iklan

Materi Kelas Viii - Materi Karet

Materi Kelas VIII - Bahan Karet | Karet dihasilkan oleh pohon karet berupa getah menyerupai susu yang disebut lateks. Lateks diperoleh dengan cara menyadap, yaitu dengan menyayat kulit pohon atau pada bab kortek tumbuhan. Secara kimiawi karet alam ialah senyawa hidrokarbon yang merupakan polimer alam hasil penggumpalan lateks alam dan merupakan makromolekul poliisoprena (C5H8)n.

Karet alam mempunyai banyak sifat unggul antara lain sebagai berikut :
  1. Karet alam mempunyai daya lentur atau daya lenting yang baik, plastisitas yang baik, gampang pengolahannya, tidak gampang aus (tidak gampang habis alasannya ialah gesekan), dan tidak gampang panas.
  2. Sifat unggul lain dari karet alami ialah mempunyai daya tahan yang tinggi terhadap keretakan, tahan hentakan yang berulang-ulang, serta daya lengket yang tinggi terhadap banyak sekali bahan.
 Karet dihasilkan oleh pohon karet berupa getah menyerupai susu yang disebut lateks Materi Kelas VIII - Bahan Karet

Dalam bidang industri, karet alam mempunyai tugas yang sangat besar. Contohnya ialah ban pesawat terbang dan ban kendaraan beroda empat balap dibentuk dari materi baku utama karet alam murni.

Karet sintetis terbuat dari materi baku yang berasal dari minyak bumi, kerikil bara, minyak, gas alam, dan acetylene. Banyak dari karet sintetis ialah kopolimer, yaitu polimer yang terdiri dari lebih dari satu jenis monomer. 

Karet sintetis sanggup diubah susunannya sehingga diperoleh sifat yang sesuai dengan kegunaannya. Karet sintetis sanggup digunakan untuk banyak sekali keperluan, bahkan sanggup menggantikan fungsi karet alam. 

Karet sintetis mempunyai beberapa keunggulan dibanding karet alam yaitu : 
  1. Tahan terhadap suhu tinggi/panas, minyak, imbas udara, dan kedap gas.
  2. Karet sintetis mempunyai banyak jenis.

Berikut beberapa jenis karet sintetis dengan sifat dan kegunaannya.
  1. NBR (Nytrile Butadiene Rubber). NBR mempunyai ketahanan yang tinggi terhadap minyak, digunakan dalam pembuatan pipa karet untuk bensin dan minyak, membran, seal, gaskot, serta peralatan lain yang banyak digunakan dalam kendaraan bermotor.
    CR (Chloroprene Rubber), CR dengan ciri tahan terhadap nyala api, digunakan sebagai materi pipa karet, pembungkus kabel, seal, gaskot, dan sabuk pengangkut.
    IIR (Isobutene Isoprene Rubber), IRR mempunyai sifat kedap air, digunakan untuk materi ban bermotor, pembalut kawat listrik, pelapis bab dalam tangki, kawasan penyimpan lemak dan minyak.

Demikianlah materi kali ini yang mengenai "Materi Kelas VIII - Bahan Karet". Semoga bbermanfaat buat kalian semua

Sumber http://baityjanaty.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Materi Kelas Viii - Materi Karet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel