iklan

Rumus Excel If Bertingkat Dan Sederhana Serta Adonan Or And

Rumus Excel IF yaitu fungsi (function) yang dipakai untuk menampilkan suatu nilai (output) berupa TRUE atau FALSE dengan melaksanakan uji pemenuhan kondisi-kondisi yang ada terhadap sel atau range tertentu. Output TRUE apabila data memenuhi kondisi yang ada, sedangkan output FALSE apabila data tidak memenuhi kondisi yang ada. Rumus Excel IF merupakan salah satu penerapan dari Computing Intelligence memakai operasi logika matematika. Berikut sistematika formula IF pada Microsoft Excel

Artikel terkait: Rumus Fungsi TRUE dan FALSE pada Excel beserta Contoh

=IF(logical_test, [value_if_true], [value_if_false])
  1. logical test yaitu verbal logika yang diujikan dengan data bersangkutan.
  2. [value_if_true] yaitu output yang ditampilkan ketika data memenuhi logical_test (true). Nilai variabel ini sanggup ditulis dengan tanda “petik”.
  3. [value_if_false] yaitu output yang ditampilkan ketika data tidak memenuhi logical_test (false). Nilai variabel ini sanggup ditulis dengan tanda “petik”.
  4. Jika [value_if_true] atau [values_if_false] dikosongkan, maka output default yang ditampilkan yaitu teks TRUE atau FALSE.

PENTING: Penggunaan koma (,) atau semicolon (;) dalam FORMULA disesuaikan dengan versi Microsoft Excel dan konfigurasi bahasa pada komputer anda.

Berikut beberapa operasi logika dan aritmatika yang sanggup digunakan, untuk klarifikasi mengenai operasi logika yang lebih lengkap anda sanggup membaca artikel “Cara Membuat Operasi Logika Pada Excel“.

Simbol  Fungsi
 +  Penjumlahan
 –  Pengurangan
 *  Perkalian
 /  Pembagian
 %  Persen
 ^  Perpangkatan
 =  Sama dengan
 <  Kurang dari
 <=  Kurang dari atau sama dengan
 >  Lebih dari
 >=  Lebih dari sama dengan
 <>  Tidak sama dengan

Dari sistematika diatas sanggup dibentuk formula Excel IF sederhana atau tunggal dan bertingkat atau beragam sebagai berikut


A. Rumus Excel IF Sederhana / Tunggal

Rumus Excel IF Tunggal hanya memuat satu operasi logika dengan output pasangan tunggal. Misalkan diketahui nilai praktikum Microsoft Excel 10 siswa yaitu 60, 75, 85, 79, 90, 45, 77, 68, 90, 50. Akan ditentukan siswa yang lulus praktikum harus mencapai nilai 76 dengan memakai Microsoft Excel. sehingga sanggup dipakai formula berikut dengan teknik Autofill.

PENTING: Penggunaan koma (,) atau semicolon (;) dalam FORMULA disesuaikan dengan versi Microsoft Excel dan konfigurasi bahasa pada komputer anda.

Baca Juga: Cara Menggunakan Autofill pada Excel

=IF(sel_nilai>=76,"LULUS","TIDAK LULUS")

yang dipakai untuk menampilkan suatu nilai  Rumus Excel IF Bertingkat dan Sederhana Serta Gabungan OR AND


  • Rumus Excel IF AND

    Rumus Excel AND dipakai untuk menggabungkan dua atau lebih operasi logika dengan nilai kebenaran benar dikala semua operasi logika terpenuhi. Berikut sistematika formula AND pada Excel.

    =AND(logical1, [logical2], [logical2],...)

    Anda sanggup memakai 255 operasi logika memakai fungsi IF pada Microsoft Excel. Fundamental logika AND pada Excel sama dengan teori matematika modern.

    • Saat semua operasi logika bernilai benar/terpenuhi, output yang ditampilkan yaitu TRUE.
    • Saat salah satu operasi logika tidak terpenuhi/salah, output yang ditampilkan yaitu FALSE. Contoh formula AND dengan 3 syarat
      =AND(A1>0,A1=1,B2<1)

    Untuk memakai Rumus AND pada IF, anda tinggal memasukkan formula AND sebagai logical_test. Misalkan suatu sanggar akan menentukan kandidat wanita dari 10 orang penari untuk mewakili sanggar tersebut pada olimpiade tari. Pemilihan kandidat harus berumur lebih dari 7 tahun. Berikut sanggup dipakai formula Excel untuk kasus ini

    =IF(AND(sel_gender="Perempuan",sel_umur>7)"Terpilih","Tidak Terpilih")

    yang dipakai untuk menampilkan suatu nilai  Rumus Excel IF Bertingkat dan Sederhana Serta Gabungan OR AND


  • Rumus Excel IF OR

    Rumus Excel OR juga dipakai untuk menggabungkan dua atau lebih operasi logika dengan nilai kebenaran salah dikala semua operasi logika tidak terpenuhi. Sama halnya dengan AND, anda sanggup memakai 255 operasi logika dengan formula OR.

    =OR(logical1,[logical2],...)
    • Saat salah satu operasi logika terpenuhi, output yang dihasilkan TRUE.
    • Saat semua operasi logika tidak terpenuhi, output bernilai FALSE. Contoh formula OR dengan 2 syarat
      =OR(A2>0,A3=1)

    Misalkan akan dihitung bonus penjualan dari 5 orang sales perusahaan kopi pada tabel di bawah. Setiap sales yang tiba sempurna waktu atau sanggup menjual lebih dari sasaran 15 kopi akan menerima bonus Rp10.000,00. Sales yang tiba terlambat dan tidak bisa menjual 15 kopi akan menerima denda Rp1.000,00 per kopi kurangnya dari target.

    =IF(OR(kedatangan="Tepat Waktu",penjualan>=15),10000,(15-penjualan)*1000)

    yang dipakai untuk menampilkan suatu nilai  Rumus Excel IF Bertingkat dan Sederhana Serta Gabungan OR AND


B. Rumus Excel IF Bertingkat / Majemuk / Nested IF

IF bertingkat secara umum penggunaannya sama saja dengan IF tunggal. IF bertingkat memanipulasi variabel [value_if_false] sebagai nested IF (percabangan IF).Berikut sistematikanya

PENTING: Penggunaan koma (,) atau semicolon (;) dalam FORMULA disesuaikan dengan versi Microsoft Excel dan konfigurasi bahasa pada komputer anda.

=IF(logical_test1, [value_if_true], logical_test2,[value2_if_true],...,[logical_testN],[valueN_if_true],[valueN_if_false])

Misalkan diketahui pengelompokan nilai mahasiswa yaitu 1 = Kurang, 2 = Cukup, 3 = Baik, dan 4 = Sempurna. Akan dilakukan pengelompokan nilai suatu mata kuliah dari 5 mahasiswa pada tabel berikut.

=IF(nilai=1, "Kurang", IF(nilai=2,"Cukup",IF(nilai=3,"Baik",IF(nilai=4,"Sempurna"))))

yang dipakai untuk menampilkan suatu nilai  Rumus Excel IF Bertingkat dan Sederhana Serta Gabungan OR AND

Anda juga sanggup menciptakan rumus excel IF bertingkat dengan memakai adonan OR dan AND menyerupai pada langkah formula IF sederhana di atas.

Baca juga: Penerapan Fungsi AND pada Rumus IF AND Bertingkat (BAGIAN D)

Baca juga tutorial lainnya: Daftar Isi Tutorial Excel


Sekian artikel Rumus Excel IF Bertingkat dan Sederhana Serta Gabungan OR AND. Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon share dan juga menyukai Fans Page Advernesia. Terima kasih…


Sumber https://www.advernesia.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rumus Excel If Bertingkat Dan Sederhana Serta Adonan Or And"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel