iklan

Rumus Formula Excel Offset Dan Contohnya

Formula Excel OFFSET ialah fungsi (function) yang dipakai untuk menciptakan rujukan sel menjadi sebuah range sel yang diidentifikasi menurut banyaknya baris dan kolom dari suatu titik contoh yang merupakan pergeseran sel reference. Formula Excel OFFSET banyak dipakai dalam perhitungan data dalam jumlah banyak. Sehingga dikala data bertambah atau berkurang, kita hanya merubah formula ukuran OFFSET untuk melaksanakan perhitungan. Fundamental OFFSET memakai sumbu garis bilangan khusus yang sanggup diilustrasikan pada sistematika penulisan formula OFFSET ialah sebagai berikut.

A. Sistematika  Penulisan Formula OFFSET

=OFFSET(reference, rows, cols, [height], [width])
  • reference adalah sebuah sel atau range yang dijadikan titik utama formula OFFSET.
  • rows adalah pergeseran baris sel reference. Angka faktual berarti pergeseran titik ke bawah, angka negatif pergeseran titik ke atas dan angka 0 berarti tanpa pergeseran.
  • cols adalah pergeseran kolom sel reference. Angka faktual berarti pergeseran titik ke kanan, angka negatif berarti pergeseran ke kiri dan angka 0 berarti tanpa pergeseran.
  • [height] dan [width] adalah ukuran range yang terbentuk, [height] ialah banyak baris range dan [width] ialah banyak kolom range.

PENTING: Penggunaan koma (,) atau semicolon (;) dalam FORMULA disesuaikan dengan versi Microsoft Excel dan konfigurasi bahasa pada komputer anda.

B. Fundamental Titik Acuan OFFSET

Berikut gambaran pergeseran reference menjadi titik contoh dengan C7 sebagai sel reference.

 yang dipakai untuk menciptakan rujukan sel menjadi sebuah range sel yang diidentifikasi b Rumus Formula Excel OFFSET dan Contohnya
Cara Menentukan titik contoh OFFSET

Terlihat pada gambaran di atas, titik C7 (reference) menjadi sentra sumbu (0,0). Dengan rows sebagai titik pergeseran baris dan cols sebagai titik pergeseran kolom. Misalnya akan diambil sel biru yang berisi data teks “Contoh”, sanggup diilustrasikan sebagai berikut.

 yang dipakai untuk menciptakan rujukan sel menjadi sebuah range sel yang diidentifikasi b Rumus Formula Excel OFFSET dan Contohnya
Cara memakai rumus OFFSET pada Excel
=OFFSET(C7,4,1)

C. Ukuran Range Terbentuk

Fungsi OFFSET membentuk range dengan ukuran [height] x [width], dimana [height] dihitung dari titik contoh ke bawah dan [width] dihitung dari titik contoh ke kanan.

Contoh rumus Excel Offset digabungkan dengan SUM:

Akan dicari penjumlahan kedua range berikut dengan memakai reference C7.

 yang dipakai untuk menciptakan rujukan sel menjadi sebuah range sel yang diidentifikasi b Rumus Formula Excel OFFSET dan Contohnya
Cara melaksanakan penjumlahan SUM dengan OFFSET

Dapat diketahui untuk menghitung range hijau yang berukuran 4×1 dengan melaksanakan pergeseran 2,-1

=SUM(OFFSET(C7,2,-1,4,1))

Dapat diketahui pula untuk menghitung range kuning yang berukuran 3×2 dengan melaksanakan pergeseran -3,2

=SUM(OFFSET(C7,-3,2,3,2))

Baca juga tutorial lainnya: Daftar Isi Tutorial Excel


Sekian artikel Rumus Formula Excel OFFSET dan Contohnya. Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai Fans Page Advernesia. Terima kasih…


Sumber https://www.advernesia.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rumus Formula Excel Offset Dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel