iklan

Penelitian Kuantitatif

A.    Penelitian kuantitatif
Penelitian kuantitatif ialah jenis penlitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang sanggup dicapai (diperoleh) dengan memakai mekanisme –prosedur statistic atau cara-cara lain dari kuantifikasi (pengukuran).pendekatan kuantitatif memusatkan perhatian pada gejala-gejala yang mempunyai karakater tertentu di dalam kehidudpan insan ysng di namakan sebagai variable.
            Menurut kasiram (2008) dalam bukunya metodogi penelitian kualitatif dan kuantitatif ,mendefinisikan penelitian kuantitatif ialah suatu proses menemukan pengetahuan yang memakai data berupa angka sebagai alat menganalisis keterangan mengenai apa yang ingin diketahui.

B.     Karakteristik Penelitian Kuantitatif
Karakteristik penelitian kuantitatif ialah sebagai berikut (Nana sudjana dan Ibrahim, 2001; Suharsimi Arikunto,2002; Johnson, 2005; dan kasiram 2008) :
1.      Menggunakan teladan piker deduktif (rasional-empiris atau top-down), yang berusaha memahami suatu fenomena dengan cara memakai konsep-konsep yang umun untuk menjelaskan fenomena yang bersifat khusus.
2.      Logika yang digunakan ialah kebijaksanaan positivistik dan menghindari yang bersifat subjektif.
3.      Proses penelitian mencakup mekanisme yang telah direncanakan.
4.      Tujuan dari penelitian kuantitatif ialah untuk menyusun ilmu nomotetik yaitu ilmu yang berupaya menciptakan aturan dari generalisasinya.



C.    Desain Penelitian Kuantitatif
Rencana design yang baik sanggup menambah mutu hasil penelitian kuantitatif. Dengan mutu yang meyakinkan, klarifikasi tentang hasil penelitian hanya sanggup dikaitkan dengan yang ada didalam penelitian. Perihal ini sanggup dicapai apabila peneliti sanggup mengontrol faktor-faktor lain yang barangkali sanggup merubah atau mempunyai bantuan untuk menjelaskan hasilnya.
Pada prinsipnya, desain didalam penelitian kuantitatif mencakup penentuan subjek dari daerah mana warta atau data sanggup didapatkan, teknik yang digunakan didalam pengumpulan data, serta mekanisme yang ditempuh untuk pengumpulan, dan perlakuan yang sanggup diadakan ( Istimewa untuk penelitian eksperimental).Rencana yang amat mutlak serta berkenaan dengan problem desain yaitu validitas yakni seberapa jauh klarifikasi ilmiah tentang satu fenomena cocok dengan kenyataan. Validitas sanggup dibedakan jadi dua: internal serta eksternal. Validitas internal merujuk pada seberapa jauh apa yang dilihat, diukur, serta dianalisis cocok dengan kenyataan. Validitas eksternal merujuk pada kekuatan generalisasi .



Sumber http://bloggoedu.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penelitian Kuantitatif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel