iklan

Penjelasan Lengkap Komponen Penyusun Ekosistem

Penjelasan Lengkap Komponen Penyusun Ekosistem  - Artikel kali ini akan membahas tentang  Ekosistem, Pelestarian Sumber Daya Hayati, Komponen Penyusun Ekosistem, Komponen Biotik, Komponen Abiotik.

Ekosistem dan Pelestarian Sumber Daya Hayati

Makhluk hidup dengan lingkungan merupakan satu kesatuan fungsional yang tidak sanggup dipisahkan. Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya disebut ekosistem. Ekosistem tersusun dari komponen biotik (berbagai makhluk hidup) dan komponen abiotik.

Ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik komponen biotik dan abiotik dalam ekosistem disebut ekologi. Dalam suatu ekosistem, hubungan antarkomponen berlangsung sangat bersahabat dan saling memengaruhi.

Oleh alasannya itu gangguan atau kerusakan pada salah satu komponen sanggup mengakibatkan kerusakan seluruh ekosistem. Manusia merupakan komponen ekosistem yang sanggup berpotensi sebagai penyelamat dan perusak ekosistem.

Tentu kau sanggup memberi teladan banyak sekali kegiatan insan yang sanggup mengakibatkan banyak sekali permasalahan ekosistem dan lingkungan hidup.

Komponen Penyusun Ekosistem

Ekosistem merupakan kesatuan struktural dan fungsional antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem dibuat oleh kumpulan banyak sekali macam makhluk hidup beserta benda-benda tak hidup. Semua makhluk hidup yang menyusun suatu ekosistem disebut komponen biotik.

Sedangkan benda-benda tak hidup dalam suatu ekosistem disebut komponen abiotik. Di dalam ekosistem, komponen abiotik dan komponen biotik saling memengaruhi.

Komponen Biotik

Komponen biotik suatu ekosistem mencakup banyak sekali jenis makhluk hidup. Berdasarkan fungsi atau tingkatan trofiknya, komponen biotik sanggup dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu produsen, konsumen, dan dekomposer (pengurai).

Produsen ialah makhluk hidup yang sanggup menghasilkan masakan sendiri, yaitu tumbuhan. Tumbuhan sanggup menciptakan masakan sendiri melalui proses fotosintesis.

Energi yang dipakai dalam fotosintesis diperoleh dari energi matahari, sehingga matahari merupakan sumber energi utama bagi kehidupan di bumi.

Bakteri yang hidup di lautan dalam sanggup mengambil energi dari bahan-bahan kimia yang ada di sekitarnya untuk melaksanakan kemosintesis.

Komponen Abiotik

Komponen abiotik menyediakan tempat hidup, makanan, dan kondisi yang diharapkan oleh komponen biotik, sehingga kom-posisi komponen abiotik sangat memengaruhi jenis komponen biotik yang sanggup hidup.

Komponen abiotik yang memengaruhi komponen biotik dalam suatu ekosistem antara lain air, tanah, suhu, cahaya matahari, udara, kelembapan, dan keasaman (pH).

a. Air

Air sangat penting bagi makhluk hidup. Air berfungsi sebagai pelarut zat-zat dalam tubuh, sistem pengangkut, dan tempat berlangsungnya reaksi-reaksi biokimia di dalam tubuh. Keberadaan air pada suatu ekosistem sangat memengaruhi jenis makhluk hidup yang sanggup hidup.

Contohnya ialah kawasan gurun yang kandungan airnya sedikit memiliki jenis binatang dan tumbuhan yang sangat berbeda dengan kawasan hutan hujan tropis. Hewan dan tumbuhan juga mengikuti keadaan untuk menyesuaikan dengan keadaan air di lingkungannya.

Contohnya kaktus yang hidup di gurun pasir daunnya mengalami modifikasi menjadi duri untuk mengurangi penguapan.

b. Tanah

Tanah merupakan salah satu komponen abiotik yang sangat penting bagi kehidupan. Keadaan tanah memilih jenis tumbuhan yang sanggup hidup dan jenis-jenis tumbuhan akan memilih jenis-jenis binatang yang sanggup hidup.

c. Suhu

Makhluk hidup membutuhkan suhu yang sesuai semoga sanggup bertahan hidup. Suhu memengaruhi reaksi biokimiawi di dalam tubuh.

Suhu yang terlalu rendah atau terlalu tinggi sanggup mengakibatkan gangguan pada reaksi-reaksi biokimiawi di dalam tubuh, sehingga aktivitasnya terganggu. Oleh alasannya itu setiap makhluk hidup memerlukan suhu optimum untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

d. Cahaya Matahari

Cahaya matahari diharapkan untuk proses fotosintesis tumbuhan hijau. Selain itu cahaya matahari juga memengaruhi suhu bumi menjadi sesuai untuk kehidupan banyak sekali makhluk hidup.

Oleh alasannya itu kau akan menjumpai bentuk kehidupan yang berbeda pada kawasan yang banyak menerima cahaya matahari (daerah tropis) dibandingkan kawasan yang sedikit menerima cahaya matahari (daerah kutub). Coba, sebutkan binatang dan tumbuhan yang hidup di kedua kawasan tersebut.

e. Udara

Tahukah kamu, mengapa udara diharapkan oleh komponen biotik? Udara merupakan gabungan banyak sekali macam gas, contohnya nitrogen, oksigen, karbon dioksida, dan karbon monoksida.

Oksigen diharapkan oleh makhluk hidup untuk respirasi. Sedangkan karbon dioksida diharapkan tumbuhan hijau dalam proses fotosintesis.

Ekosistem, Pelestarian Sumber Daya Hayati, Komponen Penyusun Ekosistem, Komponen Biotik, Komponen Abiotik, biotik, abiotik, ekosistem laut, sumber daya alam hayati, komponen ekosistem, ekosistem sawah, lingkungan abiotik, teladan ekosistem, ekosistem darat, ekosistem hutan, dekomposer, ekosistem buatan, lingkungan biotik, teladan komponen abiotik, komponen lingkungan hidup, sda hayati, sumber daya alam non hayati, teladan lingkungan abiotik, teladan ekosistem buatan, autotrof, ekosistem padang rumput, interaksi dalam ekosistem, upaya pelestarian keanekaragaman hayati, upaya pelestarian udara, ekosistem air laut, fatwa energi dalam ekosistem, komponen biotik dalam ekosistem, ekosistem kolam, sumber daya alam biotik, komponen tanah
Sumber http://ofteachers.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penjelasan Lengkap Komponen Penyusun Ekosistem"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel