iklan

√ Profosal Pendirian Usaha



BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Nama dan Alamat Perusahaan
Nama perusahaan             : Yuga Distro
Alamat perusahaan           : Jl. Pameungpeuk , No. 56 Garut – Jawa Barat
No. Telp /  Hp                   : (021)7782324 / 085320258238

1.2 Nama dan Alamat Pemilik
Nama pemilik        : Yuga Soniagara
Alamat pemilik      : Kp. Gemrong RT/01 RW/06 No.29  Desa Bojong, pameungpeuk
No. Telp                 : (021)7782324 / 085320258238

Perusahaan kami bergerak di bidang perdagangan yang menjual aneka macam aneka pakaian  khusus laki-laki dan perempuan serta aksesoris yang pastinya up to date dan cocok dengan selera masyarakat Pameungpeuk, khususnya untuk kaum remaja.
Sebelum kami menjalankan perusahaan yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyai modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, perusahaan kami akan mempromosikan dan mendistribusikan produk kami melalui pasar tradisional maupun pasar modern yang gampang terjangkau oleh para pembeli/konsumen.
Adapun maksud dan tujuan kami mendirikan perusahaan ini yaitu:
a)     Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan,
b)    Menyediakan kebutuhan fahion bagi masyarakat, supaya lebih mudah
c)     Mengurangi tingkat pengangguran,
d)    Menjalin persahabatan antara pelanggan, dan
e)     Mendapatkan keuntungan atau laba.












BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF

2.1 Latar Belakang
Dengan semakin berkembangnya dan tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berafiliasi dengan kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu perjuangan distro yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.
Daerah sekitar Pameungpeuk sangat sempurna untuk membuka perjuangan distro, alasannya hingga ketika ini sangat sedikit sekali atau boleh dikatakan belum ada tempat yang memberi pelayanan kebutuhan fashion di sekitar.
Yuga Distro didirikan untuk mempelopori kecintaan masyaakat berpakaian lebih khususnya buat generasi muda dalam bidang fashion yang up to date .

2.2 Visi dan Misi
Visi      : Solusi bagi masyarakat dengan menawarkan pelayanan atas kebutuhan dalam hal fashion yang up to date untuk menawarkan warna dan gaya dalam kehidupan berpakaian.
Misi     : Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan pelanggan.

2.3 Lokasi
Lokasi yang dipilih merupakan tempat yang strategis di Pameungpeuk alasannya berada tidak jauh dari Pusat Kota, lokasi gampang terlihat dan berada di jalan utama Pameungpeuk yang merupakan jalan kemudian lalang masyarakat sekitar sehingga sanggup dengan gampang dicari dan didatangi.

2.4 Waktu Operasional
Waktu untuk melaksanakan pelayanan perjuangan distro ini dibuka dari pukul 09.00 pagi hingga dengan pukul 21.00.

2.5 Kesan
Kesan yang akan kami bangkit dalam melayani ialah pelanggan merasa nyaman berada di tempat pelayanan kami dan menciptakan mereka selalu ingin kembali alasannya pelayanan yang memuaskan dan barang - barang yang cantik serta harga yang terjangkau untuk masyarakat menengah ke bawah.

2.6 Konsep Promosi
Membuat sebuah display atau spanduk di depan lokasi atau di jalan Alun-alun dan mengandalkan gosip dari pelanggan ke pelanggan serta menyediakan brosur promosi.
Selain itu, kami juga melaksanakan promosi lewat Media Sosial.  Dengan cara ini kami optimis Yuga distro akan lebih gampang dan cepat dikenal oleh masyarakat.

2.7 Target Pelanggan
Target pelanggan Distro ini ialah : para kaum muda laki-laki dan perempuan berpakaian dengan gaya yang sopan tapi menarik , dan mereka ialah pengguna busana distro yang mempunyai ciri khas tertentu.
































BAB III
ANALISIS INDUSTRI

3.1.   Prespektif Masa Depan Usaha
Dengan terciptanya tempat perjuangan yang bergerak di bidang perdagangan, khususnya dalam hal fashion dengan lokasi yang strategis, maka kami yakin perjuangan ini akan maju. Karena kebutuhan dan undangan akan fashion di kalangan masyarakat terutama sekitar Daerah Pameungpeuk sangat besar.

3.2.   Analisis Persaingan
Berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami dirikan perjuangan distro ini masih belum terdapat sebuah tempat belanja busana muslimah dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan.

3.3.   Segmentasi Pasar yang akan dimasuki
Yuga Distro  membidik pasar kelas menengah ke bawah, dengan pertolongan harga yang terjangkau dan tidak menyulitkan. Pada prinsipnya kami akan membuka perjuangan ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga menciptakan masyarakat merasa puas dengan layanan kami dan senantiasa kembali ke tempat kami. Karena segmen pasar perjuangan distro ini cenderung kemasyarakatan sehingga hal ini sanggup memicu persaingan dengan perjuangan distro lainnya.
Pada awalnya pemenuhan undangan pakaian sanggup dipenuhi dari distro , akan tetapi dengan semakin tinggi populasi rakyat, maka kemampuan distro untuk memenuhi kebutuhan masyarakat semakin rendah. Hal ini mendorong kami untuk melaksanakan pelayanan yang baik dan sanggup memenuhi kebutuhan pelanggan















BAB IV
RENCANA PRODUKSI

4.1   Sumber-sumber Produk / Bahan
Untuk sumber-sumber materi baku atau supplier pakaian, kami mengambil dari supplier atau perusahaan yang sudah terjamin dan terbukti kualitas pakaiannya dengan model dan corak yang menarik konsumen tentunya. Misalnya pakai yang di produksi di daearah Bandung Khususnya barang – barang dari Parahiangan . Sehingga dengan begitu tidak merugikan aneka macam pihak, baik dari pihak perusahaan maupun konsumen yang membelinya.
































BAB VI
PERENCANAAN PERMODALAN

6.1.   Sumber-sumber permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirianYuga Distro yaitu dari pemilik distro sendiri. Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan

6.2.   Neraca Permulaan Perusahaan
A.   Biaya produksi per tahun terdiri dari:

1.     Modal Awal produksi:
Renovasi Awal & Desain Interior                              Rp.   20.000.000,-
Kulakan baju grosir                                                  Rp. 600.000.000,-
Biaya Soft Opening dan Promosi awal                      Rp.     5.000.000,-
Biaya honor karyawan tahun pertama                            Rp.   60.000.000 ,-  +
Jumlah Modal Produksi                                            Rp. 685.000.000,-

2.     Biaya lain-lain
·         Listrik                                                      Rp. 12.000.000,-
·         Asuransi                                                  Rp. 11.000.000,-
·         Transportasi                                            Rp.   6.500.000,-
·         Administrasi                                            Rp.   4.500.000,-
·         Pajak                                                       Rp.   2.750.000,-
·         Pemeliharaan gedung dan peralatan           Rp.   6.000.000,-  +
Jumlah biaya lain-lain                                          Rp. 42.750.000,-

Total seluruh biaya produksi (1 + 2)
Jumlah modal produksi                                      Rp. 710.000.000,-
Jumlah biaya lain-lain                                         Rp.   42.750.000,-    +
Total                                                                 Rp. 667.250.000

6.3.   Proyeksi Aliran Kas
Untuk distro kami proyeksi keuntungan kotor ialah 30% dari penghasilan. Rata-rata untuk distro kami ini, akan bisa menjual sekitar 950 lebih juta pertahun, sehingga kalau diambil keuntungan higienis pertahun ialah sekitar 250 – 300 juta pertahun.
Sehingga, pada tahun kedua, kami sudah bisa balik modal. Dan tahun ke  3, 4 dan seterusnya, kami tinggal mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan untuk perluasan ke luar daerah.

6.4.   Perencanaan Laba Rugi
INVESTASI                                                                       JUMLAH (RP)
Biaya tetap
1.     Penyusutan gedung dan peralatan                                 Rp.   7.000.000,-
2.   Gaji pegawai                                                              Rp. 60.000.000,-+
Jumlah                                                                           Rp. 67.000.000,-
Biaya variable/ produksi
1.     Kulakan baju grosir                                                      Rp. 600.000.000,-
Jumlah                                                                            Rp. 600.000.000,-
Biaya-biaya lain
1.   Listrik                                                                         Rp. 12.000.000,-                                          
2.   Asuransi                                                                      Rp. 11.000.000,-                                      
3.   Transportasi                                                                Rp. 6.500.000          
4.   Administrasi                                                                Rp. 4.500.000,-
5.   Pajak                                                                           Rp. 2.750.000,-+                   
Total Modal produksi                                                     Rp. 36.700.000,-
TOTAL MODAL (PENGELUARAN)                           Rp. 703.700.000,-

Pendapatan
Penjualan aneka pakaian dan aksesoris                             Rp. 960.000.000,-
TOTAL PENDAPATAN                                              Rp. 960.000.000,-

PROYEKSI LABA/RUGI (KEUNTUNGAN)
Total Pendapatan                                                             Rp. 960.000.000,-
Total modal / Pengeluaran                                                (Rp. 703.700.000)
TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH                               Rp. 256.300.000,-


















BAB VII
PENUTUP


7.1 Kesimpulan
Saya menyimpulkan bahwa berdirinya lapangan perjuangan ini alasannya kebutuhan masyarakat dan undangan pasar yang sangat mendukung perkembangan perjuangan ini.


Sumber http://rofi-mustawan.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Profosal Pendirian Usaha"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel