iklan

Cara Memperbaiki Harddisk Yang Konslet

Cara Memperbaiki Harddisk yang Konslet - Salah satu komponen penting di komputer dan laptop ialah harddisk. Yup, media penyimpanan berbasis disk ialah perangkat utama komputer dan laptop. 

Fungsi hardisk pada komputer ialah sebagai media menyimpan data pengguna di komputer. Data sanggup berupa data dari sistem, atau data dari pengguna. Jika tidak ada harddisk, maka Anda tidak sanggup menginstal sistem operasi dan software yang berkhasiat untuk pekerjaan sehari-hari Anda.

Harddisk terdiri dari dua macam, yaitu harddisk internal dan eksternal. Perbedaannya terletak pada posisinya di komputer. Hard drive internal terpasang pribadi di komputer atau laptop dan berfungsi sebagai media penyimpanan utama oleh sistem. 

Sedangkan harddisk eksternal lebih diposisikan sebagai media penyimpan alternatif menyerupai flash. Saat ini, ada banyak tumpuan harddisk eksternal terbaik yang sanggup Anda pilih daripada memakai flash yang mempunyai kapasitas penyimpanan terbatas.


Baik hard drive internal maupun eksternal, keduanya sama-sama berpotensi menunjukkan karakteristik harddisk yang rusak. Salah satu kemungkinan kerusakan ialah terjadinya konslet pada harddisk internal itu sendiri. 

 Salah satu komponen penting di komputer dan laptop ialah harddisk Cara Memperbaiki Harddisk yang Konslet
Cara Memperbaiki Harddisk yang Konslet


Penyebab kerusakan hard disk, terutama yang menjadikan konslet pada harddisk sanggup bermacam hal, diantaranya:

a. Pasang surut arus listrik dari PLN
Arus listrik yang dipasok PLN tidak selalu mempunyai nilai yang stabil. Meski hard disk tidak terhubung pribadi dengan sumber tenaga alasannya ialah harus melewati catu daya terlebih dahulu, namun arus naik dan turun arus listrik ke catu daya (power supply) sanggup berdampak pada naik turunnya arus yang mengalir dari catu daya. Apalagi kalau input arus ke harddisk tiba-tiba naik melampaui batas dikala ini.

Baca: 

b. Penggunaan dalam jangka panjang
Komponen yang dipakai terus menerus dalam jangka waktu usang berpotensi mengalami kerusakan kalau tidak segera diobati. Memang ada beberapa komputer atau laptop yang bekerja cukup usang alasannya ialah pengolahan data begitu penting di komputer sampai dihentikan dimatikan. 

Namun, kalau harddisk yang dipakai tidak sesuai untuk dipakai dalam waktu lama, maka dari waktu ke waktu harddisk akan rusak juga. Mungkin salah satu kerusakannya ialah konslet.

1. Catu daya tidak stabil (rusak)
Seperti yang telah kita bahas pada poin pertama, arus pasang surut arus sumber dari PLN sanggup berdampak pada arus keluaran catu daya. Namun, sanggup jadi penyebabnya alasannya ialah power supply - nya sudah menunjukkan tanda-tanda kerusakan dan berdampak pada output arus yang mengalir ke semua komponen komputer.

2. Pasang surut arus listrik
Selain duduk kasus pasang surut sumber arus PLN, siklus hidup sumber tenaga juga sanggup berdampak pada peralatan elektronik. Salah satu efeknya ialah kerusakan komponen elektronik.

Sebagai gantinya, Anda menghindari beberapa penyebab kerusakan pada hard drive dengan memakai UPS atau stabilizer. Nah, kalau ternyata sewaktu-waktu hardisk anda mempunyai konslet, anda tidak perlu khawatir. Hard drive masih sanggup diperbaiki. Kami akan menyediakan cara untuk memperbaiki konslet harddisk pada kesempatan ini.

Begini caranya:

1. Siapkan Alat Perbaikan
Sebelum Anda mulai memperbaiki harddisk yang lengkap, Anda memerlukan beberapa alat yang perlu dipersiapkan, termasuk:

- Obeng dengan ujung plus
Obeng ini berkhasiat untuk membuka sekrup yang mengikat mainboard hard drive.

- Multitester atau multimeter
Alat ini berkhasiat untuk menyidik dioda komponen yang lengkap.

- Pateri
Alat ini berkhasiat untuk memanaskan kaleng yang akan mengikat dioda gres ke hard drive mainboard. Jika ada, Anda harus memakai solder uap, mengingat komponen dioda yang akan melekat cenderung kecil alasannya ialah biasanya komponen dioda pada mainboard termasuk komponen SMD yang mempunyai komponen kaki sangat kecil.

- Timah
Timah dipakai untuk memasang dioda gres ke hard drive mainboard. Timah harus dicairkan dulu dengan solder supaya sanggup melekat dioda.

Pengisap timah Alat ini digunakan
Satu atau dua Ampere dioda: Ini ialah komponen yang akan Anda ganti di mainboard hard drive. Anda sanggup membelinya di toko elektronik.

2. Membongkar Hard Drive Case
Untuk memperbaiki hard drive mainboard, Anda perlu membuka sangkar hard drive terlebih dahulu. Lakukan pembukaan casing ini dengan saksama supaya tidak menghipnotis disc pada hard disk.

3. Lepaskan Mainboard Screw
Langkah selanjutnya yang sanggup Anda ambil ialah melepas sekrup dari hard drive mainboard. Tapi ada hal yang perlu diperhatikan. Untuk harddisk berurutan dimana komponen berada di dalam, Anda perlu membuka sekrup pada mainboard. Sedangkan untuk komponen konslet harddisk yang sudah terlihat secara langsung, Anda tidak perlu membuka mainboard.

4. Lakukan Diode Checking
Konsol hard disk sering terjadi pada komponen keselamatan voltase 12 volt. Tegangan 12 volt berasal dari kabel catu daya kuning. Sedangkan kabel merah yang terhubung ke dioda mempunyai nilai voltase 5 volt. Terkadang voltase tegangan 5 volt juga sanggup lengkap. Tapi jarang ada masalah menyerupai itu.

Untuk memastikan bahwa penyebab konslet terletak pada dioda, periksa dioda keamanan dioda 12 volt. Salah satu cara untuk mengecek harddisk yang rusak atau tidak ialah dengan memakai multimeter. Juga periksa diode 5 volt.

Bagaimana cara menyidik diode dengan Multitester? Begini caranya:

Putar batas pengukuran pada multimeter pada skala X10 atau X100
Sambungkan probe merah ke kaki katoda dan anoda kaki anoda hitam. Dalam kondisi ini, jarum pada multimeter harus bergerak tapi tidak nol.

Lakukan, putar posisi probe. Kaprikornus probe merah di kaki anoda dan probe hitam di kaki katoda. Dalam kondisi ini, jarum sebaiknya tidak bergerak. Jika bergerak, berarti dioda rusak atau pendek.

5. Ganti Dioda yang Rusak
Jika sehabis dicek, memang benar ada duduk kasus dioda, segera ganti dioda disk yang konslet tersebut.dengan dioda 1-2 Ampere. Perhatikan posisi anoda dan katoda supaya tidak menjadi galau dalam pemasangan.

Sebenarnya dengan hanya melepas dioda yang rusak tanpa melaksanakan penggantian, harddisk Anda tetap sanggup beroperasi normal. Tetap saja, tidak disarankan, alasannya ialah kalau komponen elektronik berjalan tanpa dioda berarti komponen tidak mempunyai perlindungan kalau over voltage atau over voltage terjadi.

6. Coba Jalankan Harddisk
Jika langkah penggantian dioda sudah selesai, langkah selanjutnya yang harus anda ambil ialah mencoba menjalankan hardisk. 

Pada tahap ini, Anda tidak perlu memasang kembali rangka harddisk mengingat masih ada kemungkinan kerusakan selain dioda. Anda sanggup menghemat waktu kalau ada indikasi kerusakan komponen lain alasannya ialah Anda sanggup pribadi memeriksanya tanpa perlu membuka casing harddisk.

Indikator keberhasilan perbaikan yang Anda lakukan ialah tidak adanya tanda-tanda dioda kembali mengalami konslet lagi. Jika begitu. Anda sudah sanggup memasang kembali sekrup pada mainboard hard drive dan memasang kembali casing.

Untuk mendapat hasil perbaikan yang lebih baik, Anda harus membawa hard drive Anda ke sentra layanan yang dimiliki oleh produsen hard drive Anda. Apalagi kalau harddisk anda masih dalam masa garansi. 

Dengan melaksanakan perbaikan sendiri di masa garansi, maka garansi hard drive anda akan hangus. Cara memperbaiki harddisk konslet ini sanggup anda lakukan kalau masa garansi hardisk anda telah selesai.

Begitu banyak artikel kita kali ini wacana cara memperbaiki harddisk konslet. Semoga artikel ini sanggup membantu anda untuk memperbaiki harddisk.

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memperbaiki Harddisk Yang Konslet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel