iklan

Ginjal, Salah Satu Alat Pengeluaran (Eksresi) Pada Manusia

Ginjal sering juga disebut buah pinggang dalam kehidupan sehari - hari. Letaknya di rongga perut disebelah kiri dan kanan pinggang.

Ginjal insan ada dua, berwarna merah keunguan dan berbentuk menyerupai kacang merah. Ginjal sebelah kiri lebih tinggi dari ginjal sebelah kanan.

Struktur Ginjal

Ginjal tersusun dari beberapa bagian, yaitu:
Bagian terluar disebut kulit ginjal (korteks), Bagian dalam disebut sumsum ginjal (medula), dan paling dalam terdapat ruang kosong disebut rongga ginjal  atau Pelvis Renalis.

Satuan struktural dan fungsional terkecil yang menyusun ginjal yaitu nefron. Korteks dan medula ginjal mengandung kurang lebih 1 Juta nefron.

Setiap nefron terdiri atas tubuh malpighi dan kanal - kanal (tubulus). Badan malpighi tersusun dari glomelurus (kumpulan pembuluh darah kapiler yang membentuk gulungan) dan kapsula bowman (Berbentuk menyerupai cawan yang mempunyai dinding rangkap).

Saluran - kanal pada ginjal terdiri atas kanal panjang yang bersambungan dengan kapsula bowman, disebut kanal proksimal (tubulus kontortus proximal). Saluran proksimal berlanjut membentuk lengkungan yang terdapat dilapisan medulladisebut lengkung henle.

Dari lengkung henle kanal akan menuju keatas kembali atau pecahan korteks yang disebut kanal distal (tubulus kontortus distal). Saluran distal berlanjut menuju kanal pengumpul urine (tubulus kolektifus) yang berukuran lebih besar.

 Ginjal sering juga disebut buah pinggang dalam kehidupan sehari  Ginjal, Salah Satu Alat Pengeluaran (Eksresi) Pada Manusia

Fungsi Ginjal

Ginjal mempunyai beberapa fungsi seperti:
  1. Menyaring darah untuk membuang sisa - sisa metabolisme dalam bentuk cairan yang disebut urine. Didalam urine terkandung aneka macam jenis zat, yaitu air, urea, amoniak, garam mineral, zat yang berlebihh menyerupai hormon, vitamin, enzim dan zat warna empedu.
  2. Menjaga keseimbangan air didalam tubuh dengan cara mengeluarkan urine apabila air didalam tubuh berlebih, sebaliknya mengurangi pengeluaran air kalau pemasukan air berkurang. Dengan demikian air didalam tubuh senantiasa dalam keadaan seimbang (hamoestasis).
  3. Membuang zat - zat yang berbahaya bagi tubuh menyerupai basil dan obat - obatan.

Urine yang terbentuk di ginjal akan disalurkan keluar dari ginjal melalui kanal yang disebut ureter. Dari uretes urin akan menuju kantung kemih. Apabila kantung kemih penuh, urine akan dikeluarkan dari tubuh melalui uretra.

Setiap hari, kurang lebih 1500 liter darah melalui ginjal untuk disaring, meskipun demikian hanya 1 - 1,5 liter urine yang kita keluarkan.

Banyak sedikitnya jumlah urine yang dikeluarkan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu banyaknya air yang diminum dan jumlah garam yang dikeluarkan.

Kelainan dan Gangguan Pada Ginjal

Ginjal sanggup mengalami gangguan lantaran suatu sebabb, sehingga menjadikan penyakit. gangguan - gangguan atau kelainan pada ginjal yaitu seperti:
  1. Batu Ginjal, biasanya berbentuk kristal yang tidak sanggup larut yang sanggup menghambat pengeluaran urine. Batu ginjal ini terjadi lantaran adanya pengendapan garam kalsium di dalam rongga ginjal. Untuk membuang kerikil ginjal ini harus dilakukan pembedahan atau menghancurkannya dengan memakai sinar laser.
  2. Gagal Ginjal, biasanya terjadi lantaran ginjal mengalami kerusakan yang mengakibatkan ginjal tidak sanggup melaksanakan fungsinya. Penderita yang mengalami ini harus menjalani basuh darah untuk menggantikan fungsi ginjal tersebut. Proses basuh darah dilakukan dengan memakai mesin yang disebut unit dialysis. Selain itu cara lain yang sanggup dilakukan untuk mengatasi gagal ginjal yaitu dengan melaksanakan pencangkokan ginjal yang cocok atau sesuai.
  3. Diabetes Insipidus, Merupakan suatu penyakit yang penderitanya mengeluarkan urine terlalu banyak. penyebab penyakit ini yaitu apabila seseorang kekurangan hormon ADH (Anti Diuretic Hormon) yang dihasilkan oleh kelenjar hipofisis.

Sumber http://baityjanaty.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ginjal, Salah Satu Alat Pengeluaran (Eksresi) Pada Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel