iklan

Sumpah Perjaka - Pengertian, Tujuan, Makna, Jati Diri, Nilai

Sumpah Pemuda yaitu pondasi penting kebangkitan bangsa indonesia dan  salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan Indonesia dalam mewujudkan kemerdekaan Negara Indonesia dengan suatu bentuk usaha paling mutakhir untuk menggalang rasa semangat cita cita persatuan dan kesatuan para perjaka bagi bangsa Indonesia.

Dalam artikel kali ini, bahan yang akan kita bahas yaitu perihal sumpah perjaka secara lengkap mirip pengertian, tujuan, makna dan sebagainya. Daripada penasaran, mending kita pribadi baca saja yaaaa…..

Selamat Membaca!


Daftar Isi
  1. Sumpah Pemuda Adalah
  2. Sumpah Pemuda Bertujuan Untuk
  3. Sumpah Pemuda Beserta Maknanya
  4. Sumpah Pemuda Dan Jati Diri Keindonesiaan
           4.1. Cara Penguatan Jati Diri Ke Indonesiaan
  1. Nilai Semangat Sumpah Pemuda Zaman Sekarang
  2. Sumpah Pemuda Bagi Pelajar
  3. Sumpah Pemuda Dan Proklamasi
  4. Fakta Sumpah Pemuda
  5. Pengaruh Sumpah Pemuda Hingga Masa Kini
  6. Puisi Sumpah Pemuda
          10.1. Malam Rindu
  1. Museum Sumpah Pemuda
  2. Kata Kata Ir. Soekarno Untuk Pemuda
  3. Rangkuman Sumpah Pemuda
  4. Tanya Jawab Sumpah Pemuda 

Sumpah Pemuda Adalah

Sumpah perjaka yaitu pondasi penting kebangkitan bangsa indonesia dan  salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan Indonesia dalam mewujudkan kemerdekaan Negara Indonesia dengan suatu bentuk usaha paling mutakhir untuk menggalang rasa semangat cita cita persatuan dan kesatuan para perjaka bagi bangsa Indonesia.

Sumpah perjaka merupakan suatu aktualisasi atau realisasi integrasi kebangsaan alasannya untuk menggalang semangat para perjaka Indonesia dan merupakan komitmen para perjaka untuk mendukung persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia serta kemerdekaan negara Indonesia yang tercemin dalam Sila ke tiga pancasila yakni persatuan Indonesia.


Sumpah Pemuda yaitu pondasi penting kebangkitan bangsa indonesia dan  Sumpah Pemuda - Pengertian, Tujuan, Makna, Jati Diri, Nilai
Foto Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda Bertujuan Untuk

Esensi sumpah perjaka mengajak kepada bangsa untuk mecintai tanah airnya, bangsanya dan menjunujng tinggi bahasa persatuan. Selain itu, mengajak juga kepada bangsa untuk tetap semangat dan tetap bersatu mirip bhineka tunggal ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu tujuan.

Sumpah Pemuda Beserta Maknanya

Sumpah perjaka mengandung atau mempunyai arti makna yang sangat dalam yaitu tonggak awal sejarah kemerdekaan Indonesia dan harus dipahami oleh seluruh rakyat Indonesia. Seperti yang kita ketahui ada 3 butir yakni tanah air satu, bangsa yang satu dan menjunjung tinggi bahasa persatuan. Ketiga butir tersebut mempunyai makna yang sangat besar dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia.

Betapa tidaknya, waktu itu para perjaka masih mementingkan dan mengistimewakan tempat wilayahnya sendiri sendiri, namun sehabis diadakannya sumpah pemuda, mereka semua bersatu demi satu tujuan yakni kemerdekaan Indonesia.

Maka dari itu sumpah perjaka menjadi momen penting bagi persatuan bangsa Indonesia alasannya semua berawal dari sini, ketika seluruh perjaka dari aneka macam suku, agama dan ras bahkan organisasi pada ketika itu, mereka semua bersatu untuk satu tujuan. Mereka waktu itu dijajah dan teknologi serta modal transportasi yang belum cukup memadai tapi mereka sanggup bersatu, apalagi kita dijaman mirip ini. Kita harus lebih bersatu demi Indonesia. Dibalik negara yang kuat, ada rakyat yang mendukung.

Artikel yang berkaitan : Teks Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda Dan Jati Diri Keindonesiaan

Bahwasaanya sumpah perjaka selalu mengingatkan kita, jikalau Indonesia yaitu milik seluruh rakyat Indonesia yang terdiri dari aneka macam macam suku, ras dan agama. Nilai – nilai yang sanggup kita ambil dari sumpah perjaka yakni bahwa kita itu satu cinta tanah air, satu bangsa dan satu bahasa.

Akan tetapi sumpah perjaka hanya sanggup benar-benar dihayati bila rakyat Indonesia merasa menerima perlakuan yang adil dan setara. Jika terdapat golongan yang ingin memaksakan secara sewenang wenang paham keagamaan atau politik, itu merupakan pengkhinatan terhadap sumpah pemuda. Jangan hingga ada golongan yang merasa terkucilkan atau terdikriminasi dan sebagainya.

Cara Penguatan Jati Diri Ke Indonesiaan

Beberapa Cara penguatan jati diri ke Indonesiaan yaitu sebagai berikut:
  1. Politik untuk kesejahteraan dan kejayaan.
  2. Pemuda yang berpolitik.
  3. Nasionalisme dan revolusioner.
  4. Wahana perjuangan

Nilai Semangat Sumpah Pemuda Zaman Sekarang

Beberapa nilai nilai yang terkandung dalam semangat sumpah perjaka zaman kini (modern) yaitu sebagai berikut:
  1. Belajar dengan tekun dan rajin
  2. Semangat tinggi untuk meraih prestasi
  3. Mempertahankan dan menyayangi budaya orisinil Indonesia
  4. Semangat bahu-membahu antar masyarakat
  5. Saling menghargai satu sama lain
  6. Dan Sumpah perjaka meningkatkan persatuan dan kesatuan dari aneka macam perjaka di Indonesia.

Sumpah Pemuda Bagi Pelajar 

Sumpah perjaka kuat besar pada usaha bangsa Indonesia terutama generasi muda yakni pelajar. Makna sumpah perjaka bagi pelajar yaitu sebagai berikut:

  1. Semangat juang dan semangat pengorbanan yang tinggi. Hal ini patutnya ditiru oleh kalangan pelajar, bukan pada duduk masalah tawuran ya, melainkan pada belajar. Kita harus mempunyai semangat juang dan pengorbanan yang tinggi untuk Indonesia kedepannya biar sanggup berkembang dan maju besaing positif dengan negara lain.Bayangkan jikalau waktu itu para perjaka tidak mempunyai semangat juang dan semangat pengorbanan yang tinggi, bukan? Maka kemungkinan besar bangsa kita tidak Akan berdiri sekokoh ini.
  1. Persatuan dan kesatuan. Jika kita bersatu satusama lain, maka kita Akan semakin kokoh mirip semboyan negara kita yakni Bhineka tunggal ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu tujuan. Sama hal nya waktu itu, para perjaka berasal dari suku, ras dan agama yang berbeda Akan tetapi alasannya satu tujuan yakni kemerdekaan Indonesia maka mereka semua bersatu dan menghilangkan rasa atau sifat kedaerahan mereka. Kita sebagai pelajar, jangan gampang terbawa emosi ataupun terpecah belah antar pertemanan. Kita harus saling tolong menolong dan membantu, bukan pada ketika ulangan yaaa… melainkan pada ketika kita belajar.
  1. Rasa Nasionalisme. Kita sebagai pelajar harus cinta tanah air dan bangsa kita. Jika bukan kita siapa lagi, bukan? Kita sebagai golongan pelajar hendaklah mencar ilmu yang tekun dan giat, Sama halnya dengan para perjaka waktu itu, mereka semua juga berjuang demi kemerdekaan Indonesia. Nah kini kita berjuang demi kemajuan negara kita.
  1. Pantang menyerah. Hal ini juga patut ditiru oleh kalangan pelajar yaitu sifat pantang menyerah. Ketika satu Cara gagal maka masih ada Cara yang lain. Terus berusaha dan berdoa yaitu kunci utamanya. Ketika waktu itu juga para perjaka pantang mengalah dalam cita cita mereka yakni kemerdekaan Indonesia, bukan?

 

Sumpah Pemuda Dan Proklamasi

Sumpah perjaka sanggup dikatakan sebagai bentuk proklamasi dari awal usaha bangsa Indonesia untuk merdeka, termasuk merdeka dari bentuk penjajahan pada waktu itu.

Fakta Sumpah Pemuda

  1. Sumpah Pemuda lahir dari Kongres Pemuda II yang berlangsung selama 2 hari di Jakarta.
  2. Sumpah Pemuda itu dibacakan di Rapat Ketiga.
  3. Waktu itu, jumlah akseptor yang hadir mencapai 700 ratus orang. Tetapi yang tercatat hingga sekarang, dengan merujuk pada daftar hadir, hanya 82 orang. Pada ketika kongres, pelaksanaannya diawasi oleh polisi Belanda dan sehabis kongres selesai seluruh dokumennya disita. Mungkin, daftar hadir ratusan akseptor lainnya hilang alasannya penyitaan itu.
  4. Rumusan Sumpah Pemuda yang kita kenal berasal dari Muhammad yamin.
  5. Sejak hari pertama Kongres dilaksankan, yel-yel “Merdeka” berulangkali berkumandang. Sehingga polisi Belanda yang mengawasi ketat jalannya Kongres, mengeluarkan larangan kata “Merdeka” dalam Kongres tersebut.
  6. Beberapa pembicara dalam Kongres Pemuda II masih menggunakan bahasa Belanda. Salah satunya yaitu Siti Soendari.
  7. Untuk pertamakalinya, lagu “Indonesia Raya” diperdengarkan pribadi oleh Wage Roedolf Soepratman sebagai penciptanya, dengan ukiran biola. Namun, tanpa menggunakan syair alasannya dikhawatirkan kata “Indonesia” dan “Merdeka” dalam syair lagu itu sanggup menjadikan duduk masalah dengan petugas Polisi Belanda.
  8. Penggunaan peci, yang diperkenalkan oleh Bung Karno sebagai identitas pergerakan nasional, banyak digunakan oleh akseptor Kongres. Namun, alasannya ketika itu peci masih langka di Hindia-Belanda, maka sebagian akseptor kongres menggunting pinggiran topi Eropanya sehingga ibarat peci.
  9. Salah satu tokoh yang berperan penting dalam suksesnya Kongres Pemuda ini yaitu Amir Sjarifoeddin Harahap yang berperan sebagai bendahara dan beberapa kali memimpin persidangan serta kelak ia berkontribusi besar dalam memimpin usaha anti-fasisme.
  10. Hampir tidak ada perdebatan yang keras dalam pelaksanaan kongres itu. Penerimaan bahasa Melayu sebagai bahasa nasional nyaris tidak menerima penolakan, termasuk dari Jong Java.

 

Pengaruh Sumpah Pemuda Hingga Masa Kini

Sumpah perjaka sangat kuat terhadap usaha bangsa Indonesia ketika itu yaitu sebagai berikut:
  1. Sumpah Pemuda menjadi bukti otentik adanya kelahiran bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan.
  1. Sumpah Pemuda menghipnotis kehidupan bangsa Indonesia untuk hidup rukun dan berbangsa yang satu.
  1. Sebagai penerus bangsa untuk senantiasa menjaga rasa nasionalisme, persatuan, dan kesatuan bangsa.

Puisi Sumpah Pemuda

Beberapa puisi sumpah perjaka diantaranya sebagai berikut:

Malam Rindu

                                                Karya Joko Pinurbo

Malam rindu. Hatiku ketar ketir.
Ku tak tahu apakah demokrasi sanggup mengatarkanku
Ke pelukanmu secara saksama
Dan dalam tempo yang sesingkat singkatnya.

Sebelum minggu tiba, anarki sanggup saja muncul
Dari sebutir benci atau sebongkah trauma,
Mengusik undang undang dasar cinta, merongrong
Pancarindu di bibirku, dan saya gagal
Mengorbankan sumpah perjaka dibibirmu.

Museum Sumpah Pemuda

Museum sumpah perjaka yakni sebuah rumah pondokan untuk pelajar dan mahasiswa yang awalnya "hak guna bangunannya dipegang oleh Sie Kong Liong dan tempat dibacakannya naskah atau teks sumpah pemuda. Museum sumpah perjaka beralamat di di Jalan Kramat Raya No. 106, Jakarta Pusat yang dikelola oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia.

Kata Kata Ir. Soekarno Untuk Pemuda

Beberapa Kata kata atau Ucapan Ir. Soekarno ini sempurna untuk untuk peringatan hari sumpah perjaka yang sanggup digunaakan sebagai inpirasi status social media mirip WhatsApp, Instagram dan Facebook kalian yaitu sebagai berikut:

“Beri saya 1.000 orang tua, pasti akan kucabut semeru dari akarnya. Beri saya 10 perjaka pasti akan kuguncangkan dunia”

“Ikrarkanlah ikrar sumpah perjaka dengan hati dan anggota tubuh yang akan menjadi bukti dan raihlah kemerdekaan Indonesia yang sejati"

"Tuhan hanya akan mengubah nasib sebuah bangsa jikalau bangsa itu hendak merubah nasib bangsanya sendiri. Bersatulah para perjaka dan pemudi Indonesia dan rubahlah nasib bangsa kita supaya lebih baik dari sebelumnya"

Itulah beberapa kata kata atau yang biasa dikenal dengan quotes singkat dan keren Bung Karno perihal sumpah perjaka yang paling terkenal.

Baca juga : Samudra pasai 

Rangkuman Sumpah Pemuda

  1. Sumpah perjaka yaitu pondasi penting kebangkitan bangsa indonesia dan salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan Indonesia dalam mewujudkan kemerdekaan Negara Indonesia dengan suatu bentuk usaha paling mutakhir untuk menggalang rasa semangat cita cita persatuan dan kesatuan para perjaka bagi bangsa Indonesia.
  2. Sumpah perjaka diikrarkan pada tanggal 28 oktober 1928 pada kongres perjaka kedua.
  3. Bunyi sumpah perjaka yaitu sebagai berikut:
  • Pertama: kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
  • Kedua: kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
  • Ketiga: kami putra dan putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.
  1. Banyak sekali makna dari sumpah perjaka salah satunya yaitu persatuan dan kesatuan.
  2. Nilai nilai dalam sumpah perjaka yaitu:
  • Belajar dengan tekun dan rajin
  • Semangat tinggi untuk meraih prestasi
  • Mempertahankan dan menyayangi budaya orisinil Indonesia
  • Semangat bahu-membahu antar masyarakat
  • Saling menghargai satu sama lain
  • Dan Sumpah perjaka meningkatkan persatuan dan kesatuan dari aneka macam perjaka di Indonesia.
  1. Tempat pelaksanaan sumpah perjaka dijadikan museum dan dikelola oleh kementerian kebudayaan dan kepariwisataan Republik Indonesia.
  2. Apakah kalian tahu? Bahwa Nama sumpah perjaka diabadikan sebagai nama stadion atau gedung yang berada di tempat Bandar lampung dengan nama “Stadion Sumpah Pemuda Way Halim”.

Tanya Jawab Sumpah Pemuda

Beberapa esai perihal sumpah perjaka dengan diuraikannya jawabannya yaitu sebagai berikut:
  1. Apa itu sumpah pemuda?
Jawab: Sumpah perjaka yaitu pondasi penting kebangkitan bangsa indonesia dan  salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan Indonesia dalam mewujudkan kemerdekaan Negara Indonesia dengan suatu bentuk usaha paling mutakhir untuk menggalang rasa semangat cita cita persatuan dan kesatuan para perjaka bagi bangsa Indonesia.

  1. Tuliskan dan sebutkan teks sumpah perjaka dengan benar dan tebaru serta jelaskan!
Jawab: Pertama: Kami putera dan puteri Indonesia, mengaku bertanah air yang satu, tanah Air Indonesia
kedua: Kami putera dan puteri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
Ketiga: Kami putera dan puteri Indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia

  1. Pertanyaan teks sumpah perjaka dirumuskan oleh?
         Jawab: teks sumpah perjaka dirumuskan oleh Muh. Yamin

  1. Mengapa teks sumpah perjaka yang ketiga menjunjung bahasa persatuan?
Jawab: alasannya banyaknya bahasa yang ada di Indonesia. Maka sebagai jalan satu satunya untuk mempermudah komunikasi atas masyarakat diseluruh Indonesia yaitu dengan menggunakan bahasa Indonesia bagi seluruh rakyat Indonesia ketika sedang program resmi atau berkomunikasi dengan orang yang berbedaa daerah.


Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung





Sumber http://pelajaransekolahdi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sumpah Perjaka - Pengertian, Tujuan, Makna, Jati Diri, Nilai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel