iklan

Contoh Kuman Yang Merugikan Manusia

Antraks (Bacillus anthracis)
Antraks yaitu penyakit bisul akut yang disebabkan oleh kuman Bacillus anthracis. Penyakit tersebut umumnya menyerang binatang ternak herbivor, sapi, domba, kambing, unta, dsb. Infeksi antraks terjadi melalui luka pada kulit, pernapasan, dan pencernaan. Manusia sanggup tertular antraks, antara lain melalui daging yang dikonsumsi dari binatang yang sakit, melalui spora yang terhirup atau melalui luka. Bakteri penyebab antraks bisa membentuk spora sehingga ia sanggup bertahan hidup dalam tanah hingga 70 tahun dan sanggup menjadi sumber penularan pada binatang dan manusia. Spora akan tumbuh menjadi sel vegetatif kalau menemukan kondisi yang cocok. Spora-spora tersebut sanggup diterbangkan oleh angin atau dihanyutkan oleh pedoman air yang kemudian mencemari apa saja (air, pakan, rumput, atau peralatan). Kasus di Bogor (2003), terjadi lantaran spora terbawa banjir. Hewan ternak tertular kuman antraks lantaran menelan spora yang melekat pada tumbuhan yang dimakan. 
Penyakit antraks memang layak dikhawatirkan lantaran sangat mematikan. Sapi, domba, atau kambing yang terjangkit akan mati dalam hitungan jam. Hewan yang mati akhir antraks harus pribadi dikubur atau dibakar dan dihentikan dilukai agarbakteri tidak menyebar. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dilaporkan tingkat ajal insan akhir antraks mencapai 18% (dari 100 kasus, 18 penderita meninggal).
 Antraks yaitu penyakit bisul akut yang disebabkan oleh kuman Bacillus anthracis Contoh Bakteri Yang Merugikan Manusia
Bakteri Clostridium

Botulisme (Clostridium botulinum)
Botulisme yaitu suatu penyakit kelumpuhan serius yang jarang terjadi. Penyakit ini disebabkan oleh racun atau toksin yang dihasilkan oleh kuman Clostridium botulinum). Bakteri gram konkret ini sanggup membentuk spora sehingga tahan terhadap panas. Clostridium botulinum bersifat motil, mempunyai flagella peritrik, dan merupakan kuman anaerob obligat. Kemampuannya membentuk spora (endospora) membuatnya bisa bertahan hidup dalam fase dorman  sampai menemukan kondisi yang cocok untuk pertumbuhannya. Ia sanggup ditemukan pada masakan kaleng yang sudah kadaluarsa, dengan cirri-ciri kalengnya sudah menggembung dan rusak.
Racun botulinum merupakan racun kuat, daya racunnya bahkan termasuk yang paling berpengaruh yang pernah diketahui.  Racun seberat kurang dari 2mg sanggup membunuh orang seberat 98 kg. Dengan kata lain, 1 gram racun  dapat membunuh kurang lebih 7,5 juta orang dewasa. Racun botulinum bersifat neurotoksik (menyerang saraf). Jika seseorang keracunan maka ia akan membuktikan tanda-tanda muntah-muntah, sulit menelan, verbal kering, kesukaran gerak mata, diplopia (pandangan ganda), kelumpuhan faring, disfonia (sulit bicara), pernapasan terganggu,  dan lama-kelamaan denyut jantung berhenti sehingga menjadikan kematian. 

Jenis-jenis kuman yang merugikan manusia
Berikut teladan jenis  bakteri dan penyakit yang di timbulkan

  1. Corynebacterium diphtheriaae (penyebab penyakit dipteri)
  2. Virbrio cholerae (penyebab penyakit kolera)
  3. Staphylococcus aureus (pathogen pada kulit dan jaringan lunak)
  4. Streptococcus pyogenes (penyebab penyakit faringistis)
  5. Streptococcus pneumonia, (penyebab penyakit paru-paru)
  6. Streptococcus agalactiae (penyebab penyakit meningitis)
  7. Salmonella typhi (penyebab penyakti tifus)
  8. Haemophillus influenza (penyebab penyakit bronkitis)
  9. Neisseria gonorrhoeae (penyebab penyakit gonorea)
  10. Mycobacterium tuberculosis (penyebab penyakit TBC)
  11. Treponema pallidum (penyebab penyakit kelamin sifilis)



Sumber http://mjumani.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Kuman Yang Merugikan Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel