iklan

10 Taktik Pemasaran Produk

10 Strategi Pemasaran Produk – AkuntansiLengkap.com | Menjaga korelasi baik dengan memperhatikan dan melayani pelanggan yaitu kunci sukses pemasaran. Coba bayangkan dikala ada pelanggan yang ingin bertanya wacana produk , tetapi malah diacuhkan oleh si penjaga toko atau manajemen perusahaan ?  niscaya dengan atau tanpa peringatan konsumen akan balik kanan. ngeri

Menganggap konsumen sebagai rekan bisnis yang baik akan membuat  konsumen merasa akrab secara emosional sehingga tidak menutup kemungkinan konsumen akan loyal terhadap produk kita.

Berikut akan diulas mengenai teknik pemasaran produk yang baik dengan tujuan perusahaan sanggup mendapat laba yang optimal.

 Menjaga korelasi baik dengan memperhatikan dan melayani pelanggan yaitu kunci sukses pem 10 Strategi Pemasaran Produk

Strategi Pemasaran Produk


1. Tentukan Kebutuhan dan Keinginan Pelanggan

Untuk mengetahui kebutuhan konsumen sebaiknya dilakukan riset pemasaran lebih dulu yaitu melaksanakan pengamatan dan pengumpulan warta sederhana wacana produk dan jasa apa yang dibutuhkan, kapan produk / jasa itu diperlukan, siapa saja yang membutuhkan produk dan berapa jumlahnya, caranya dengan survey ataupun berbagi kuisioner kepada masyarakat.

2. Pilihlah Pasar Sasaran

 Ada tiga jenis pasar sasaran khusus, yaitu:

Pasar individual merupakan pasar yang menunjukkan layanan untuk memenuhi kebutuhan secara individual. Jenis pasar ini sangat cocok untuk perusahaan kecil dan menengah. (Baca juga: pasar uangpasar inputpasar monopolipasar oligopoli)

Pasar khusus yaitu pasar yang menunjukkan pelayanan untuk konsumen tertentu, contohnya petani, pegawai, pedagang dan sebagainya. Jenis pasar khusus sangat cocok untuk jenis perusahaan kecil. (Baca juga: pasar persaingan sempurnapasar persaingan monopolistik)

Pasar tersegmentasi adalah pasar yang menyediakan pelayanan khusus kelas konsumen tertentu,misalnya pelanggan kelas berpendapatan tinggi, berpendapatan sedang dan kelas pelanggan berpendapatan rendah. Konsumen juga dikelompokan berdasarkan geografis (desa, kota), demografis (usia, jenis kelamin, pendapatan, tingkat pendidikan) dan kelas / tingkat sosial, gaya hidup serta faktor perilaku.

3. Tetapkan Posisi Pasar

Setelah memilih segmentasi pasar, langkah selanjutnya yaitu memilih posisi yang ingin diduduki segmen tersebut. Menetapkan posisi pasar ialah memilih produk ditempat yang lebih jelas, dan memiliki karakteristik (keunggulan) sehingga sanggup menyebabkan hasrat terhadap produk tersebut dalam pikiran konsumen daripada produk sejenis yang lain. (Baca juga: retur penjualanretur pembelian)

4. Penetapan Strategi Penjualan dalam Persaingan

Perusahaan seharusnya siap untuk melaksanakan bauran pemasaran sebagai taktik dalam pengelolaan perusahaan. Bauran pemasaran merupakan kombinasi antara penawaran produk, penetapan harga, metode promosi, dan sistem distribusi untuk menjangkau kelompok konsumen tertentu.

5. Tentukan Strategi Penjualan yang Paling Tepat

Memilih taktik dengan menempatkan keempat bauran pemasaran, produk, harga, promosi, dan distribusi tadi.

Tahapan Program Penjualan


Untuk melaksanakan kegiatan penjualan harus dilakukan tahapan-tahapan sebagai berikut:

1. Persiapan Sebelum Penjualan

Di tahap ini kegiatannya yaitu dengan membekali tenaga penjualan dengan definisi produk yang akan dijual, pasar yang akan dituju, dan teknik penjualannya. Baca juga: pengertian modal (ekuitas)

2. Penentuan Lokasi Pembeli Potensial

Pada tahap ini kegiatannya yaitu memilih segmen pasar yang menjadi sasarannya. Pada tahap ini lah sanggup kita susun daftar calon pembeli bahkan pembeli potensial.

3. Pendekatan Pendahuluan

Hal berikut wajib dilakukan sebelum melaksanakan penjualan yaitu kita harus mengetahui kriteria wacana calon pembeli. Beberapa warta perlu dikumpulkan menyerupai kegemaran atau kesukaan konsumen atau wacana produk apa yang sedang dipakai dan bagaimana reaksinya, yang demikian itu merupakan pendekatan pendahuluan terhadap pasarnya. (Baca juga: Dokumen stock opname )

4. Melakukan Penjualan

Pendekatan pendahuluan dilakukan untuk membangun korelasi emosional kepada konsumen dan menghipnotis mereka untuk mencapai tujuan selesai yaitu pembelian.

5. Pelayanan Sesudah penjualan (Purna jual)

Transaksi bisnis yang baik bahwasanya tidak hanya berakhir dikala pembeli membeli produk kita, pada beberapa produk yang tahan usang (televisi, kendaraan bermotor, barang elektronik lainnya), sesudah pembelian, perusahaan / produsen harus menunjukkan pelayanan purna jual. Pelayanan purna jual yaitu layanan yang diberikan sesudah pembelian contohnya menyerupai garansi, promo service gratis, konsultasi dll.

Semoga artikel 10 Strategi Pemasaran Produk diatas sanggup memberi solusi atas pemasaran anda, dan terima kasih banyak atas kunjungannya .

Kunjungi juga artikel terbaru:

  1. Tujuan dan Fungsi Strategi Pemasaran Ringkas dan Jelas
  2. Pengertian, Fungsi, Unsur dan Rumus Persamaan Dasar Akuntansi
  3. 3 Jenis Strategi Pemasaran dan Contoh “Lengkap”
  4. Pengertian Riset Pemasaran : Tujuan, Metode dan Objek
  5. Pengertian Bauran Pemasaran dan 7 Variabel

Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Taktik Pemasaran Produk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel