iklan

Penyebab Bulu Kucing Rontok Dan Cara Mengobatinya

PENYEBAB BULU KUCING RONTOK – Momen ketika bulu kucing rontok selalu meresahkan para pemilik kucing. Terutama kalau kucing yang dipelihara merupakan ras tertentu yang mahal harganya. Oleh alasannya yakni itu, penting mengetahui penyebab bulu kucing rontok sekaligus cara mengobatinya.


Bagi pemilik kucing yang masih pemula mungkin akan kebingungan mencari jalan utama maupun alternatif pemecahannya. Akhirnya mereka hanya pasrah ke dokter binatang dan tidak dapat melaksanakan apa-apa begitu gejalanya timbul lagi. Memangnya apa saja penyebabnya?




1. Kekurangan Gizi


Rontoknya bulu kucing dapat menjadi sinyal kalau asupan gizinya kurang. Makara nutrisi yang seharusnya dapat bikin bulunya tumbuh subur justru tidak ada. Bahkan dapat jadi, Anda sendiri yang menganulir gizi tersebut demi menghemat pengeluaran.


Menghemat pengeluaran dengan diet sehat untuk kucing itu berbeda maknanya. Kucing ras apa pun niscaya tidak suka diperlakukan menyerupai itu. Kalau Anda ingin kucing tampil sehat dengan masakan yang minim, dapat dengan memakai masakan khusus kucing.


Setidaknya, kebutuhan menyerupai kalsium, protein, karbohidrat, vitamin A/E/C/D, omega 3& 6, dan lainnya harus terpenuhi. Kucing membutuhkan sumber energi yang akan dikonversi menjadi nutrisi sehat. Ketika kurangnya gizi dibiarkan, penyakit akan gampang timbul.


2. Salah Pilih Produk Sampo


Bagi pemilik kucing niscaya tidak menginginkan kucingnya mempunyai bacin tubuh yang tak sedap. Maka, dibelikanlah sampo biar kucing tetap higienis dan wangi. Namun sayangnya tidak semua sampo bagus untuk kucing.


Pemilihan sampo setidaknya harus diadaptasi dengan umur kucing dan rasnya. Sampo yang salah justru dapat bikin rambut rontok dan tidak sehat. Produk sampo yang bagus mempunyai kekayaan nutrisi yang berasal dari alam. Nyaris sama dengan kebutuhan sampo manusia.


Produk sampo penyebab bulu kucing rontok biasanya mempunyai busa yang melimpah. Berbusa memang tidak salah. Tapi kalau terlalu melimpah bisa-bisa bikin kulit kucing iritasi. Oleh alasannya yakni itu, pilihlah sampo yang sudah terpercaya secara nasional maupun internasional.


3. Suhu yang Ekstrem


Suhu yang ekstrem juga dapat menjadi musuh bagi bulu kucing. Hal ini dapat terjadi selama animo kemarau maupun hujan. Namun tidak semua kucing mempunyai sensitivitas semacam ini. Selama ini kucing kampung menjadi kucing terbaik dalam hal mengikuti keadaan dengan suhu.


Fungsi bulu kucing bahwasanya bukan untuk membuatnya tampil indah saja, tetapi untuk melindungi dari suhu yang ekstrem. Biar fungsi bulunya bekerja secara optimal, berikan minuman air hangat yang cukup ketika animo hujan. Begitu pula sebaliknya ketika kemarau.


4. Stres


Kucing juga dapat stres pada saat-saat tertentu. Sebagai majikan yang baik, seharusnya Anda dapat memahami bahasa tubuhnya. Baik ketika masih kanak-kanak maupun dewasa. Faktanya, kucing lebih sensitif ketika sudah menginjak usia dewasa.


Jadi, ketika ia sedang stres, jangan digoda. Bisa-bisa ia menyerang Anda. Tidak hanya itu. Dampak stres dapat juga menciptakan bulu-bulu yang elok itu rontok, bahkan dapat memungkinkan untuk botak. Apakah Anda mau kucing kesayangan Anda begitu?


5. Rontok alasannya yakni Kutu


Kutu merupakan permasalahan utama bagi kucing apa pun. Beruntungnya, kucing sudah diberkahi pengecap yang dapat bikin bulunya selalu steril. Sayangnya, pengecap kucing tidak selalu dipakai setiap saat. Pada kesempatan itulah kutu-kutu mencuri kesempatan.


Ketika kutu sudah mengambil alih kekuasaan di tubuhnya, bulu-bulu kucing itu akan gampang rontok. Oleh alasannya yakni itu, selalu jaga kesehatan kucing. Bisa dengan cara memandikan secara rutin per ahad atau dalam hitungan hari. Biar dapat menjaga kualitas bulunya biar sehat.


Penyebab bulu kucing rontok sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda. Lakukan pencegahan sedini mungkin sebelum bulu yang rontok semakin banyak. Kenali gejalanya. Kalau sudah tidak dapat Anda atasi sendiri, larikan eksklusif ke dokter ahli.



Sumber https://tekooneko.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penyebab Bulu Kucing Rontok Dan Cara Mengobatinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel