iklan

Tanda Tanda Kala Subur Perempuan | Gosip Kesehatan

Satu kali tiap bulannya perempuan memasuki masa subur (ovulasi), yaitu dilepaskannya sel telur (ovum) yang siap dibuahi sperma. Sel telur ini kemudian disimpan dalam terusan indung telur (tuba falopi), sambil menunggu sperma.

Dalam siklus yang terjadi 14 hari usai menstruasi hari pertama tesebut, perempuan kerap mengalami ketidakanyamanan. 

"Memang ada beberapa keluhan yang timbul ketika perempuan memasuki masa subur, alasannya yakni adanya perubahan hormon. Salah satunya nyeri perut," kata dokter hebat kandungan dan ke hamilan, Ahmad Mediana.

Keluhan tersebut biasanya hilang bersamaan dengan usainya masa subur. Namun pada beberapa wanita, rasa tidak nyaman masih berlanjut sampai usai menstruasi. Bila keluhan dirasa sangat mengganggu, perempuan sanggup berkonsultasi pada dokter untuk mengatasinya.

Berikut klarifikasi Ahmad terkait gejala pada perempuan yang memasuki masa subur :

1. Perut bab bawah sedikit nyeri

Rasa nyeri menyerupai ditarik ini merupakan efek peningkatan akitivitas indung telur. Ketidaknyamanan yang terjadi sebelum menstruasi ini merupakan tanda seorang perempuan sedang dalam masa subur. Pada beberapa wanita, rasa nyeri ini berlanjut ketika dirinya mengalami menstruasi.

Namun berdasarkan dokter seorang hebat kebidanan dari RSCM Kencana, Gita Pratama, sebagian perempuan justru tidak terlalu sensitif untuk mencicipi rasa nyeri ini. "Tidak semua perempuan mencicipi rasa nyeri ketika ovulasi berlangsung," kata Tomi, sapaannya.

2. Suhu badan meningkat

Wanita yang sedang dalam masa subur biasanya mengalami peningkatan suhu 1-2 derajat dibanding biasanya. Bila suhu perempuan dalam keadaan normal yakni 35-36 derajat celcius, maka ketika masa subur suhu tubuhnya menjadi 37-38 derajat celcius.

Peningkatan suhu badan diakibatkan terbentuknya progesteron yang berfungsi menyiapkan jaringan dalam rahim. Jaringan ini nantinya mendapatkan sel telur yang telah dibuahi dan kelak menjadi janin.

Menurut Tomi, untuk mengetahui peningkatan suhu badan yang hanya sedikit ini kerap kali sulit dilakukan kalau tidak teratur mengukur suhu tubuh. Oleh karenanya, Tomi menyarankan biar perempuan setiap pagi sehabis berdiri tidur untuk mengukur suhu tubuhnya dengan termometer.

"Peningkatan suhu setengah derajat Celcius saja sudah sanggup jadi tanda ovulasi kalau terjadi di tanggal yang seharusnya," paparnya.

3. Peningkatan produksi lendir v@gin@

Setiap bulannya perempuan mengalami peningkatan produksi lendir, akhir perubahan hormon ketika memasuki masa subur. Lendir ini biasanya jernis, licin, dan elastis. Peningkatan produksi dimaksudkan mempermudah sperma memasuki tuba falopii dan membuahi ovum.

Cara menghitung masa subur

Perhitungan masa subur ini sangat penting bagi pasangan yang ingin segera mempunyai momongan. Caranya tentu saja dengan memahami kapan masa ovulasi itu berlangsung. Dan cara menghitung masa subur sanggup dengan banyak sekali cara.

Pertama memakai sistem kalender. Hal ini yakni cara natural atau alamiah yang dipakai bila anda mempunyai siklus menstruasi yang teratur.

Cobalah untuk mencatat siklus menstruasi anda dalam 3 bulan terakhir berturut-turut (tanggal hari pertama haid).

Perhitungan masa subur ini didasarkan masa subur atau ketika ovulasi terjadi pada hari ke 14 dari menstruasi yang akan tiba dan dikurangi 2 hari alasannya yakni sperma sanggup hidup selama 48 jam sehabis 3j4kulasi serta ditambahkan 2 hari alasannya yakni sel telur sanggup hidup 24 jam sehabis ovulasi.

Sementara itu, sebagaimana dilansir Alo Dokter, ada cara yang lebih mudah untuk memperkirakan kapan masa paling subur wanita.

Masa subur ini dihitung berdasarkan catatan dan analisis siklus haid selama setidaknya 8 bulan terakhir.

Perkiraan masa subur sanggup dihitung dengan rumus berikut:
  1. Ketahui siklus terpendek Anda. Misal: 27 hari. Kurangi angka ini dengan 18. Hasilnya: 9. Angka ini yakni hari pertama ketika Anda berada pada posisi paling subur.
  2. Ketahui siklus terpanjang Anda. Misal: 30 hari. Kurangi angka ini dengan angka 11. Hasilnya: 19. Angka ini yakni hari terakhir ketika Anda paling subur.
Dengan demikian kalau siklus Anda rata-rata yakni 27–30 hari, maka Anda akan paling subur pada hari ke-9 sampai 19.

Artikel ini telah tayang di tribunnews.com dengan judul yang sama.
Editor: Mon

Sumber http://pendidikansrg.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tanda Tanda Kala Subur Perempuan | Gosip Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel