iklan

Samudra Pasai Lengkap: Ringkasan Sejarah, Hubungan, Fakta & Ulama


Samudra Pasai yaitu kerajaan Islam pertama di Indonesia. Dalam artikel ini kita membahas perihal Kesultanan Samudra Pasai secara lengkap menyerupai sejarah, raja yang berkuasa, masa berkembang, masa keemasa, masa kemunduran, bidang ekonomi, bidang politik, bidang social budaya dan tentunya masih banyak lagi. Mending eksklusif baca saja, yaaaa. Penasaran bukan?

Ayo baca!!!

Daftar isi

Ringkasan Tentang Samudra Pasai
Sejarah singkat
Keruntuhan
Peninggalan
Apa Itu Samudra Pasai
Pengertian
Letak Georagfis
Lambang Kerajaan Samudra Pasai
Hubungan Samudra Pasai Dengan Kerajaaan Lain
Demak
Aceh
Mekah
Malaka
Perlak
Cina
Majapahit
Persamaan Dan Perbedaan Samudra Pasai Dengan Kerajaan Lain
Fakta Samudra Pasai
Silsilah Kerajaan Samudra Pasai
Ulama Samudra Pasai
Tanya Jawab Tentang Samudra Pasai

 

Ringkasan Tentang Samudra Pasai

Sejarah singkat

Samudra pasai berasal dari dua kata yakni samudra yang berarti bahari dan pasai yang berarti parsi, parsee, atau pase yang bangun pada kala ke-12 (tahun 1267) yaitu salah satu kerajaan(kingdom) Islam nusantara pertama dengan julukan serambi mekkah yang bercorak maritim yang berasal dari daerah Aceh pulau Sumatra dengan raja Sultan Malik Al – Saleh dan didirikan (dirintis) oleh seorang laksamana bahari yang berjulukan Nazimudin Al Kamil yang mengakibatkan berdirinya kerajaan islam, seorang pendiri yang berasal dari Mesir.

Keruntuhan

Keruntuhan samudra pasai disebabkan oleh beberapa hal diantaranya yaitu sebagai berikut:
  1. Setelah menerima serangan dari Kerajaan Majapahit yang berambisi menyatukan Nusantara dibawah sumpah palapa patih gajah mada maka hancurnya samudra pasai secara perlahan lantaran masih sanggup bertahan beberapa tahun kedepannya.
  2. Berdirinya Bandar Malaka yang letaknya lebih strategis.
  3. Setelah Sultan Malik ath-Thahir meninggal tidak ada penggantinya yang cakap dan populer sehingga tugas penyebaran agama Islam diambil alih oleh Kerajaan Aceh.
  4. Terjadi Perebutan kekuasaan yakni pemberontakan yang dilakukan oleh sekelompok orang pada masa Sultan Zainal Abidin Bahian Syah Malik al-Tahir yang sebagian diperoleh dari berita-berita Cina.
  5. Serangan bangsa portugis pada tahun 1521 berhasil menguasai (diduduki) samudra pasai yang memanfaatkan konflik internal di kerajaan yang terjadi ketika itu juga merupakan lantaran jatuhnya samudra pasai.

Peninggalan

Banyak sekali peninggalan kerajaan samudra pasai diantaranya yaitu koin emas, dirham, makam sultan malik Al shaleh, stempel kerajaan, naskah Surat dan masih banyak lagi. Kesultanan samudra pasai juga menghasilkan ulama ulama besar dan populer yaitu sunan kudus, sunan drajat, dan masih banyak lagi.

Apa Itu Samudra Pasai

Pengertian

Samudra pasai berasal dari dua kata yakni samudra yang berarti bahari dan pasai yang berarti parsi, parsee, atau pase yang bangun pada kala ke-12/tahun 1267 yaitu salah satu kerajaan(kingdom dalam bahasa inggris) Islam nusantara pertama dengan julukan serambi mekkah yang bercorak maritim yang berasal dari daerah Aceh pulau Sumatra dengan raja Sultan Malik Al – Saleh dan didirikan oleh seorang laksamana bahari yang berjulukan Nazimudin Al Kamil yang mengakibatkan berdirinya kerajaan islam pertama di Nusantara, seorang pendiri yang berasal dari Mesir.

 Samudra Pasai yaitu kerajaan Islam pertama di Indonesia Samudra Pasai Lengkap: Ringkasan Sejarah, Hubungan, Fakta & Ulama

Gambar dan Foto Samudra Pasai

Kerajaan samudra pasai lebih dulu ada sebelum kerajaan Aceh. Samudra pasai kaitanya dengan perkembangan kerajaan Islam di Indonesia lantaran samudra pasai merupakan kerajaan pertama Islam di Nusantara dan banyak menghasilkan para ulama. Para pedagang Muslim atau pedagang yang dari kerajaan samudra pasai sendiri mereka melaksanakan penyebaran agama Islam ketika mereka singgah di pelabuhan-pelabuhan. Faktor samudra pasai menjadi kerajaan Islam pertama yaitu sebagai berikut:
  1. Lokasi kerajaan samudra pasai yang strategis.
  2. Dibukanya pelabuhan pasai yang banyak disinggahi oleh para pedagang Islam.
  3. Adanya kekerabatan keluarga dengan penguasa Islam di Gujarat, India.
Artikel yang berkaitan:
  1. Peninggalan kerajaan samudra pasai 
  2. Pendiri dan raja raja samudra pasai
  3. Sejarah samudra pasai
  4. Kehidupan sosial, ekonomi dan politik 

Letak Georagfis

Letak geografis - Samudra pasai terletak di di pesisir pantai utara Sumatera, Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara, Provinsi Aceh. Samudra pasai berkembang dengan pesat lantaran letaknya yang strategis sehingga bekerjasama dengan pedagang dari berbabagi wilayah. Terutama pedagang cina dan India. Kesultanan samudera pasai daerahnya mencakup daerah di Aceh Utara, Meulaboh, Bireuen, Rimba Jreum dan Seumerlang (Perlak).

 Samudra Pasai yaitu kerajaan Islam pertama di Indonesia Samudra Pasai Lengkap: Ringkasan Sejarah, Hubungan, Fakta & Ulama


Peta samudera pasai

Lambang Kerajaan Samudra Pasai

Lambang samudra pasai yaitu Garuda. Lambang garuda sudah digunakan terlebih dahulu oleh kerajaan samudra pasai sebelum resmi digunakan oleh Republik Indonesia. Samudra pasai menerima imbas Islam pertama kali di nusantara lantaran letaknya strategis yang berada di selat malaka sebagai jalur perdagangan internasional.  Bukti kerajaan samudra pasai sebagai kerajaan islam pertama yaitu ditemukannya makam Sultan Malik As-Saleh raja pertama samudra pasai yang wafat pada 1297 M sebagai sebuah tanda masuknya agama Islam di Nusantara  kala ke-13. Kerajaan samudra pasai adonan dari kerajaan pasai dan kerajaan perlak. Lihat gambar lambang keraajaan di bawah ini.

 Samudra Pasai yaitu kerajaan Islam pertama di Indonesia Samudra Pasai Lengkap: Ringkasan Sejarah, Hubungan, Fakta & Ulama


Gambar Logo Garuda Samudra Pasai

Samudra pasai mempunyai logo yaitu burung garuda. Sector penghasilan utamanya yaitu perdagangan lantaran letaknya yang strategis di selat malaka. Masa kejayaan samudra pasai pada pemerintahan Sultan Malik Al Az-zahir dengan penggunaan koin emas.

Hubungan Samudra Pasai Dengan Kerajaan Lain

Beberapa kerjasama atau kekerabatan persahabatan samudra pasai dengan negara (kerajaan) yaitu sebagai berikut:

Demak

Kerajaan samudra pasai dan kerajaan demak bekerjasama baik, bahkan raden patah seorang pendiri kerajaan demak pernah menuntut ilmu di kerajaan samudra pasai.

Aceh

Samudra pasai dan kerajaan aceh merupakan kerajaan yang berada di pulau Sumatra, tidak begitu jeas kekerabatan antara dua kerajaan ini, Akan tetapi dikatakan bahwa kerajaan aceh termasuk bawahan dari kerajaan samudra pasai.

Ketika samudra pasai runtuh oleh serangan portugis, maka kerajaan dibawah pemerintahan portugis semenjak 1521 hingga dengan 1541. Selanjutnya wilayah kekuasaan samudra pasai menjadi kekuasaan kerajaan aceh pada zaman raja Ali Mughayat.

Mekah

Kerajaan samudra pasai dan mekkah berlangsung sangat baik, bahkan aturan dan hukumnya Islamnya Sama serta kehidupan masyarakatnya Sama dengan di mesir dan mekkah. Para pedagang yang berasal dari Arab banya yang singgah di pelabuhan samudra pasai untuk berdagang dan mengembangkan agama Islam.

Malaka

Samudra pasai dan malaka menjalin kekerabatan dengan sangat baik, bahkan mengikat kekerabatan mereka dengan perkawinan. Bahkan ketika kerajaan samudra pasai diserang, mereka meminta tunjangan kepada malaka.

Perlak

Hubungan perlak dengan samudra pasai sangat rukun dan harmonis, apalagi memperkokohnya dengan menikahi putrinya dengan ganggang sari yang merupakan anak dari kerajaan perlak.

Cina

Kerajaan samudra pasai mempunyai kekerabatan dengan cina pada masa pemerintahan sultan Malik Al Shaleh. Hubungan samudra pasai dengan cina dikisahkan dalam sumber sejarah berupa catatan yang berasal dari Cina (Dinasti Mongol) menyebutkan bahwa terdapat kerajaan di sumatra potongan utara berjulukan Samudra Pasai telah menjalin kekerabatan dengan dinasti mongol pada tahun 1282 .

Sumber tersebut (Catatan dinasti mongol) juga menyebutkan bahwa kerajaan samudra pasai mengirimkan dua orang utusannya yang berjulukan Sulaiman dan Samsyudin ke istana kaisar dinasti mongol. Pada tahun yang Sama, perutusan Cina yang kembali dari India selatan dan singgah di kerajaan Samudra pasai untuk menjalin hubungan. Peristiwa ini dianggap sebagai awal kekerabatan antara kerajaan Samudra pasai dengan Cina (Dinasti Mongol).

Alasan samudra pasai menjalin kekerabatan diplomatik dengan dinasti mongol (Cina) lantaran terjadinya perluasan bangsa Mongol ke tempat Asia tenggara antara tahun 1279 hingga 1309. Strategi ini dilakukan untuk menjaga keberadaannya dalam aktifitas perdagangan di tempat selat malaka. Tetapi perluasan bangsa Mongol juga bertujuan untuk menjaga keamanan di tempat selat malaka pada kala ke-14 yang lantaran diganggu oleh bajak bahari yang cukup meresahkan kalangan pedagang aneh yang melintas.

Majapahit

Majapahit vs samudra pasai - Hubungan samudra pasai dengan majapahit kurang serasi lantaran ketika Tun Abdul Jalil (adik kandung Tun Beraim Bapa) dengan seorang putri dari Kerajaan Majapahit yang berjulukan Raden Galuh Gemerencang akan menjalin hubungan. Sultan Ahmad Malik az-Zahir membunuh dan membuang jasad Tun abdul jalil ke bahari lantaran Sultan Ahmad Malik az-Zahir menyukai putri dari kerajaan majapahit tersebut.

Ketika rombongan Raden Galuh Gemerencang kesannya datang di Samudera Pasai. Sang putri terkejut mendengar kabar dari orang-orang kepercayaannya Tun Abdul Jalil bahwa calon suaminya itu telah dibunuh atas perintah Sultan Ahmad Malik Az-Zahir. Akhirnya sang putri pun menenggelamkan diri dimana calon suaminya ditenggelamkan.

Samudera pasai diserang majapahit - Mendengar gosip tersebut hayam wuruk marah dan menyuruh patih gajah mada untuk menyerang kerajaan samudra pasai. Karena pasukan patih gajah mada lebih unggul kesannya sanggup merangsek ke sentra istana, Sultan Ahmad Malik Az-Zahir terpaksa menyelamatkan diri ke tempat berjulukan Menduga. Akhirnya kesultanan samudera pasai berhasil ditaklukan oleh majapahit pada tahun 1360 M.

Persamaan Dan Perbedaan Samudra Pasai Dengan Kerajaan Lain

Beberapa persamaan dan perbedaan kerajaan samudra pasai dengan Demak, Aceh, dan Banten yaitu sebagai berikut:

Persamaan kerajaan samudra pasai dengan demak, Aceh, dan Banten yaitu sebagai berikut:
  1. Keempat kerajaan tersebut yaitu kerajaan Islam.
  2. Letak wilayah keempat kerajaan berada di pesisir bahari untuk memudahkannya kegiatan perdagangan.
  3. Keempat kerajaan juga pernah berperang atau bertikai dengan negera aneh menyerupai Portugis dan Belanda.
  4. Adanya perang saudara.

Perbedaan Kerajaan Samudra Pasai dengan Demak, Aceh, dan Banten yaitu sebagai berikut
  1. Lokasi kerajaan yang berbeda. Kerajaan samudra pasai dan aceh berada diwilayah pulau Sumatra sedangkan kerajaan demak dan banten berada di pulau jawa.
  2. Bertikai atau berperang dengan negara aneh yang berbeda. Seperti kerajaan samudra pasai dan demak berperang dengan portugis sedangkan kerajaan aceh dan demak berperang dengan belanda.
  3. Awal pendirian kerajaan. Untuk Kerajaan samudra pasai lebih dulu didirikan kemudian selanjutnya masuk kedalam potongan kesultanan aceh. Kerajaan demak, awalnya merupakan potongan dari kerajaan majapahit, akan tetapi lantaran kerajaan majapahit runtuh maka kerajaan demak bangun sendiri menjadi kerajaan Islam pertama di pulau Jawa dan kesultanan banten didirikan oleh fatahillah yang merupakan panglima perang dari kerajaan demak yang disuruh untuk mengurus kesultananl banten dan Cirebon.

Fakta Samudra Pasai

Beberapa Fakta atau ciri – ciri Kerajaan Samudra Pasai yaitu sebagai berikut:
  1. Kerajaan perlak merupakan kerajaan Islam pertama yang terletak di Aceh timur yang didirikan pada tahun 840 M, sebelum berdirinya samudra pasai.
  2. Raja pertama kerajaan samudra pasai berjulukan Sultan Malik Al Saleh
  3. Nama Malik Al Saleh sebelumnya yaitu Merauh Silau, akan tetapi sesudah masuk Islam, ia mengganti namanya menjadi Sultan Malik Al Saleh
  4. Kerajaan Samudera pasai dirintis oleh NAzimudin Al Kamil seorang laksamana bahari Mesir.
  5. Samudra pasai merupakan kerajaan yang berasal dari Aceh
  6. Kerajaan Samudra Pasai dipengaruhi oleh budaya Arab dan India

Silsilah Kerajaan Samudra Pasai

 Samudra Pasai yaitu kerajaan Islam pertama di Indonesia Samudra Pasai Lengkap: Ringkasan Sejarah, Hubungan, Fakta & Ulama

Gambar Silsilah Kerajaan Samudra Pasai

Ulama Samudra Pasai

Beberapa ulama samudra pasai yaitu sebagai berikut:
  • Sunan Drajat (syarifudin) yang lahir pada tahun 1470M.  Sunan drajat juga mendirikan kerajaan demak.
  • Maulana Malik Ibrahim merupakan saudara maulana ishak dan ulama populer dari samudra pasai.
  • Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah) yaitu putra Syarif Abdullah Umdatuddin putra Ali Nurul Alam putra Syekh Husain Jamaluddin Akbar dan Syekh Jamaluddin Akbar sendiri yang berasal dari Aceh.
  • Sunan Kudus yang merupakan cucu dari haji usman yang berasal dari aceh.

Tanya Jawab Tentang Samudra Pasai

1. Jelaskan samudra pasai!

Jawab : Samudra pasai berasal dari dua kata yakni samudra yang berarti bahari dan pasai yang berarti parsi, parsee, atau pase yang bangun pada kala ke-12 (tahun 1267) yaitu salah satu kerajaan(kingdom) Islam nusantara pertama dengan julukan serambi mekkah yang bercorak maritim yang berasal dari daerah Aceh pulau Sumatra dengan raja Sultan Malik Al – Saleh dan didirikan (dirintis) oleh seorang laksamana bahari yang berjulukan Nazimudin Al Kamil yang mengakibatkan berdirinya kerajaan islam, seorang pendiri yang berasal dari Mesir.

Terimakasih Telah Membaca Dan Atas Kunjungannya.

Sumber http://pelajaransekolahdi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Samudra Pasai Lengkap: Ringkasan Sejarah, Hubungan, Fakta & Ulama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel