iklan

Mencontek Atau Menyontek

oleh: Andi Dwi Handoko

Dilarang mencontek dikala ujian!”. Kalimat larangan inilah yang biasanya dikatakan guru/pengawas dikala ujian sekolah sedang berlangsung. Pada umumnya orang-orang sudah terbiasa mengucapkan kata “mencontek”.

Kata “mencontek” ialah kata yang sudah mendarah daging yang mengacu pada makna seseorang yang menjiplak/meniru pekerjaan sobat atau membuka buku/materi secara sembunyi-sembunyi dikala ujian.

Secara kelancaran komunikasi, orang niscaya tahu apa makna kata “mencontek”. Namun, yang menjadi persoalan, ternyata kata “mencontek” ialah yang tidak baku. Banyak orang yang mengira kata “mencontek” ialah bentukan dari imbuhan “men(N)-“ yang bertemu kata “contek”. Padahal, kata “contek” termasuk salah satu kata yang tidak baku dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Kata yang baku ialah “menyontek” sehingga kalimat larangan yang sempurna untuk dipakai ialah “Dilarang menyontek dikala ujian!”. Kata “menyontek” berasal dari kata “sontek” yang mendapat imbuhan “men(N)-“. Dalam kamus Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata “sontek/menyontek” memiliki arti: mengutip (tulisan dsb) sebagaimana aslinya; menjiplak.”

Dimuat Solopos edisi Kamis, 14 Juli 2011, Halaman : 6
Sumber http://dapurimajinasi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mencontek Atau Menyontek"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel