iklan

Memahami Perbedaan Pemasaran Dan Penjualan

Kebanyakan orang melihat bahwa pemasaran dan penjualan yaitu hal yang sama Memahami Perbedaan Pemasaran Dan PenjualanKebanyakan orang melihat bahwa pemasaran dan penjualan yaitu hal yang sama. Sahabat PoBis mungkin ada yang beropini demikian, itu hal yang wajar. Karena memang pemasaran dan penjualan adalah dua hal yang serupa tetapi tidak sama. Demikian filosofi untuk memahami perbedaan pemasaran dan penjualan. Karena sekilas keduanya mempunyai sasaran yang sama yakni produk terjual dan hingga di tangan konsumen sehingga produsen mendapat keuntungan dari produk yang terjual. Tetapi untuk memahami lebih baik perbedaan pemasaran dan penjualan terang perlu pendalaman yang lebih baik.


Kita tak sanggup menyamakan secara utuh pemahaman akan pemasaran dengan penjualan. Karena ada beberapa aspek yang menyebabkan fokus dan sasaran dari kedua kegiatan ini berbeda. Bahkan sebenarnya, muara dari keberhasilan sebuah sistem pemasaran berbeda dengan acara penjualan dengan cakupan yang berbeda satu denga yang lain.


Namun sayangnya, kebanyakan orang menyamaratakan keduanya begitu saja. Penyamarataan ini dikarenakan banyaknya salah tafsir dari banyak pelaku perjuangan terhadap pemasaran dan penjualan. Sehingga membuat kerancuan dalam prakteknya.













PemasaranPenjualan
 Jangka Panjang


Goal: Membangun kekerabatan nyata dengan konsumen, membangun merk dan positioning.


Fokus pada produk, apakah produk menjangkau konsumen.

Jangka Pendek


Goal: Terjadinya penjualan


Fokus pada orang (Sales Person), apakah sales sanggup menjangkau konsumen.


Pemasaran yaitu sebuah kegiatan besar dalam perusahaan yang menjalankan acara jangka panjang untuk meningkatkan penjualan, meningkatkan kepuasan dan menjalin kekerabatan nyata dengan konsumen dalam jangka panjang.


Artinya dari citra di atas, penjualan yaitu satu potongan kecil dari keseluruhan kegiatan pemasaran. Dalam penjualan sasaran utama yaitu produk terjual dengan parameter utama yaitu tingkat penjualan yang berhasil dicapai.


Tidak penting apakah penjualan ini akan berjalan untuk jangka panjang, akan berulang atau kesudahannya berhenti hingga di situ. Karena dalam penjualan sasaran yang ditentukan bersifat jangka pendek. Dimana tenaga penjual atau seller (sales) harus mencapai sasaran penjualan pada angka tertentu.


Inilah salah satu aspek perbedaan pemasaran dan penjualan. Karena dalam pemasaran sasaran yang harus dicapai cenderung lebih kompleks. Tenaga pemasar tidak hanya berkepentingan menjual produk, tetapi membuat konsumen terpuaskan dengan produk tersebut, mendapat input yang nyata wacana produk dan kesudahannya terjalin kekerabatan nyata antara konsumen dengan produk dan perusahaan, dimana konsumen beralih menjadi pelanggan dan pelanggan setia.


Muara dari pemasaran bukan sekedar jurnal penjualan atau laporan keuntungan rugi. Bukan pula grafik penjualan yang meningkat sebagaimana dalam kegiatan penjualan. Tetapi bagaimana mendapat estimasi nyata bahwa di tahun berikutnya dan tahun-tahun selanjutnya akan ada progress dalam tingkat penjualab.


Mungkin kami akan coba analogikan dalam citra sederhana berikut. Pernahkah Anda didatangi SPG? Pada perusahaan rokok, kebanyakan SPG bersifat musiman, dimana mereka tiba pada satu event, mengatakan produk dengan banyak sekali gaya hingga kesudahannya pembeli tertarik dan membeli. Sampai di situ kiprah mereka, sementara parameter penilaian terhadap kinerja pasukan SPG rokok ini hanya berdasar tingkat penjualan yang mereka capai pada event bersangkutan.


Berbeda dengan SPG susu bayi yang biasa Anda jumpai ketika Anda berbelanja di supermarket. Mereka tidak hanya menjelaskan pada Anda secara ilmiah apa yang menjadi keunggulan susu bersangkutan, kenapa bayi Anda harus mengkonsumsi susu merek tersebut dan lain sebagainya. Mereka juga mencatat data pribadi Anda, yang sesudah beberapa ahad dan bulan Anda akan dihubungi secara pribadi untuk memastikan adakah Anda masih memakai susu merek bersangkutan.


Bila beberapa kali Anda dihubungi dan Anda masih memakai merek susu tersebut, biasanya SPG bersangkutan akan menyambangi Anda secara pribadi, memastikan produk susu tersebut memang dipakai eksklusif di rumah Anda. Dan mereka siap dengan sebuah hadiah kecil sebagai ucapan terimakasih sebab Anda setia dengan produk mereka. Di dikala ini pula Anda akan diminta mengisi quisioner untuk memberi masukan soal produk.


Parameter keberhasilan dari pasukan SPG susu bukan berhenti hingga pada titik terjualnya susu yang mereka tawarkan. Tetapi sejauh mana kesanggupan mereka dalam membangun kekerabatan nyata dengan konsumen dan membuat pelanggan setia.


Anda sanggup lihat perbedaan pemasaran dan penjualan dari dua pola di atas. Pada pola pertama SPG rokok, itulah penjualan. Sedang pada SPG susu, inilah yang dimaksud dengan teknik pemasaran. Meski pada SPG susu penjualan juga menjadi titik parameter keberhasilan, tetapi sasaran mereka tidak berhenti di situ, mereka masih harus menemukan sebanyak mungkin pelanggan setia untuk produk mereka.


Dengan citra di atas, kami harap  sekarang Anda menjadi lebih gampang untuk memahami perbedaan pemasaran da penjualan?


sumber gambar: vanillasoft.com



Sumber https://www.pojokbisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Memahami Perbedaan Pemasaran Dan Penjualan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel