iklan

Sejarah Samudra Pasai Lengkap, Era Bangkit Hingga Era Keruntuhan

Sejarah Samudra Pasai dimulai dari masa pendrian, masa berkembang, masa keemasan dan masa kehancuran. Didalam artikel ini juga terdapat fungsi kerajaan samudra pasai. Daripada penasaran, pribadi saja membaca yaaaa….

Selamat Membaca

Daftar Isi
SEJARAH SAMUDRA PASAI
Masa Pendirian
Masa Berkembang
Masa Keemasan
Masa Keruntuhan
FUNGSI SAMUDRA PASAI

SEJARAH SAMUDRA PASAI

Sejarah Singkat Kerajaan Samudra Pasai - Kerajaan samudra pasai atau samudera darussalam merupakan kerajaan pertama yang didirikan oleh Sultan Malik Al Saleh (Pendiri kerajaan samudra pasai). Adanya samudra pasai diperkuat oleh catatan Ibnu batutah yang berasal dari maroko yang merupakan pengembara (musafir) populer dari Persia dan keterangan dari pedagang venesia berjulukan marcopolo.

Sejarah Samudra Pasai dimulai dari masa pendrian Sejarah Samudra Pasai Lengkap, Masa Berdiri Sampai Masa Keruntuhan

Gambar Sejarah Samudra Pasai

Masa Pendirian

Sejarah berdirinya kerajaan samudera pasai - Latar belakang berdirinya kerajaan samudera pasai diantaranya didirikan oleh Nazimuddin Al Kamil seorang laksamana maritim dari Mesir pada kala ke-13. Pada tahun 1238M, Beliau diperintahkan untuk merebut pelabuhan kambayat di Gujarat yang bertujuannya untuk dijadikan daerah pemasaran barang-barang perdagangan dari timur. Akan tetapi Nazimuddin al-Kamil juga mendirikan satu kerajaan di Pulau Sumatera pecahan utara yaitu samudra pasai dengan tujuan utamanya yakni untuk sanggup menguasai hasil perdagangan rempah-rempah dan lada serta mengangkat sultan malik al saleh sebagai raja pertama dari kerajaan tersebut, serta pada waktu itu juga kerajaan sriwijaya sedang dalam masa keruntuhannya, sehingga wilayah tersebut sanggup ditaklukan.

Masa Berkembang

Samudra pasai berkembang pada tahun 1300 an atau kala ke 13Beberapa faktor atau sebab-sebab samudra pasai berkembang pesat (Cepat) yakni sebagai berikut:
  1. Letaknya yang strategis berada di selat malaka menjadikan sanggup bermetamorfosis sentra perdagangan internasional dan sering dikunjungi pedagang asing.
  2. Sikap rajanya terbuka seperrti adil, berwibawa, dan jujur.
  3. Hidup dari hasil perdagangan dan rempah – rempah yang berimpah menyerupai lada
  4. Mempererat perdagangan bersama India dan cina.
Artikel yang berkaitan :
1. Samudra pasai
2. Peninggalan samudra pasai
3. Pendiri dan raja raja samudra pasai
4. Kehidupan sosial, ekonomi, dan politik samudra pasai

Masa Keemasan

Samudra pasai berkembang pesat menjadi kerajaan yang cukup berpengaruh dan mencapai zaman Keemasan (masa puncak Kejayaan) pada masa pemerintahan sultan Malik Az-zahir lantaran untuk pertama kali memperkenakan koin emas dilingkungan kerajaan. Samudra pasai menjadi sentra studi agama Islam di Asia tenggara pada kala ke 14 Masehi. Beberapa kemajuan yang didapatkan kurang lebih pemakaian koin emas dan dirham oleh kerajaan samudra pasai.
Faktor samudra pasai menjadi kerajaan besar yakni sebagai berikut:
  1. Kemajuan samudra pasai dalam penguasa di jalur perdagangan didukung oleh letaknya yang sangat strategis. Hal ini dikarenakan terletak di jalur perdagangan internasional yang menciptakan kerajaan ini menjadi sentra perdagangan dan letaknya dipisahkan oleh diatara dua sungai peusungan dan jambu air.
  2. Kerajaan samudra pasai yakni kerajaan Islam yang penyebaran agamanya dengan baik dan tanpa adanya paksaan ataupun perang. Sehingga Islam sangat gampang diterima di masyarakat dan tersebar dengan cepat sehingga kerajaan samudra pasai menerima derma yang penuh dari seluruh rakyatnya.
  3. Adanya kemunduran dari kerajaan sriwijaya.
  4. Pemimpinnya yang bijak, jujur dan adil sehingga kerajaannya berjalan dengan baik.

Masa Keruntuhan

Samudra pasai mengalami kemunduran pada masa Sultan Zainal Abidin Bahian Syah Malik al-Tahir yaitu putra dari Sultan Ahmad Bahian Syah malik al Tahir dan sesudah berkembang pelabuhan Bandar malaka yang letaknya lebih strategis. Berakhir nya Kerajaan samudra pasai pada tahun 1521, jatuh atau runtuhnya lantaran adanya beberapa alasan dan faktor mengalami kemunduran (keruntuhan) yakni sebagai berikut:

  1. Setelah menerima serangan dari Kerajaan Majapahit yang berambisi menyatukan Nusantara dibawah sumpah palapa patih gajah mada maka hancurnya samudra pasai secara perlahan lantaran masih sanggup bertahan beberapa tahun kedepannya.
  2. Berdirinya Bandar Malaka yang letaknya lebih strategis.
  3. Setelah Sultan Malik ath-Thahir meninggal tidak ada penggantinya yang cakap dan populer sehingga tugas penyebaran agama Islam diambil alih oleh Kerajaan Aceh.
  4. Terjadi Perebutan kekuasaan yakni pemberontakan yang dilakukan oleh sekelompok orang pada masa Sultan Zainal Abidin Bahian Syah Malik al-Tahir yang sebagian diperoleh dari berita-berita Cina.
  5. Serangan bangsa portugis pada tahun 1521 berhasil menguasai (diduduki) samudra pasai yang memanfaatkan konflik internal di kerajaan yang terjadi ketika itu juga merupakan lantaran jatuhnya samudra pasai.

FUNGSI SAMUDRA PASAI

Fungsi samudra pasai sebagai sentra perdagangan dan pelabuhan besar yakni sebagai berikut:
  1. Sebagai sentra perdagangan. Banyak pedagang yang singgah dikerajaan ini menyerupai pedagang dari Arab, Gujarat Persia, Eropa, Asia, Dan Afrika.
  2. Sebagai sentra penyebaran agama Islam. Hal ini lantaran banyak pedagang yang singgah bukan hanya berdagang akan tetapi meyebarkan agama Islam juga.
  3. Sebagai penghasil rempah – rempah terbesar di Asia menyerupai lada dan masih banyak lagi.
Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung

Sumber http://pelajaransekolahdi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sejarah Samudra Pasai Lengkap, Era Bangkit Hingga Era Keruntuhan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel