iklan

Zat Adiktif Dan Psikotropika

Zat Adiktif dan Psikotropika | Bahan-bahan kimia tidak hanya menyangkut bahan-bahan kimia yang ada di rumah tangga, menyerupai pemutih, pembersih, dan zat-zat aditif makanan, tetapi juga zatzat yang sanggup menimbulkan dampak negatif atau imbas samping bagi kesehatan kalau pemakaiannya disalahgunakan. Bahan kimia dimaksud di sini yaitu kelompok zat kimia yang tergolong ke dalam zat adiktif dan psikotropika.

Zat Adiktif

Zat adiktif yaitu istilah untuk zat-zat yang pemakaiannya sanggup menimbulkan ketergantungan fisik yang berpengaruh dan ketergantungan psikologis yang panjang (drug dependence). Kelompok zat adiktif yaitu narkotika (zat atau obat yang berasal dari tanaman) atau bukan tanaman, baik sintetik maupun semisintetik, yang sanggup menimbulkan penurunan atau perubahan kesadaran, mengurangi hingga menghilangkan rasa sakit, dan sanggup menimbulkan ketergantungan. Narkotika berdasarkan tujuan penggunaan dan tingkatan risiko ketergantungannya terbagi dalam 3 golongan, yaitu:
  1. Golongan I, narkotika hanya dipakai untuk tujuan ilmu pengetahuan dan tidak dipakai dalam terapi serta mempunyai potensi sangat tinggi untuk menjadikan sindrom ketergantungan.
  2. Golongan II, narkotika untuk pengobatan yang dipakai sebagai pilihan terakhir dan sanggup dipakai dalam terapi atau untuk tujuan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi berpengaruh untuk menjadikan sindrom ketergantungan.
  3. Golongan III, narkotika untuk pengobatan dan banyak dipakai dalam terapi atau untuk tujuan ilmu pengetahuan serta berpotensi ringan menjadikan sindrom ketergantungan.

Psikotropika

Psikotropika yaitu zat atau obat, baik alamiah maupun sintetik, bukan narkotika dan mempunyai kegunaan psikoaktif melalui dampak selektif pada susunan syaraf sentra yang menimbulkan perubahan khas pada acara mental dan perilaku. Psikotropika berdasarkan tujuan penggunaan dan tingkatan risiko ketergantungannya terbagi dalam 4 golongan, yaitu :
  1. Golongan I, psikotropika yang hanya dipakai untuk tujuan ilmu pengetahuan dan tidak dipakai dalam terapi serta mempunyai potensi berpengaruh menjadikan sindrom ketergantungan.
  2. Golongan II, psikotropika yang mempunyai kegunaan sebagai obat dan sanggup dipakai dalam terapi dan tujuan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi berpengaruh menjadikan sindrom ketergantungan.
  3. Golongan III, psikotropika yang mempunyai kegunaan sebagai obat dan banyak dipakai dalam terapi dan tujuan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi sedang menjadikan sindrom ketergantungan.
  4. Golongan IV, psikotropika yang mempunyai kegunaan sebagai obat dan sangat luas dipakai dalam terapi dan tujuan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi ringan menjadikan sindrom ketergantungan.

bahan kimia tidak hanya menyangkut materi Zat Adiktif dan Psikotropika

Zat adiktif hampir semuanya termasuk ke dalam psikotropika, tetapi tidak semua psikotropika menimbulkan ketergantungan. Berikut ini termasuk ke dalam golongan psikotropika, yaitu LSD (Lysergic Acid Diethylamide) dan amfetamin. Penyalahgunaan kedua golongan psikotropika ini sudah meluas di dunia.
Sumber http://baityjanaty.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Zat Adiktif Dan Psikotropika"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel