\
8 \bigstar \blacktriangle &= \left( \blacktriangle-8 \right)^{2} \\
169 &= \left( \blacktriangle-8 \right)^{2} \\
13^{2} &= \left( \blacktriangle-8 \right)^{2} \\
13 &= \blacktriangle-8 \\
\blacktriangle &= 8 + 13 =21 \\
\end{align}$

$ \therefore $ Nilai bilangan aktual $ \blacktriangle $ yakni $21$

(22). Banyaknya bilangan bundar aktual tiga $ABC$ dengan $ABC-BCA=198$ adalah...
Alternatif Pembahasan:

$\begin{align}
ABC-BCA &= 198 \\
100A+10B+C-(100B+10C+A) &= 198 \\
99A-90B-9C &= 198 \\
9(11A-10B-C) &= 198 \\
11A-10B-C &= 22 \\
11 \left( A- \dfrac{10B-C}{11} \right) &= 11 \times 2
\end{align}$
Dari persamaan di atas kita peroleh $\left( A- \dfrac{10B-C}{11} \right) \equiv 2$ maka $\dfrac{10B-C}{11}$ harus bilangan bundar dan $10B-C$ kelipatan $11$

  • Untuk $B=9$ maka $C=2$ dan $A$ tidak ada yang memenuhi
  • Untuk $B=8$ maka $C=3$ dan $A=9$
  • Untuk $B=7$ maka $C=4$ dan $A=8$
  • Untuk $B=6$ maka $C=5$ dan $A=7$
  • Untuk $B=5$ maka $C=6$ dan $A=6$
  • Untuk $B=4$ maka $C=7$ dan $A=5$
  • Untuk $B=3$ maka $C=8$ dan $A=4$
  • Untuk $B=2$ maka $C=9$ dan $A=3$
$ \therefore $ Banyak bilangan bundar yakni $7$ bilangan



Ide, referensi, atau pembagian terstruktur mengenai dari alternatif penyelesaian soal diatas dibantu oleh teman-teman guru matematika di Matematika Nusantara.

Berikut beberapa file yang dijadikan lampiran atau rujukan:
  • Soal Olimpiade Sains Nasional SD tingkat Provinsi tahun 2019 Bidang Matematika d0wnl0ad
  • Soal Olimpiade Sains Nasional SD tingkat Provinsi tahun 2019 Bidang IPA d0wnl0ad
  • Soal dan Pembahasan OSN SD Tingkat Provinsi tahun 2019 Bidang Matematika oleh Miftahus Saidin Download
  • Soal dan Pembahasan OSN SD Tingkat Provinsi tahun 2019 Bidang Matematika oleh Hendri Purnomo Download

Pembahasan soal diatas masih jauh dari sempurna, Makara bila ada masukan yang sifatnya membangun terkait dilema alternatif penyelesaian atau request pembahasan soal, silahkan disampaikan😊CMIIW

Jangan Lupa Untuk Berbagi 🙏Share is Caring 👀 dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE😊

Mengerjakan pembagian pecahan umumnya kita harus kembalikan ke perkalian pecahan, lihat pada video ini dikerjakan dengan cara pilar (pintar bernalar);
 tingkat provinsi yang sanggup disingkat OSP untuk sekolah dasar  Soal dan Pembahasan OSN SD Tingkat Provinsi tahun 2019 Bidang Matematika


Sumber http://www.defantri.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Soal Dan Pembahasan Osn Sd Tingkat Provinsi Tahun 2019 Bidang Matematika"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel