iklan

√ Test Kecepatan Server Digital Ocean, Linode Dan Vultr

 berbasis teknologi Cloud niscaya sudah tidak abnormal lagi dikala mendengar nama  √ Test Kecepatan Server Digital Ocean, Linode dan Vultr


Bagi mereka yang sering “ngoprek” VPS (Virtual Private Server) berbasis teknologi Cloud niscaya sudah tidak abnormal lagi dikala mendengar nama Digital Ocean, Linode atau Vultr. Ketiga perusahaan ini memang pemain besar di dunia Virtual Machine dengan ratusan ribu pelanggan.


Biasanya duduk perkara sensitif yang kerap diperbincangkan di antara pelanggan Virtual Machine yaitu soal harga dan spesifikasi teknis yang ditawarkan menyerupai CPU, RAM, Storage, Bandwidth yang pastinya tentu akan sangat bervariatif tergantung dengan kebijakan masing-masing provider. Namun kali ini saya tidak akan membahas itu semua lantaran bersama-sama ada sesuatu yang bahkan lebih menarik untuk di-analisa.


Dalam postingan kali ini saya akan membahas mengenai test kecepatan server Digital Ocean, Linode dan Vultr yang nanti akhirnya mungkin akan sanggup menjadi pertimbangan tersendiri bagi calon pelanggan yang belum memilih pilihannya.


Metodologi sederhana yang akan saya gunakan untuk test kecepatan server Digital Ocean, Linode dan Vultr yaitu;



  • Test dilakukan server to server (StS)

  • Server yang dipakai sebagai test telah di-install script Rapidleech untuk otomatis d0wnl0ad dari server provider

  • Server test berada di USA dengan CDN Cloudflare

  • Test kecepatan server Digital Ocean, Linode dan Vultr dilakukan di 3 kota yaitu Singapore, Frankfurt dan London lantaran ketiga provider tersebut semua mempunyai server disana sehingga diperlukan Latency dan Redundancy jaringan serupa dan tidak jauh berbeda

  • Test menurut Neck To Neck

  • Ukuran file d0wnl0ad masing-masing 100 MB

  • Hasil di lihat menurut waktu kecepatan unduh (d0wnl0ad) dan kecepatan unduh rata-rata server.


Selanjutnya dikala test dilakukan maka hasil yang di sanggup untuk ketiga provider diatas adalah


Digital Ocean


Untuk test kecepatan server Digital Ocean di tiga kota Singapore, Frankfurt dan London hasilnya;




Linode


Untuk test kecepatan server Linode di tiga kota Singapore, Frankfurt dan London hasilnya;




Vultr


Untuk test kecepatan server Vultr di tiga kota Singapore, Frankfurt dan London hasilnya;




Berikut yaitu tabel rekapitulasi hasil test kecepatan server Digital Ocean, Linode dan Vultr dengan breakdown usang waktu unduh dan kecepatan rata-rata unduh;









































KotaProviderHasil
TimeAvg. Speed
SingaporeDigital Ocean11s9323.5 KB/s
Linode25s4136.5 KB/s
Vultr14s7302.4 KB/s
FrankfurtDigital Ocean3s39464.5 KB/s
Linode6s17382.7 KB/s
Vultr2s48613.1 KB/s
LondonDigital Ocean1s91061.0 KB/s
Linode5s21007.4 KB/s
Vultr2s64602.5 KB/s


Dari hasil yang didapatkan di atas terang terlihat bahwa server Digital Ocean unggul dalam kecepatan di 2 kota yaitu Singapore dan London sedangkan Vultr hanya unggul di kota Frankfurt. Linode yang termasuk pionir dan pemain usang di industri Virtual Machine keok di semua kota.


Digital Ocean mempunyai waktu unduh (d0wnl0ad) paling cepat diantara 2 kompetitor lainnya dengan raihan 1 detik untuk server di London yang didapatkan dengan kecepatan 91061 KB/s atau 91.06 MB/s. Kecepatan tersebut juga yaitu kecepatan yang tercepat selama test berlangsung.


Semantara itu server ketiga provider yang terletak di Singapore tidak cukup cepat untuk ukuran sebuah Virtual Machine dengan raihan tercepat hanya 11 detik untuk kecepatan 9323.5 KB/s atau 9.32 MB/s. Hal ini sanggup dimaklumi lantaran jauhnya jarak server test dengan server provider yang menimbulkan semakin tingginya Latency dan Redundancy apalagi kalau tidak didukung oleh network carrier atau network transit Tier 1 Internet yang baik.


Kesimpulan yang sanggup kita dapatkan sesudah mengetahui hasil test kecepatan server Digital Ocean, Linode dan Vultr tersebut diatas yaitu lokasi server memang memilih tingkat prestasi rasio kecepatan jaringan. Bagi calon pelanggan yang berdomisili di Indonesia tentu pilihan server Virtual Machine Digital Ocean di Singapore yaitu pilihan yang baik sebaliknya bagi calon pelanggan yang menginginkan ping rendah dari mesin pencari dan menginginkan speed terbaik pilihan Digital Ocean dan Vultr untuk server area Eropa sanggup dijadikan pertimbangan yang masuk akal.


Namun tentunya masih banyak faktor lain yang memilih kualitas sebuah provider Virtual Machine dan tidak hanya terpaku pada rasio kecepatan saja. Faktor harga dan spesifikasi teknis yang seimbang juga memainkan peranan penting bagi pengalaman meng-oprek Virtual Machine. Oleh lantaran itu pilihlah provider yang mempunyai price to value yang masuk logika dan sesuai kebutuhan.


Note:


Test kali ini tidak dilakukan untuk server yang ada di USA lantaran tidak semua provider Digital Ocean, Linode atau Vultr mempunyai server atau data center di kota yang sama sehingga test tidak sanggup neck to neck.



Sumber https://dionbarus.comm

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Test Kecepatan Server Digital Ocean, Linode Dan Vultr"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel