iklan

Perbedaan Pasar Tradisional Dan Pasar Modern : Gambar, Pengertian

Perbedaan Pasar Tradisional Dan Pasar Modern : Gambar, Pengertian. Pengertian Pasar Tradisional Dan Modern Beserta Contohnya Dan Gambarnya Meliputi Pengertian, Contohnya, Kelebihan, Kekurangan, Pengertian Menurut Ahli, Letak, Dan Gambarnya

Pengertian Pasar Tradisional Dan Modern Beserta Contohnya Dan Gambarnya - Pengertian Dan Contohnya

Perbedaan Pasar Tradisional Dan Pasar Modern  Perbedaan Pasar Tradisional Dan Pasar Modern : Gambar, Pengertian

(Gambar Pasar)

Pengertian pasar tradisional dan misalnya – pasar tradisional ialah daerah bertemunya pembeli dan penjual dan terjadi transaksi jual beli dan tawar menawar sesuatu. Contonya, pasar jamblang, pasar sumber dan pasar minggu. Contoh pasar modern dan pasar tradisional :
  1. Contoh Pasar Tradisional
  • Pasar jamblang
  • Pasar Minggu
  • Pasar tegalgubuk
  • Pasar sumber
  1. Pasar Modern
  • Alfamart
  • Indomart
  • Surya
  • Gyant
  • Griya Toserba
Pengertian pasar modern - pasar modern ialah daerah bertemunya penjua dan pembeli akan tetapi tidak ada tawar menawar antara penjua dan pembeli sebab harga telah ditetapkan.
Perbedaan pasar modern dan pasar tradisional :
kelebihan dan kekurangan pasar modern :
  1. Kelebihan pasar modern
  • Tempatnya higienis dan nyaman
  • Barang-barang tertata rapih dan tempatnya pun
  • Menyediakan banyak sekali macam kebutuhan mulai dari barang daam negeri hingga barang ekspor
  1. Kekurangan pasar modern
  • Tidak terjadi transaksi tawar menawar
  • Terjadinya transaksi tidak pribadi antara penjual dan pembeli
kelebihan dan kekurangan pasar tradisional
  1. Kelebihan pasar tradisional
  • Terjadinya transaksi tawar menawar antara pedagang dan pembeli
  • Terjadinya transaksi secara pribadi dengan pedagang
  • Barang – barang yang tersedia lengkap
  1. Kekurangan pasar tradisional
  • Tempatnya kotor dan becek
  • Pengemasan barang – barangnya kurang baik
  • Beberapa kuliner dan barang – barangnya berkuaitas baik
  • Makanannya biasanya tanpa mengandung materi pengawet
pengertian pasar tradisional dan pasar modern berdasarkan para andal dan pengertian pasar tradisional berdasarkan para andal :
1. William J. Stanton, pasar ialah sekumpulan orang yang ingin meraih kepuasan dengan   memakai uang untuk berbelanja, serta mempunyai kemauan untuk membelanjakan uang tersebut.

2. Kotler dan Amstrong, pasar ialah sejumlah pembeli konkret dan juga potensial dari sebuah produk atau jasa. Besarnya pasar tergantung pada jumlah orang yang punya kebutuhan dan mau melaksanakan transaksi.

3. Simamora, Pasar ialah sekumpulan orang yang mempunyai kebutuhan dan impian terhadap produk tertentu, mempunyai kemampuan dan kemauan untuk membeli produk tersebut, dan mempunyai kesempatan untuk menetapkan membeli sebuah produk.

4. Handri Ma’aruf, pasar ialah daerah bertemunya antara penjual dan pembeli, dimana terjadi interaksi usul dan penawaran antara penjual dan pembeli hingga terjadi transaksi jual dan beli.

5. Atep Adya Barata, pasar ialah daerah dimana berkumpulnya penjual dan calon pembeli, baik secara pribadi maupun tak pribadi saling berafiliasi melaksanakan pertukaran, baik barang maupun jasa.

6. Dr. Winardi SE, pasar ialah sebuah daerah dimana secara ideal harga-harga pada waktu tertentu ialah sama untuk semua penjual dan pembeli.

7. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pasar ialah sekumpulan orang yang melaksanakan acara transaksi jual-beli. Pasar merupakan sebuah daerah untuk acara jual-beli yang diselenggarakan oleh sebuah organisasi atau perkumpulan dengan maksud untuk mencari derma.

Pasar ialah daerah bertemunya pembeli dan penjual dan terjadnya transaksi jual beli. Peran pasar, yaitu :
  1. Pasar sebagai daerah menjual barang/jasa
  2. Pasar sebagai daerah untuk menunjukkan barang-barang yang baru/langka/promosi
  3. Pasar sanggup meningkatkan acara perekonomian
  4. Pasar sanggup meningkatkan pendapatan masyarakat
  5. Pasar sanggup meningkatkan pendapatan perkapita
  6. Pasar menumbuhkan kreativitas masyarakat dalam menjual barang/jasa
  7. Pasar sebagai daerah pendistribusian barang/jasa
  8. Pasar memperlancar arus barang/jasa dan uang
  9. Pasar membantu meningkatkan penerimaan
Kebutuhan ialah sesuatu yang harus dipenuhi biar tidak mengganggu kelangsungan hidup. Contoh, saat kita lapar kita harus makan, kalau kita tidak makan-makan juga maka kita akan sakit, saat kita sakit maka segeralah minum obat biar kita cepat sembuh, dll.

Keinginan ialah sesuatu yang tidak harus dipenuhi sebab tidak mengganggu kelangsungan hidup. Contoh, kalau rumah kita tidak jauh dari sekolah bahkan tetangga dengan sekolah maka tidak perlu memakai sepeda ataupun motor bahkan mobil, saat kita tidak memerlukan HP maka tidaklah usah digunakan, dll.
  1. Kebutuhan Primer ialah kebutuhan yang pertama harus dipenuhi yaitu sandang(pakaian), pangan(makanan), dan papan(rumah). Kebutuhan primer disebut juga dengan kebutuhan pokok, kebutuhan yan harus dipenuhi terlebih dahulu dibanding dengan kebutuhan yang lain.
                                                                
  1. Kebutuhan sekunder ialah kebutuhan yang dipenuhi sehabis kebutuhan primer terpeuhi semua. Kebutuhan sekunder sifatnya di pokok atau harus sebab hanya untuk melengkapi kebutuhan saja. Contohnya mobil, motor, laptop, dan kulkas.

  1. Kebutuhan tersier ialah kebutuhan yang dipenuhi sehabis kebutuhan primer dan sekunder sudah terpenuhi. Kebutuhan tersier mempunyai sifat yang sama dengan kebutuhan sekunder. Orang yang memenuhi kebutuhan tersier hanya mereka yang mempunyai lebihan uang saja. Contoh : kendaraan beroda empat mewah, motor mewah, dan laptop mewah

Produksi ialah proses acara yang menghasilkan dan menambah nilai guna terhadap barang dan jasa. Dalam produksi maka akan menghasilkan suatu barang atau jasa yang bermanfaat untuk masayarakat. Contoh suatu perusahaan menciptakan atau menghasilkan kendaraan beroda empat yang bermanfaat untuk masyarakat luas, tentunya kalau kita ingin mempunyai kendaraan beroda empat harus beli terlebih dahulu ^_^. Kalau menambah nilai guna maksudnya, suatu perusahaan menambah nilai guna suatu kendaraan beroda empat yang tadinya hanya mengangkut insan maka ditambahkan dengan sanggup mengangkut barang. Contoh lain dari menambah nilai guna yaitu pada awalnya donat hanya mempunyai rasa cokelat tetapi selanjutnya donat mempunyai rasa yang lainnya.
Distribusi ialah proses acara yang menyalurkan barang / jasa dari produsen ke konsumen. Kegiatan distribusi biasanya dilakukan oleh sopir truk, tukang pos dan sebagainya yang mengantarkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Contoh, perusahaan beras memngirim berasnya memakai truk untuk hingga ke konsumen atau sebuah took yang memesan beras tersebut untuk dijual ke masyarakat.
Konsumsi ialah proses acara insan memakai dan atau menghabiskan barang / jasa. teladan kita memakai kendaraan bermotor, menghabiskan sarapan pagi dll.

Terimakasih atas kunjungannya dan Membaca artikel ini


Sumber http://pelajaransekolahdi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perbedaan Pasar Tradisional Dan Pasar Modern : Gambar, Pengertian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel