iklan

Lengkap Rumus-Rumus Dasar Microsoft Excel

 ialah bisa mengolah data secara otomatis dan akurat Lengkap Rumus-rumus Dasar Microsoft Excel

Kelebihan dari microsoft excel ialah bisa mengolah data secara otomatis dan akurat. Software yang satu ini, berbeda dengan teknologi kalkulator yang harus mengetik data-data yang hendak diinput secara manual. Dengan adanya microsoft excel tentu pekerjaan yang berafiliasi dengan angka dan data akan jauh lebih mudah.

Dalam penggunaanya, microsoft excel memakai rumus fungsi. Rumus ini yang akan menghitung nilai-nilai tertentu dengan tujuan mendapat hasil yang diharapkan. Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai rumus-rumus dasar microsoft excel. Berikut ialah rumus-rumus microsoft excel:

( Baca juga : Tombol-tombol belakang layar Microsoft Word )

Rumus-rumus Microsoft Excel

1. Rumus Penjumlahan

Cara yang paling gampang untuk menjumlahkan beberapa data atau nilai pada lembar kerja excel ialah dengan memakai operator plus (+) atau tanda tambah. Untuk penulisan rumusnya sendiri sama ibarat menuliskan soal penjumlahan. Misalnya anda ingin menjumlahkan data 10, 12, 8, 20 yang terdapat pada colom B maka anda hanya tinggal menambahkan tambah saja dengan diawali sama dengan (=). Makara penulisannya, =10 + 12 + 8 + 20 atau sesuai dengan letak cell nilai tersebut =B1 + B2 + B3 + B4.

Ada satu lagi yang lebih simpel dan sering dipakai yaitu dengan memakai rumus SUM yang ada pada microsoft excel. Untuk menjumlahkan beberapa nilai yang ada pada lembar kerja excel anda hanya perlu memasukan =SUM(masukan letak cell). Misalnya anda ingin menjumlahkan data pada cell B1 hingga B6, maka anda tinggal tulis =SUM(B1:B6) atau dengan cara menarik cursor dari B1 ke B6.

Namun, kalau ingin menjumlahkan beberapa data saja, maka tanda : diganti dengan ;. misal anda ingin menjumlahkan data pada B1 dengan B4 maka rumusnya =SUM(B1;B4)

2. Rumus Pengurangan

Untuk melaksanakan pengurangan yaitu dengan memakai operator minus (-) atau simbol min. Caranya sama ibarat rumus penjumlahan, hanya saja dalam rumus pengurangan memakai simbol min. Maka rumusnya akan ibarat ini, 10 – 12 – 8 – 20 atau B1 – B2 – B3 – B4. Tapi perlu diingat untuk selalu memasukan simbol sama dengan (=) di awal rumus. Hal ini untuk menunjukan itu sebuah rumus/formula. Kemudian anda hanya perlu mengarahkan kursornya pada cell data yang hendak dikurangi. kalau ingin mengurangi semua data pada kolom B, maka tinggal tarik saja kursor dari B1 ke B4.

Sayangnya, pada rumus pengurangan tidak terdapat rumus alternatif ibarat rumus penjumlahan.

3. Rumus Perkalian

Untuk rumus perkalian rumusnya memakai simbol bintang (*). Caranya sama ibarat apa yang ada pada rumus penjumlahan dan pengurangan.

Pada rumus perkalian juga terdapat rumus alternatif yaitu PRODUCT. Misal ingin mengalikan semua nilai yang berada di kolom B 3, 7, 8 maka masukan =PRODUCT(B1:B3) atau tarik saja kursornya dari B1 ke B3. Tapi kalau ingin mengalikan beberapa data saja maka tinggal ubah simbol titik dua (: ) jadi titik koma (; ). Misal =PRODUCT(B1;B2) atau tinggal arahkan kursornya ke data yang hendak dikalikan.

4. Rumus Pembagian

Pada rumus pembagian ini simbol yang dipakai ialah simbol garis miring (/). Cara penggunaanya sama ibarat pada rumus-rumus sebelumnya, hanya saja simbol yang dipakai ialah garing miring (/).

Dalam rumus pembagian pun sama tidak ada rumus alternatif, jadi hanya memakai simbol garis miring (/).

Itulah tadi rumus-rumus microsoft excel. Perlu diingat ketika memakai semua rumus tersebut harus diawali dengan simbol sama dengan (=) untuk menunjukan itu sebuah rumus atau formula dan untuk meletakan alhasil letakanlah pada cell yang berbeda dengan letak nilai atau data.

Anda juga bisa membaca tombol-tombol belakang layar microsoft excel untuk meningkatkan keahlian anda dalam mengoperasikan microsoft excel ini.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Lengkap Rumus-Rumus Dasar Microsoft Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel