iklan

5 Fungsi Database Secara Umum Dalam Komputer

5 Fungsi Database Secara Umum dalam Komputer - Database yaitu kumpulan informasi yang tersimpan di komputer secara sistematis, sehingga gampang diakses oleh kegiatan komputer untuk mendapat informasi data. Perangkat lunak ini akan memanggil query database (DBMS).

Penggunaan kata database kini tidak hanya di dunia komputer, telah berkembang melampaui bidang komputer.

Secara umum, konsep dasar data yaitu kumpulan catatan, kepingan pengetahuan yang disusun secara sistematis dan teratur yang mempunyai penjelasan, atau disebut skema. Skema menggambarkan objek yang ditunjukkan oleh database dan ada korelasi antara objek.

Lebih lengkap: Pengertian Database Menurut Para Ahli

Struktur Database
 Fungsi Database Secara Umum dalam Komputer 5 Fungsi Database Secara Umum dalam Komputer
5 Fungsi Database Secara Umum dalam Komputer

Ada banyak cara untuk mengatur skema, atau model struktur database atau yang dikenal sebagai model database. Umumnya memakai model relasional, yang mewakili semua informasi dalam bentuk tabel yang saling berafiliasi di setiap tabel yang terdiri dari baris dan kolom. Model relasional memungkinkan antar tabel terwakili dengan nilai yang sama antar tabel.

Sementara model hirarkis dan model jaringan memakai cara yang lebih terbuka untuk mengatakan representasi korelasi antar tabel.

Basis data memungkinkan data pada server komputer secara terpadu dan antara pengguna komputer yang berbeda terhubung ke server melalui internet atau secara langsung. Sistem ini memudahkan komunikasi antar komputer dimana asalnya terhubung ke jaringan internet dan mempunyai susukan ke server.

Fungsi database

Dalam kehidupan sehari-hari transfer uang melalui internet banking, membeli tiket pesawat, membayar uang kuliah di kampus yaitu hal yang biasa, sudahkah kita mengira dimana data kita disimpan? Database yaitu sarana penyimpanan data kita di komputer server.

Database berfungsi menyerupai perpustakaan yang menyimpan beberapa buku dari banyak sekali kategori, dimana satu buku menyimpan data, dari judul buku, nama penulis, ringkasan konten, penerbit, tahun penerbitan, dll.

Demikian pula, dalam informasi toko database suatu objek di mana data terkandung fragmen Jika informasinya yaitu profil orang, maka data yang disimpan yaitu nama, daerah tanggal lahir, jenis kelamin, pekerjaan, umur, no ID.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Oracle Database

Di dunia komputer, database diharapkan sebagai sistem yang memproses dan menyimpan informasi secara sistematis dan mempunyai keakuratan yang tinggi.

Sejumlah perusahaan kini mengandalkan database sebagai tulang punggung bisnis mereka, menyerupai perusahaan perbankan, penyedia tiket online, sekolah, dll. Hampir industri di dunia memakai teknologi database sebagai aplikasi dan sistem bisnis mereka.

Fungsi database yaitu sebagai berikut:
Mengelompokkan data untuk memudahkan identifikasi data, database untuk menyiapkan data sesuai dengan ajakan pengguna terhadap informasi secara cepat dan akurat.

Melalui perangkat lunak pengguna Sistem Manajemen Database (DBMS) sanggup mencari profil informasi pelanggan dalam hitungan detik, DBMS akan menyajikan data lengkap perihal profil yang diminta.

Menghindari duplikat data dan inkonsistensi data, perangkat lunak DBMS sebagai perangkat lunak untuk menjalankan database komputer mempunyai kemampuan menginformasikan pengguna pada ketika input data kalau data yang akan diinputkan sudah ada dalam database.

Data duplikasi dalam database dimungkinkan, alasannya database sanggup diakses dari beberapa komputer dari banyak sekali daerah yang terhubung ke sistem database.

Kemudahan akses, penyimpanan data, pengeditan dan abolisi data User / admin pemegang otoritas database dengan gampang melaksanakan pengeditan data yang salah ketika masuk dengan data terbaru, atau menghapus data palsu / salah dengan cepat, serta menghapus data.

Mempertahankan kualitas data dan informasi yang sesuai sehingga data tetap sama pada ketika masuk dan sehabis masuk, data tidak rusak atau hilang ketika penyimpanan di database. Perangkat lunak data mempunyai tugas penting dalam menjaga data, terutama dari risiko kerusakan data selama penyimpanan.

Memecahkan dilema penyimpanan data konvensional yang memakan ruang database konvensional berbasis kertas sangat memakan ruang, pemilik data harus mempunyai cukup ruang untuk memuat data, dengan teknologi database, data di atas kertas sanggup ditransfer ke file digital dan disimpan. di server database.

Mendukung aplikasi yang membutuhkan ruang penyimpanan. Hampir semua aplikasi modern membutuhkan ruang yang besar untuk menjalankan fungsinya secara optimal, disini tugas database sebagai penyedia ruang untuk menyimpan aplikasi data dan sistem komputer.

Teknologi Basis Data
Teknologi database terus berkembang pesat untuk memperbaiki fungsinya sebagai pendukung aplikasi enterprise dan sistem komputer serta institusi besar. Sekarang telah menerapkan teknologi mirroring database, dimana data yang tersimpan dalam database di duplikat pada database server di daerah lain tanpa menurunkan kualitas data.

Tujuan dari backup ini yaitu untuk mempersiapkan data backup kalau primary database server crash / crash. Teknologi mirroring database telah banyak diterapkan di situs penyedia layanan penyimpanan file di internet, menyerupai layanan Google Drent, Dropbox, dan industri strategis untuk melindungi data klien atau klien mereka.

Tujuannya yaitu untuk memastikan integritas data dari pelanggan kalau sewaktu-waktu terjadi kerusakan.

Database menjadi modal utama perusahaan besar yang melayani sejumlah besar anggota (Facebook) dan mesin pencari menyerupai Google dan Yahoo. Google mempunyai layanan streaming video dan penyimpanan data, mesin telusur Google Drive dan Google.

Ketiga layanan ini sangat membutuhkan perangkat lunak database keandalan, untuk mengakses layanan ini dari seluruh dunia, dan sekaligus bisa mengakses database Google. Apalagi situs layanan Youtube, dimana file video biasanya besar dibanding file teks dan gambar.

Pengelolaan sistem informasi database terpercaya (DBMS) menjadi kebutuhan mutlak situs besar menyerupai Facebook, Youtube, Yahoo untuk mendukung aplikasi dan sistem yang berjalan di situs masing-masing.
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Fungsi Database Secara Umum Dalam Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel