iklan

Pengertian Kisah Tempat Dan Jenis-Jenisnya

Pengertian dongeng kawasan dan jenis-jenisnya - Kita tentunya pernah mendengar yang namanya cerita-cerita kawasan yang berkembang di banyak sekali daerah, alasannya ialah setiap derah memiliki dongeng sendiri-sendiri. Tahukah anda apa yang dimaksud dengan dongeng daerah? Apa saja jenis-jenisnya? Mungkin banyak diantara kita yang tidak tahu definisi dongeng daerah. Selain itu mungkin juga ada yang tidak tahu jenis jenis dongeng daerah. Oleh alasannya ialah itulah pada artikel ini kami akan membahas perihal arti dongeng kawasan dan jenis jenis dongeng kawasan beserta unsur-unsur dalam dongeng daerah. Langsung saja berikut ini penjelasannya silahkan dibaca hingga simpulan dan dipahami semoga sanggup mengerti menyerupai apa dongeng kawasan dan jenis-jenisnya.
 Kita tentunya pernah mendengar yang namanya dongeng Pengertian Cerita Daerah dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Cerita Daerah

Cerita kawasan adalah sebuah dongeng yang berkembang di suatu daerah. Isi dari dongeng kawasan yaitu banyak yang menggambarkan perihal moral istiadat kawasan tersebut. Penamaan seorang tokoh serta latar yang tampak di dalamnya merupakan ciri dari cerirta daerah. Untuk mengetahui apa saja jenis-jenis dongeng kawasan silahkan lihat penjelasannya berikut ini.

Jenis Cerita Daerah

Ada beberapa jenis jenis dongeng daerah, diantaranya ialah sebagai berikut ini:
  • Mite ialah sebuah dongeng perihal sebuah kepercayaan misalnya perihal para dewa.
  • Fabel ialah dongeng yang tokohnya ialah hewan yang bertingkah laris layaknya manusia.
  • Legenda ialah dongeng yang menceritakan perihal asal ajakan sebuah tempat, hewan serta benda-benda lainnya.
  • Sage ialah dongeng mengenai kepahlawanan dan kehidupan para raja.

Unsur-unsur Dalam Cerita Daerah

Terdapat dua unsur dalam dongeng kawasan yaitu usnur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Berikut ini klarifikasi perihal unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam dongeng daerah.
  1. Unsur Intrinsik ialah unsur yang secara pribadi menempel berada di dalam isi dongeng dalam dongeng daerah. Sebagaimana halnya cerpen unsur intrinsik terdiri dari tema, alur, penokohan, latar, sudut pandang, gaya bahasa dan amanat.
  2. Unsur Ekstrinsik ialah unsur yang berada di luar sebuah dongeng dalam dongeng daerah, tetapi besar lengan berkuasa terhadap gaya maupun isi dongeng tersebut. Yang termasuk dalam unsur ekstrinsik biasanya yaitu kebiasaan masyarakat atau moral istiadat yang berlaku di daerahnya. Sebagai pola adat-istiadat dalam menyambut kelahiran anak, dalam bertamu, dalam pernikahan, ataupun dalam mengobati orang yang sedang sakit.

Demikian uraian klarifikasi dari kami perihal pengertian dongeng kawasan dan jenis-jenisnya. Semoga klarifikasi yang kami uraikan dalam blog Pengertian Cerita Rakyat dan Jenis jenisnya.

Sumber http://temukanpengertian.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Kisah Tempat Dan Jenis-Jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel