iklan

Makalah Sepak Bola



KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah SWT yang mana telah memperlihatkan saya kesehatan dan kesempatan sehingga saya bisa menuntaskan makalah yang berjudul OLAHRAGA DAN KESEHATAN  ini .
Saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Ilham selaku Guru Olahraga yang telah memperlihatkan saya kesempatan untuk menyusun serta menuntaskan makalah ini.
Makalah ini berisi perihal beberapa jenis olahraga di dunia beserta teknik-teknik permainannya. Juga membahas perihal  manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh.
Semoga  makalah ini sanggup bermanfaat  bagi siapa  saja  yang  membacanya. Dan saya memohon  kritik serta saran yang sanggup membangun untuk perbaikan kedepannya.


Lhokseumawe, 10 Februari 2013


DAFTAR ISI

Kata Pengantar………………………………………………………………..……..        i
Daftar Isi ……………………………………………………………………..……...        ii
BAB I : PENDAHULUAN
1.1   Latar Belakang ………………………………………………..…………       1
1.2   Rumusan Masalah …………………………………………………..…..        2
1.3   Tujuan Penulisan …………………………………………………….......       2
1.4   Manfaat Penulisan ………………………………………………..……..       2
BAB II : LANDASAN TEORI
2.1   Sejarah Sepak Bola …………………………………...………….…….         3
2.2   Sejarah Bola Voli… …………………………………...………….…….        4
2.3   Sejarah Bola Basket …………………………………...………….…….        5
2.4   Sejarah Badminton …………………………………...………….…….         6
2.5   Sejarah Atletik …… …………………………………...………….…….       6
BAB III : PEMBAHASAN
3.1   Olahraga Sepak Bola …………………………………………….……....      7
3.2   Olahraga Bola Voli……………………………………………….……....      9
3.3   Olahraga Bola Basket…………………………………………….……....      14
3.4   Olahraga Badminton …………………………………………….……....       15
3.5   Olahraga Atletik ………………………………………………….……....     17
3.6   Manfaat Olahraga bagi Kesehatan ……………….…………….……....         21

BAB IV : KESIMPULAN dan SARAN
4.1   Kesimpulan ……………………………………...………………………..     23
4.2   Saran ……………………………………………………………………...     23
DAFTAR PUSTAKA ………………………………...……………………….............    24


BAB I
PENDAHULUAN

1.1     Latar Belakang
Olahraga merupakan alat untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan fungsional jasmani, rohani dan sosial. Struktur anatomis-anthropometris dan fungsi fisiologisnya, stabilitas emosional dan kecerdasan intelektualnya maupun kemampuannya bersosialisasi dengan lingkungannya aktual lebih unggul khususnya pada generasi muda yang aktif mengikuti kegiatan Olahraga dari pada yang tidak aktif mengikutinya.
Olahraga yaitu serangkaian gerak raga yang teratur dan berkala untuk memelihara gerak dan meningkatkan kemampuan gerak (meningkatkan kualitas hidup). Seperti halnya makan, Olahraga merupakan kebutuhan hidup yang sifatnya periodik; artinya Olahraga sebagai alat untuk memelihara dan membina kesehatan, tidak sanggup ditinggalkan. Olahraga merupakan alat untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan jasmani, rohani dan sosial.
Olahraga terdiri dari banyak sekali jenis dan sanggup dilakukan dengan cara apa saja, mulai dari yang ringan ibarat jogging, hingga yang  berat ibarat Lari Maraton. Beberapa jenis olahraga juga sanggup dilombakan dimana perlombaannya mempunyai aturan-aturan main yang dilarang dilanggar.
Walaupun olahraga itu penting, tetapi masih banyak orang yang belum menyadarinya. Banyak penyakit yang bersumber dari pola hidup yang salah, ibarat kurang bergerak dan berolahraga, serta kurang istirahat dan lupa makan. Orang-orang beralasan, mereka terlalu sibuk untuk berolahraga. Padahal olahraga sangat dibutuhkan. Olahraga juga sanggup menghilangkan stres. Yoga misalnya, olahraga ini sanggup mengakibatkan ketenangan batin.

1.2     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalahnya yaitu sebagai berikut :
1.      Apa saja jenis-jenis olahraga dan bagaimana teknik permainannya?
2.      Bagaimana hubungan olahraga dengan kesehatan?

1.3     Tujuan Penulisan
Untuk mengetahui dan memahami lebih dalam beberapa  jenis olahraga dan bagaimana hubungannya dengan kesehatan kita.

1.4     Manfaat Penulisan
Dengan menyusun goresan pena ini, saya menjadi tahu jenis-jenis olahraga dan bagaimana teknik-teknik permainannya. Saya juga menjadi lebih paham bahwa olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan jasmani dan rohani.


BAB II
LANDASAN TEORI

2.1     Sejarah Sepak Bola
Sepakbola yaitu hasil proses panjang peradaban yang bisa ditelusuri di banyak tempat di bumi semenjak sebelum Masehi. Permainan bola itu sudah amat tua. Era Mesir purba, misalnya, sudah mengenal bola dengan kain linen. Ini masih tersimpan di museum Inggris. Berbagai relief dinding di museum menunjukkan, permainan bola juga sudah dikenal di peradaban Yunani purba disebut episcuro.
(Sumber: )

Pada relief itu terlukis anak muda memegang bola bulat dan memainkannya dengan paha. Sekitar era kedua, episcuro hijrah ke Roma dan peradaban Romawi menyebutnya harpastum. Konon Julius Caesar suka permainan itu. Tapi Horatius dan Virgilius meremehkannya. Ovidius menyebut permainan itu brutal berangasan mendekati biadab, maka tak cocok buat perempuan. Sampai era ke-9 para intelektual era Yunani-Romawi tak sudi menyebut-nyebut permainan bola, alasannya yaitu dianggap tidak bermutu. 
(Sumber: )


Tapi politik kolonial Romawi dalam rangka meluaskan kekuasaannya membawa serta permainan itu, sebagai “barang’’ sampingan, ke Eropa luar daratan alias Inggris. Jadi, bahkan hanya dalam bingkai Eropa dan sekitarnya, bola itu ternyata budaya impor bagi Inggris.
(Sumber: )


2.2     Sejarah Bola Voli
William G. Morgan  adalah tokoh asal Amerika Serikat yang dikenal sebagai pencipta olahraga bola voli. Morgan muda kuliah di Springfield College yang dikelola YMCA (Young Men’s Christian Association). Di sana ia bertemu dengan James Naismith yang pada tahun 1891 membuat olahraga bola basket. Setelah lulus, pada tahun 1895 ia mulai bekerja sebagai Direktur Pendidikan Jasmani di YMCA di Massachusetts. Di sana ia membuat permainan berjulukan Mintoinette yang dirancang tidak seberat basket supaya cocok dimainkan orang-orang yang lebih tua.
(Sumber: )

Perubahan nama Mintonette menjadi volleyball (bola voli) terjadi pada pada tahun 1896, pada demonstrasi pertandingan pertamanya di International YMCA Training School. Dalam kesempatan itu, Morgan juga menjelaskan bahwa permainan tersebut yaitu permainan yang sanggup dimainkan di dalam maupun di luar ruangan dengan sangat leluasa.
(Sumber: )
Atas saran dari Profesor Alfred T. Halstead yang juga menyaksikan dan memperhatikan demonstrasi serta klarifikasi Morgan, nama Mintonette-pun bermetamorfosis Volleyball (bola voli). Nama Volleyball dipilih menurut gerakan-gerakan utama yang terdapat pada permainan tersebut, yaitu gerakan memukul bola sebelum bola tersebut jatuh ke tanah (volley). (Sumber: )


2.3     Sejarah Bola Basket
Basket dianggap sebagai olahraga unik alasannya yaitu diciptakan secara tidak sengaja oleh seorang guru olahraga. Pada tahun 1891, Dr. James Naismith, seorang guru Olahraga asal Kanada yang mengajar di sebuah perguruan tinggi tinggi untuk para siswa profesional di YMCA di Springfield, Massachusetts, dia membuat suatu permainan di ruang tertutup untuk mengisi waktu para siswanya pada masa liburan trend hambar di New England. Karena terinspirasi dari permainan yang pernah ia mainkan ketika kecil di Ontario, Dr. James Naismith membuat permainan yang kini dikenal sebagai bola basket pada tanggal 15 Desember1891. (Sumber: )

Pertandingan resmi bola basket yang pertama, diselenggarakan pada tanggal 20 Januari 1892 di tempat kerja Dr.James Naismith. Basket yaitu sebutan yang diucapkan oleh salah seorang muridnya. Olahraga ini pun menjadi segera terkenal di seantero Amerika Serikat. Penggemar fanatik ditempatkan di seluruh cabang di Amerika Serikat. Pertandingan demi pertandingan pun segera dilaksanakan di kota-kota di seluruh negara serpihan Amerika Serikat.
2.4     Sejarah Badminton
Bulutangkis meskipun dikenal sebagai permainan yang dilahirkan di Poona India, dipopulerkan di Inggris sehabis dia menjadi permainan orang kelas atas. Nama bulu tangkis sendiri diambil dari nama wilayah tanah pertanian milik darah biru Inggris, kemudian ini yang menjadi nama ajang pertandingan. Di Indonesia permainan ini diduga masuk lewat orang Eropa yang membawanya ketika mereka tiba ke mari. Indonesia sendiri mulai berkiprah di tingkat internasional ketika Tan Joe Hol menjadi juara All England tahun 1957. (Sumber: )

2.5     Sejarah Atletik
Atletik yaitu cabang olahraga yang mendasari dari semua cabang olargara yang lain, Atletik mempunyai karakteristik gerakan yang paling dasar yang menjadi kebiasaan kita sehari-hari ibarat teladan : Berjalan, berlari, melompat dan melempar. Gerakan-gerakan tersebut yaitu gerakan alami.
(Sumber: )

Kata atletik berasal dari bahasa Yunani "athlon" yang berarti "kontes". Atletik merupakan cabang olahraga yang diperlombakan pada olimpiade pertama pada 776 SM. Induk organisasi untuk olahraga atletik di Indonesia yaitu PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia). (Sumber: )




BAB III
PEMBAHASAN

3.1     Olahraga Sepak Bola
Sepak bola yaitu salah satu olahraga yang sangat terkenal di dunia. Dalam pertandingan, olahraga ini dimainkan oleh dua kelompok berlawanan yang masing-masing berjuang untuk memasukkan bola ke gawang kelompok lawan. Masing-masing kelompok beranggotakan sebelas pemain, dan hasilnya kelompok tersebut juga dinamakan kesebelasan. Sang penjaga gawang diperbolehkan untuk mengambil bola dengan tangan atau lengannya di dalam kotak penalti di depan gawangnya.
Wasit yang memimpin pertandingan sejumlah 1 orang dan dibantu 2 orang sebagai hakim garis. Kemudian dibantu wasit cadangan yang membantu apabila terjadi pergantian pemain dan mengumumkan komplemen waktu.
Lama permainan sepak bola normal yaitu 2×45 menit, ditambah istirahat selama 15 menit (kadang-kadang 10 menit). Jika kedudukan sama imbang, maka diadakan perpanjangan waktu selama 2×15 menit, hingga didapat pemenang, namun kalau sama kuat maka diadakan laga penalti.
Peraturan resmi sepak bola adalah:
• Offside
• Pelanggaran
• Tendangan Bebas
• Tendangan penalti
• Lemparan Dalam
• Tendangan Gawang
• Tendangan Sudut
Untuk bermain bola dengan baik, pemain dibekali dengan teknik dasar yang baik. Pemain yang mempunyai teknik dasar yang baik cenderung sanggup bermain sepakbola dengan baik pula. Beberapa teknik dasar yang perlu dimiliki pemain sepakbola yaitu :
1.         Menendang ( kicking )
Menendang bola merupakan salah satu karakteristik permainan sepakbolayang paling dominan. Tujuan utama menendang bola yaitu untuk mengumpan ( passing ), dan menembak kearah gawang ( shootig at the goal ). Dilihat dari perkenaan serpihan kaki ke bola, menendang dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu Menendang dengan kaki serpihan dalam, Menendang dengan kaki serpihan luar, dan menendang dengan punggung kaki.

2.         Menghentikan Bola ( Stopping )
Menghentikan bola merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan sepakbola yang penggunaanya bersamaan dengan teknik menendang bola. Tujuan menghentikan bola yaitu untuk mengontrol bola, yang termasuk didalamnya yaitu untuk mengatur tempo permainan, mengalihkan laju permainan, dan memudahkan untuk passing.

3.         Menggiring Bola
Pada dasarnya menggiring bola yaitu menendang terputus – putus atau pelan, oleh hasilnya serpihan kaki yang dipergunakan dalam menggiring bola sama dengan serpihan kaki yang dipergunakan untuk menendang bola. Menggiring bola bertujuan antara lain untuk mendekati jarak kesasaran, melewati lawan, dan menghambat permainan.

Adapun taktik yang digunakan oleh sebuah tim selalu berubah tergantung dari kondisi yang terjadi selama permainan berlangsung. Pada pada dasarnya ada tiga taktik yang digunakan yaitu bertahan, menyerang, dan normal.


3.2      Olahraga Bola Voli
Teknik dasar permainan bola voli :
1.         Servis
Teknik dasar pertama yang dikenal dalam permainan bola voli yaitu teknik melaksanakan servis. Secara sederhana, teknik servis pada bola voli yaitu pemain berdiri di belakang garis belakang lapangan, melemparkan bola ke udara, kemudian memukul bola tersebut ke arah lapangan atau area lawan. Meskipun terdengar sederhana, namun pada pelaksanaan teknik ini juga ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian.

Tujuan melaksanakan servis yaitu semaksimal mungkin mengarahkan dan menjatuhkan bola pada area lawan yang kosong atau terlihat lemah, sehingga tidak sanggup diterima oleh tim lawan. Atau, mengarahkan bola ke area lawan dengan keras dan kecepatan yang tinggi, sehingga tim lawan tidak bisa menahan atau mengendalikannya, dan dibutuhkan bola tersebut akan keluar lapangan sehabis tersentuh pemain lawan.




Teknik servis dalam  permainan bola voli telah berkembang menjadi 9 macam, yaitu:
a.       Underhand dan Overhand Serve (Servis atas dan servis bawah)
Underhand serve yaitu melaksanakan servis atau memukul bola dari bawah, yaitu pada ketinggian sekitar area pinggang pemain. Underhand serve ini merupakan salah satu teknik servis yang termudah, dan juga sebagai salah satu servis yang sangat gampang diterima oleh tim lawan. Maka dari itu, teknik Underhand serve ini jarang sekali digunakan pada kejuaraan tingkat tinggi.

Sedangkan Overhand serve yaitu teknik servis yang dilakukan dari atas, yaitu dengan cara melemparkan bola ke udara kemudian memukulnya sehabis bola tersebut kembali turun mencapai ketinggian di atas pundak pemain.

b.      Sky Ball Serve
Sky ball serve yaitu sejenis teknik servis underhand yang biasa dipergunakan dalam permainan bola voli pantai. Dalam Sky ball serve, hasil pemukulan bola (servis) dibentuk melambung sangat tinggi, dan kemudian bola tersebut akan turun kembali dengan gerakan yang hampir membentuk garis lurus. Saat ini, jenis teknik servis tersebut sudah dianggap sangat kuno, sehingga sangat jarang dipergunakan lagi.

c.       Line dan Cross_Court serve
Untuk membedakan kedua jenis servis ini sanggup dilihat dari arah gerakan bola yang menyeberang ke area lawan. Dalam hal ini, arah gerakan bola sanggup dibedakan menjadi dua, yaitu menyilang dan lurus sejajar dengan garis memanjang pada lapangan bola voli.


d.      Top Spin
Top Spin merupakan salah satu jenis Underhand serve. Dalam teknik servis ini, bola yang dipukul mengenai serpihan telapak tangan sekaligus pergelangan tangan. Dengan teknik ini, bola akan melesat ke area lawan dengan berputar. Putaran tersebut akan membuat bola melesat dan jatuh ke area lawan dengan cepat, tajam, dan keras.

e.       Floater
Teknik servis Floater sanggup dilakukan dengan cara melompat maupun hanya dengan berdiri saja. Pada jenis teknik Overhand serve ini, bola yang dipukul tidak berputar. Servis akan melesat ke area lawan tanpa gerakan berputar pada bola. Meskipun demikian, teknik servis ini akan menghasilkan gerakan bola yang tidak sanggup diprediksi oleh tim lawan.

f.       Jump Serve
Teknik Jump serve ini yaitu salah satu jenis teknik servis yang paling terkenal dan paling banyak digunakan di kalangan tim bola voli tingkat perguruan tinggi tinggi maupun profesional. Teknik Jump serve ini juga masih termasuk dalam kategori teknik Overhand serve. Pemain yang akan melaksanakan Jump serve akan melempar bola tinggi ke udara, sehabis sebelumnya melaksanakan persiapan di luar garis belakang lapangan.

g.      Jump Float
Salah satu jenis servis yang juga terkenal di kalangan pemain bola voli tingkat perguruan tinggi tinggi dan profesional yaitu Jump float. Teknik Jump float ini hampir sama dengan teknik Jump serve dan floater. Pada teknik ini, pemain akan melempar bola ke udara dengan ketinggian yang lebih rendah dari teknik Top spin jump serve. Sedangkan kontak dengan bola (pemukulan) tetap dilakukan di udara.
h.      Round-House Serve
Pada teknik Round-House serve, pemain yang akan melaksanakan servis berdiri di luar garis belakan lapangan, dengan posisi salah satu pundak menghadap ke arah net. Setelah itu, bola dilempar tinggi ke udara dan dipukul dengan menggunakan gerakan lengan yang berputar dengan cepat. Pemukulan pada bola dilakukan dengan menggunakan telapak tangan. Hal ini akan memperlihatkan hasil servis dengan putaran bola yang tinggi.

i.        Hybrid Serve
Salah satu kategori teknik Overhand serve yang lain yaitu Hybrid serve. Pada dasarnya, teknik Hybrid serve sama dengan teknik Top spin serve. Teknik Hybrid serve ini juga akan menghasilkan servis dengan arah gerakan yang sangat sulit untuk diprediksi oleh tim lawan.

2.         Pass/Passing
Salah satu teknik dasar dan vital yang lain, yang juga wajib dikuasai oleh setiap pemain bola voli yaitu teknik pass. Tanpa adanya penguasaan teknik pass yang baik, maka sebuah tim tidak akan bisa menghadapi pertandingan dengan baik. Karena, pass yaitu langkah awal yang akan memilih kemampuan sebuah tim untuk bertahan dan melaksanakan penyerangan. Dengan adanya penguasaan teknik pass yang baik, maka seorang setter akan lebih gampang dalam menyesuaikan arah dan tinggi bola yang akan diset. Dengan demikian, sang attacker-pun akan sanggup melaksanakan spike secara maksimal.

Pass yang baik, bukanlah pass yang hanya bisa mencegah bola supaya tidak jatuh atau menyentuh area timnya, tetapi juga harus bisa mencapai posisi setter dengan arah yang tepat, serta dengan gerakan dan kecepatan yang stabil. Dengan demikian, sang setter dan attacker akan bisa membuat banyak sekali variasi serangan dengan mudah.
3.         Smash
Proses melaksanakan smash sanggup dibagi menjadi :
a.    Awalan
Berdiri dengan salah satu kaki dibelakang sesuai dengan kebiasaan individu (tergantung smasher normal atau smasher kidal). Langkahkan kaki satu langkah kedepan (pemain yang baik, sanggup mengambil ancang-ancang  sebanyak 2 hingga 4 langkah), kedua lengan mulai bergerak kebelakang, berat tubuh berangsur-angsur merendah untuk membantu tolakan.

b.   Tolakan
Langkahkan kaki selanjutnya, hingga kedua telapak kaki hampir sejajar dan salah satu kaki agak kedepan sedikit untuk mengerem gerak kedepan dan sebagai persiapan meloncat kearah vertical. Ayunkan kedua lengan kebelakang atas sebatas kemampuan, kaki ditekuk sehingga lutut membuat sudut ±110º, tubuh siap untuk meloncat dengan berat tubuh lebih banyak bertumpu pada kaki yang didepan.

c.    Meloncat
Mulailah meloncat dengan tumit & jari kaki menghentak lantai dan mengayunkan kedua lengan kedepan atas ketika kedua kaki mendorong naik keatas. Telapak kaki, pergelangan tangan, pinggul dan batang tubuh digerakkan harmonis merupakan rangkaian gerak yang sempurna. Gerakan eksplosif dan loncatan vertikal.



d.   Memukul Bola
Jarak bola didepan atas sejangkauan lengan pemukul, segera lecutkan lengan kebelakang kepala dan dengan cepat lecutkan kedepan sejangkauan lengan terpanjang dan tertinggi terhadap bola. Pukul bola secepat dan setinggi mungkin, perkenaan bola dengan telapak tangan tepat diatas tengah bola serpihan atas. Pergelangan tangan aktif menghentak kedepan dengan telapak tangan dan jari menutup bola. Setelah perkenaan bola lengan pemukul membuat gerakan lanjutan kearah garis tengah tubuh dengan diikuti gerak tubuh membungkuk.

e.    Mendarat
Mendarat dengan kedua kaki mengeper. Lutut elastis ketika mendarat untuk meredam perkenaan kaki dengan lantai, mendarat dengan jari² kaki (telapak kaki serpihan depan) dan perilaku tubuh condong kedepan. Usahakan tempat mendarat kedua kaki hampir sama dengan tempat ketika meloncat.

3.3     Olahraga Bola Basket
Bola basket yaitu olahraga bola berkelompok yang terdiri dari dua tim yang beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang milik lawan. Bola basket sangat cocok untuk ditonton alasannya yaitu bisa dilakukan di ruang  terbuka dan di ruang tertutup dan hanya memerlukan lapangan yang relatif kecil. Selain itu, bola basket gampang dipelajari alasannya yaitu bentuk bolanya yang besar, sehingga tidak menyulitkan pemain ketika memantulkan atau melempar bola tersebut.

Wasit yang memimpin terdiri dari 2 orang yang selalu berganti posisi. Waktu bermain yang resmi yaitu 2 x 20 menit, tidak termasuk masa istirahat 10 menit, time out, dua kali untuk masing-masing regu tiap babak selama 1 menit, ketika pergantian pemain dan atau peluit dibunyikan wasit alasannya yaitu bola ke luar lapangan atau terjadi pelanggaran/kesalahan ibarat foul dan travelling. Apabila dalam pertandingan resmi (bukan pertandingan persahabatan) terjadi pengumpulan angka sama, waktu diperpanjang sekian babak (tiap 5 menit) hingga terjadi perbedaan angka.

Secara garis besar permainan bola basket dilakukan dengan mempergunakan tiga unsur teknik yang menjadi pokok permainan, yaitu : menggiring bola (dribbling), mengoper dan menangkap bola (pasing and catching), serta menembak (shooting). Ketiga unsur teknik tersebut berkembang menjadi beberapa teknik lanjutan yang memungkinkan permainan bola basket hidup dan bervariasi.


3.4     Olahraga Badminton
Bulutangkis atau bulu tangkis yaitu suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang atau dua pasangan yang berlawanan. Mirip dengan tenis, bulutangkis dimainkan dengan pemain di satu sisi bertujuan memukul bola permainan (shuttlecock) melewati net supaya jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan.

Ada lima partai yang biasa dimainkan dalam bulutangkis, yaitu sebagai berikut :
a.          Tunggal putra
b.         Tunggal putri
c.          Ganda putra
d.         Ganda putri
e.          Ganda adonan

Teknik dasar bermain bulu tangkis yaitu :
1.    Pegangan Raket (Grip)
Pada dasarnya, dikenal beberapa cara pegangan raket. Namun, hanya dua bentuk pegangan yang sering digunakan dalam praktek, yaitu cara memegang raket forehand dan backhand. Semua jenis pukulan dalam bulutangkis dilakukan dengan kedua jenis pegangan ini.

2.    Footwork
Footwork merupakan dasar untuk bisa menghasilkan pukulan berkualitas, yaitu apabila dilakukan dalam posisi baik. Untuk bisa memukul dengan posisi balk, seorang atlet harus mempunyai kecepatan gerak. Kecepatan gerak kaki tidak bisa dicapai kalau footwork-nya tidak teratur.

3.    Service (Service)

4.    Pengembalian Service
Teknik pengembalian servis, sangat penting dikuasai dengan benar oleh setiap pemain bulutangkis. Arahkan kok ke kawasan sisi kanan dan kiri lapangan lawan atau ke sudut depan atau belakang lapangan lawan. Prinsipnya, dengan penempatan kok yang tepat, lawan akan bergerak untuk memukul kok itu, sehingga ia terpaksa meninggalkan posisi strategisnya di titik tengah lapangannya.

5.    Smash
Yaitu pukulan overhead (atas) yang diarahkan ke bawah dan dilakukan dengan tenaga penuh. Pukulan ini identik sebagai pukulan menyerang. Karena itu tujuan utamanya untuk mematikan lawan. Pukulan smash yaitu bentuk pukulan keras yang sering digunakan dalam permainan bulutangkis.

6.    Netting
Adalah pukulan yang dilakukan erat net, diarahkan sedekat mungkin ke net, dipukul dengan sentuhan tenaga halus sekali. Pukulan netting yang baik yaitu apabila bolanya dipukul halus dan melintir tipis erat sekali dengan net.


3.5     Olahraga Atletik
Cabang Atletik yaitu ibu jari atau sebagian besar cabang olahraga , dimana gerakan-gerakan yang ada di dalam atletik ibarat lari,loncat,lompat dan lempar sebagian besar ada pada olaharga lainnya,sehingga tak heran pemerintah tetapkan cabang olahraga atletik sebagai pembahasan di dalam mata pelajaran di sekolah dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.

Lima cabang olahraga atletik yaitu :
1.          Lari
a.    Lari Jarak Pendek
Lari jarak pendek yaitu berlari dengan kecepatan penuh sepanjang jarak yang harus ditempuh, atau hingga jarak yang telah ditentukan. Lari jarak pendek terdiri dari lari 100 m, 200 m, 400 m. Secara teknis sama, yang membedakan hanyalah pada penghematan penggunaan tenaga, alasannya yaitu perbedaan jarak yang harus ditempuh. Makin jauh jarak yang harus ditempuh makin banyak tenaga yang harus dibutuhkan. Gerakan lari jarak pendek dibagi menjadi tiga tahap ialah: start, gerakan lari cepat (sprint), gerakan finis.

b.   Lari Jarak Menengah
Gerak lari jarak menengah (800 m- 1500 m) sedikit berbeda dengan gerakan lari jarak pendek, yaitu terletak pada cara kaki menapak. Lari jarak menengah, kaki menapak ball hell-ball, ialah menapakkan pada ujung kaki tumit dan menolak dengan ujung kaki. Start dikakukan dengan cara berdiri.

c.    Lari Jarak Jauh
Lari jarak jauh dilakukan dalam lintasan stadion jarak 3000m, ke atas, 5000m, 10.000m, sedangkan marathon dan juga cross-country, harus dilakukan diluar stadion kecuali star dan finis, secara fisik dan mental merupakan keharusan bagi pelari jarak jauh. Ayunan lengan dan gerakan kaki dilakuakan seringan-ringannya. Makin jauh jarak lari yang ditempuh makin rendah lutut diangkat dan langkah juga makin kecil.

d.   Lari Halang Lintang
Lari steeple – chase 3000 m termasuk kedalam lari jarak jauh dengan melalui rintangan-rintangan. Rintangan itu ada dua macam :
1.Rintangan Gawang
2.Rintangan Air dengan Gawang didepannya (water jump)

Pelari steeple – chase harus mempunyai kecepatan ibarat pelari 1500m, tetapi juga harus mempunyai daya tahan ibarat pelari 5000 meter, dan harus mempunyai kemahiran khusus dalam melewati rintangan-rintangan tersebut.

e.    Lari Estafet
Lari sambung atau lari estafet yaitu salah satu lomba lari pada perlombaan atletik yang dilaksanakan secara bergantian atau beranting. Dalam satu regu lari sambung terdapat empat orang pelari, yaitu pelari pertama, kedua, ketiga, dan keempat. Pada nomor lari sambung ada kekhususan yang tidak akan dijumpai pada nomor pelari lain, yaitu memindahkan tongkat sambil berlari cepat dari pelari sebelumnya ke pelari berikutnya.

2.          Lompat
a.    Lompat Tinggi
Lompat Tinggi yaitu salah satu keterampilan untuk melewati mistar yang berada di kedua tiangnya.Ketinggian lompatan yang dicapai oleh seorang pelompat tergantung dari kemampuan dan persiapan bertanding dari masing-masing atlet.

b.   Lompat Jauh
Suatu akivitas gerakan yg dilakukan di dalam lompatan untuk mencapai lompatan yg sejauh-sejauhnya. Ukuran lapangan lompat jauh untuk jarak awalan lari hingga balok acuan 45m, balok acuan tebal 10cm, panjang 1,72m, dan lebar 30cm. Sedangkan kolam lompatan panjang 9m, lebar 2.75m, kedalaman kolam lompat ± 1 meter.

c.    Lompat Galah
Lompat yang menggunakan tongkat, tiang, atau galah.
3.          Loncat
Loncat merupakan cabang olahraga yang menggunakan pendaratan dua kaki, arah geraknya kedepan. Latihan loncat biasanya membutuhkan kaki tunggal loncat, double-kaki berlari, atau beberapa variasi dari dua.

4.          Lempar
a.    Lempar lembing
Lembing yang digunakan terbuat dari logam untuk Putra beratnya 800 gram dengan panjang 2,70 m, sedangkan Putri beratnya 600 gram dengan panjang 2,30 m.

b.   Lempar Cakram
Cakram yang dilempar berukuran garis tengah 220 mm dan berat 2 kg untuk laki-laki, 1 kg untuk perempuan.Lempar cakram diperlombakan semenjak olimpiade I tahun 1896 di Athena, Yunani.

5.          Tolak Peluru
Tolak Peluru merupakan suatu acara yang dilakukan untuk mencapai lemparan atau tolakan yg sejauh-jauhnya. Peluru yang digunakan terbuat dari besi berbentuk oval dengan berat 3kg, 4kg, 5kg, 7kg. Dengan ruang lingkaran lebar 5x3 meter. Yang terpenting dari tolak peluru yaitu peluru harus didorong keluar dengan kecepatan maksimal, dengan sudut kira-kira 40 derajat. Posisi untuk menolak harus ditekankan pada kaki alasannya yaitu kaki yaitu serpihan yang terkuat dari badan.



3.6     Manfaat Olahraga bagi Kesehatan
Olahraga sedikitnya 10 menit setiap hari membuat mental menjadi lebih sehat, pikiran jernih, stres berkurang dan memicu timbulnya perasaan bahagia. Bahwa olahraga membuat peredaran darah menjadi lancar, memperabukan lemak dan kalori, serta mengurangi risiko darah tinggi dan obesitas merupakan suatu hal yang diketahui umum. Riset terbaru memperlihatkan suatu kelebihan lain dari acara ini.

Secara lebih terang Daniel Landers, profesor pendidikan olahraga dari Arizona State University mengungkapkan empat manfaat olahraga terhadap otak Anda.

1. Meningkatkan kemampuan otak
Latihan fisik yang rutin sanggup meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan kesehatan mental. Karena olahraga bisa meningkatkan jumlah oksigen dalam darah dan mempercepat aliran darah menuju otak. Para mahir percaya bahwa hal-hal ini sanggup mendorong reaksi fisik dan mental yang lebih baik.

2. Membantu menunda proses penuaan
Riset menerangkan bahwa latihan sederhana ibarat jalan kaki secara teratur sanggup membantu mengurangi penurunan mental pada perempuan di atas 65 tahun. Semakin sering dan usang mereka melakukannya makan penurunan mental kian lambat. Kabarnya, banyak orang mencicipi manfaat acara itu sehabis sembilan ahad melakukannya secara teratur tiga kali seminggu. Latihan ini tidak harus dilakukan dalam intensitas tinggi. Cukup berupa jalan kaki di sekitar rumah.


3. Mengurangi stres
Olahraga sanggup mengurangi kegelisahan. Bahkan lebih jauh lagi, bisa membantu Anda mengendalikan amarah. Latihan aerobik sanggup meningkatkan kemampuan jantung dan membuat Anda lebih cepat mengatasi stres. Aktivitas ibarat jalan kaki, berenang, bersepeda, dan lari merupakan cara terbaik mengurangi stres.

4. Menaikkan daya tahan tubuh
Jika Anda senang melaksanakan olahraga meski tak terlalu usang namun sering atau usang namun dengan santai melakukannya, maka acara itu bisa meningkatkan hormon-hormon baik dalam otak ibarat adrenalin, serotonin, dopamin, dan endorfin. Hormon ini berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Studi yang dilakukan di Inggris memperlihatkan bahwa 83 persen orang yang mempunyai ganguan mental mengandalkan olahraga untuk meningkatkan mood dan mengurangi kegelisahan.





BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

4.1 Kesimpulan
Ada beberapa jenis bidang olahraga, diantaranya sepak bola, bola voli, bola basket, badminton, dan atletik. Dan masing-masing olahraga tersebut mempunyai aturan-aturan main serta teknik-teknik permainannya.

Rajin berolahraga juga kuat besar terhadap kesehatan jasmani dan rohani. Sehat merupakan nikmat dan karunia yang diberikan oleh Allah. Memelihara dan meningkatkan kesehatan hakekatnya yaitu mensyukuri nikmat dan karunia-Nya. Cara terpenting, termurah dan fungsional (fisiologis) yaitu dengan rajin berolahraga.

4.2 Saran
Gerak yaitu ciri kehidupan, memelihara gerak yaitu mempertahankan hidup, dan meningkatkan kemampuan gerak yaitu meningkatkan kualitas hidup. Maka janganlah pernah untuk malas bergerak alasannya yaitu sebenarnya gerak harus selalu dilatih, dan latihan tersebut yaitu olahraga. Oleh karena  itu, rajin lah berolahraga untuk menghasilkan fisik dan mental yang sehat.




DAFTAR PUSTAKA


Ø 
Ø 
Ø 
Ø  http://ahmadps.blogspot.com/2010/06/ makalah-bulutangkis.html
Ø 
Ø  http://anggaraaditya.wordpress.com/hubungan-olahraga-dengan-kesehatan/
Ø 
Ø  http://arrozaqi.wordpress.com/2010/06/27/makalah-bola-voli/
 
Semoga bermanfaat bagi teman-teman semua 
by : lussy chandra


Sumber http://lussychandra.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Makalah Sepak Bola"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel