iklan

Contoh Soal Torsi Lengkap Dengan Pembahasannya

Momen gaya merupakan besaran yang dipengaruhi oleh gaya dan lengan kuasa atau lengan torsi. Lengan torsi sebuah gaya didefinisikan sebagai panjang garis yang ditarik di titik sumbu rotasi hingga memotong tegak lurus garis kerja gaya. Coba perhatikan gambar di atas, untuk memutar baut diharapkan lengan kuasa d dan gaya F. Momen gaya didefiniskan sebagai hasil kali silang antara lengan gaya d dan gaya F, atau 

Ï„ = d x F

Sedangkan besar momen gaya didefinisikan sebagai hasil kali antara gaya yang bekerja dengan lengan yang saling tegak lurus. Bagaimana kalau membutuhkan sudut tertentu (α)? Besarnya sanggup memenuhi persamaan berikut.

τ = d . sin α . F

atau 

τ = d F sin α

Gaya dorong F diberikan pada kunci dengan membentuk sudut α terhadap arah mendatar. Semakin besar gaya yang diberikan, semakin cepat baut itu berputar. Semakin besar jarak baut dari daerah gaya bekerja, maka semakin besar momen gaya sehingga baut tersebut lebih gampang berputar. 




Contoh Soal Torsi Lengkap Dengan Pembahasannya


Dua orang anak menaiki jungkat jungkit. Anak A masanya 32 kg menaiki jungkat jungkit sebelah kanan dengan jarak 2 m dari titik tumpu, sedangkan anak B masanya 38 kg menaiki sebelah kiri yang jaraknya 1,8 m dari titik tumpu. Jika kita anggap percepatan gravitasi di lokasi tersebut yakni 10 m/s2, berapa torsi masing masing anak? Berapa torsi totalnya? Ke mana arah putaran jungkat jungkit? 


Penyelesaian: 




Jika kita misalkan anak A yang bermassa 32 kg menjadikan torsi A (Ï„A) dan anak B bermassa 38 kg menimbulkan torsi B (Ï„B) maka: 


Ï„A = d.F = d.w = dmg 

Ï„A = (2 m)(32 kg)(10 m/s2) 

Ï„A = 640 kgm2/s2 

Ï„B = d.F = d.w = dmg 

Ï„B = (1,6 m)(38 kg) (10 m/s2) 

Ï„B = 608 kgm2/s2 


Torsi pada anak A akan menciptakan jungkat jungkit bergerak berlawanan arah jarum jam maka torsinya bernilai positif, sedangkan torsi pada anak B menciptakan jungkat-jungkit bergerak searah jarum jam maka torsinya bernilai negatif. Maka besar torsi total yakni : 

Τtotal = Ï„A – Ï„B 

Τtotal = (640 kgm2/s2) – (608 kgm2/s2) 

Τtotal = 32 kgm2/s2 

Karena nilai total torsinya faktual maka arah putarannya berlawanan arah jarum jam.


( sumber : aciknadzirah.blogspot.com/search?q=pengertian-dan-contoh-soal-momen-gaya-torsi )





Itulah beberapa pola soal mengenai torsi untuk anda pelajari. Anda sanggup memperbesar dan memperluas pengetahuan anda dengan mempelajari dan mengerjakan kembali soal - soal yang ada di atas. Dengan demikian, pemahaman anda akan terus meningkat. Selamat Belajar !!

Sumber http://www.contohsoaljawab.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Soal Torsi Lengkap Dengan Pembahasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel