iklan

√ Puisi : Pengertian, Jenis, Ciri, Unsur, Struktur Misalnya Lengkap

√ Puisi : Pengertian, Jenis, Ciri, Unsur, Struktur & Contohnya Lengkap– Siapa yang suka dengan Puisi ?? Rata-rata menyukai puisi. Apa lagi pada kalangan remja wanita, untuk para perempuan dewasa bahagia sekali apabila dibacakan puisi dan akan menciptakan hati nya berdebar dan memeleh dikala mendengarnya. Agar lebih memahami wacana apa itu puisi. seputarilmu.com akan membahas wacana pengertian puisi, jenis-jenis puisi, unsur-unsur puisi, dan struktur puisi beserta contohnya. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut.


 


 untuk para perempuan dewasa bahagia sekali apabila dibacakan puisi dan akan menciptakan hati nya  √ Puisi : Pengertian, Jenis, Ciri, Unsur, Struktur  Contohnya Lengkap


 


Pengertian Puisi


Puisi ialah sebuah bentuk karya sastra yang mengungkapkan suatu pikiran serta perasaan dari penyair dan secara imajinatif serta disusun dengan mengonsentrasikan sebuah kekuatan bahasa dengan pengonsentrasian suatu struktur fisik serta struktur batinnya. Puisi ialah seni tertulis yang menggunakan bahasa sebagai kualitas estetiknya (keindahan). Puisi dibagi menjadii dua yaitu 1. puisi usang dan 2. puisi baru.



 


Pengertian Puisi Menurut Para Ahli


 


1. H.B. Jassin


Menurut H.B. Jassin menyatakan bahwa puisi ialah sebuah pengucapan dengan sebuah perasaan yang didalamnya mengandung sebuah fikiran-fikiran dan tanggapan-tanggapan.


 


2. Ralph Waldo Emerson


Menurut Ralph Waldo Emerson menyatakan bahwa puisi ialah mengajarkan sebanyak mungkin dengan kata-kata yang sedikit mungkin.


 


3. Waluyo


Menurut Waluyo menyatakan bahwa puisi ialah sebuah karya sastra dengan bahasa yang dipadatkan, dipersingkat dan diberi irama dengan bunyi yang padu dan pemilihan sebuah kata-kata kias (imajinatif).


 


4. Edwin Arlington Robinson


Menurut Edwin Arlington Robinsonmenyatakan bahwa puisi ialah suatu bahasa yang memberikan sesuatu yang sukar hendak dinyatakan, tidak diperkirakan sama dan ada puisi yang benar atau sebaliknya.


 


5. Muhammad Hj. Salleh


Menurut Muhammad Hj. Salleh menyatakan bahwa puisi ialah suatu bentuk sastra yang kental dengan music bahasa serta suatu akal penyair dan tradisinya. Dalam hali ini segala kekentalan itu, maka puisi sehabis dibaca akan menjadikan kita lebih bijaksana.


 


6. Usman Awang


Menurut Usman Awang menyatakan bahwa puisi ialah bukanlah sebuah nyanyian orang frustasi yang mencari sebuah ketenangan dan kepuasan dalam puisi yang ditulisnya.


 


7. SastraSudjiman


Menurut Kamus Istilah SastraSudjiman menyatakan bahwa puisi ialah sebuah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh sebuah irama, matra, rima, serta sesuatu penyusunan larik dan bait.


 


8. Watt-Dunton


Menurut Watt-Dunton mmenyatakan bahwa puisi ialah sebuah ekpresi yang kongkret dan yang bersifat artistik dari suatu pikiran insan dalam bahasa emosional dan berirama.


 


9. Ralph Waldo Emerson


Menurut Ralph Waldo Emerson menyatakan bahwa puisi ialah dalam cara mengajarkan sebanyak mungkin dengan kata-kata sesedikit mungkin.


 


10. Herman J. Waluyo


Menurut Herman J. Waluyo menyatakan bahwa puisi ialah sebuah bentuk karya sastra yang mengungkapkan suatu pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan mengonsentrasikan semua kekuatan bahasa dengan pengonsentrasian sebuah struktur fisik dan struktur batinnya.


 


11. Djoko Pradopo


Menurut Djoko Pradopo menyatakan bahwa puisi ialah sebuah hasil acara pemadatan, yaitu suatu proses penciptaan dengan cara menangkap kesan-kesan kemudian memadatkannya (kondensasi).


 


12 Pradopo


Meurut Pradopo menyatakan bahwa puisi ialah suatu acara yang bersifat pencurahan jiwa yang padat, yang bersifat sugestif dan asosiatif.


 


13. John Keats


Menurut John Keats menyatakan bahwa puisi ialah sebuah perjuangan untuk membaca indah dari membayangkan sebuah narasi proses pemikiran atau logis. Dia tidak menyiratkan sebuah puisi yang tidak masuk nalar atau tidak mempunyai narasi.



 


Jenis-Jenis Puisi


 


1. Puisi Lama


Puisi usang ialah sebuah puisi yang masih terikat oleh suatu aturan-aturan. Aturan puisi usang ini ibarat jumlah kata yang terdapat dalam 1 baris, jumlah barisnya terdapat dalam 1 bait, persajakan atau rima, banyak suku kata pada tiap baris, dan irama.


 


Jenis-Jenis Puisi Lama



  • Mantra ialah suatu ucapan-ucapan yang masih dianggap mempunyai suatu kekuatan gaib

  • Pantun ialah salah satu puisi usang yang mempunyai ciri yang bersajak a-b-a-b, pada tiap barisnya terdiri atas 8 hingga 12 suku kata, pada 2 baris awal pantun disebut dengan sampiran, pada 2 baris berikutnya disebut dengan sebagai isi, tiap bait 4 baris.

  • Karmina ialah salah satu jenis pantun yang kilat ibarat sebuah pantun tetapi sangat pendek.

    Seloka ialah sebuah pantun yang berkaitan.

  • Gurindam ialah salah satu jenis puisi yang terdiri dari tiap bait 2 baris, yang bersajak a-a-a-a, dan biasanya berisi sebuah nasihat.

  • Syair ialah salah satu jenis puisi yang bersumber dari sebuah negara Arab dan yang mempunyai ciri pada tiap bait 4 baris, bersajak a-a-a-a, yang biasanya berisi sebuah pesan yang tersirat atau sebuah cerita.

  • Talibun ialah sebuah pantun genap yang tiap baitnya terdiri dari sebuah bilangan genap ibarat 6, 8, ataupun 10 baris.


 


Ciri-Ciri Puisi lama



  • Puisi usang mempunyai ciri-ciri yang bisanya berupa puisi rakyat dan tidak ada nya nama sih pengarangnya.

  • Pada puisi usang masih terikat oleh aneka macam suatu aturan-aturan yang ibarat dari jumlah baris pada setiap baitnya, sajak serta jumlah suku kata pada setiap barisnya.

  • Pusi usang biasanya disampaikan dari verbal ke verbal dan bisa disebut dengan sastra lisan.

  • Pada puisi usang menggunakan sebuah majas atau suatu gaya bahasa tetap dan klise.

  • Pada puisi usang biasanya berisikan wacana sebuah kerajaan, fantastis, serta istanasentris.


 


2. Puisi Baru


Puisi gres ialah sebuah puisi yang sudah tidak terikat oleh suatu aturan, berbeda dengan puisi lama. Puisi gres mempunyai sebuah bentuk yang lebih bebas dibandingkan dengan puisi usang baik dalam jumlah baris, suku kata, ataupun rima.


 


Jenis-Jenis Puisi Baru



  • Balada ialah salah satu jenis puisi baru. Balada ialah sebuah puisi wacana cerita. Balada terdiri dari 3 bait dan masing-masing dengan 8 larik serta dengan suatu denah rima a-b-a-b-b-c-c-b. Lalu denah rima nya berkembang menjadi a-b-a-b-b-c-b-c. Pada larik terakhir dalam suatu bait pertama dipakai refren dalam bait-bait selajutnya.

  • Himne ialah salah satu jenis puisi yang dipakai sebagai sebuah pujaan untuk Tuhan, tanah air, atau seorang pahlawan.

  • Ode ialah salah satu jenis puisi yang berisikan wacana sebuah sanjungan bagi orang yang telah berjasa. Pada puisi ini nada serta gayanya sangat resmi, yang bernada sangat anggun, dan membahas sesuatu yang mulia, mempunyai sifat yang menyanjung baik itu terhadap langsung tertentu atau suatu kejadian umum.

  • Epigram ialah salah satu jenis puisi yang mempunyai isi berupa tuntunan atau suatu aliran hidup.

  • Romansa ialah salah satu jenis puisi yang berisikan wacana sebuah luapan perasaan penyair wacana sebuah cinta kasih.

  • Elegi ialah salah satu jenis puisi yang berisikan wacana sebuah kesedihan.

  • Satire salah satu jenis puisi yang yang isinya berisikan wacana sebuah sindiran atau suatu kritikan.

  • Distikon ialah salah satu jenis puisi yang pada tiap baitnya terdiri dari 2 baris (puisi 2 seuntai).

  • Terzinaa ialah salah satu jenis puisi yang pada tiap baitnya terdiri dari 3 baris (puisi 3 seuntai).

  • Kuatrain ialah salah satu jenis puisi di tiap baitnya terdiri dari 4 baris (puisi 4 seuntai).

  • Kuint ialah salah satu jenis puisi di tiap baitnya terdiri dari 5 baris (puisi 5 seuntai).

  • Sektet ialah salah satu jenis puisi di tiap baitnya terdiri dari 6 baris (puisi 6 seuntai).

  • Septime, ialah salah satu jenis puisi di tiap baitnya terdiri dari 7 baris (puisi 7 seuntai).

  • Oktaf atau Stanza ialah salah satu jenis puisi gres yang mempunyai ciri pada tiap baitnya terdiri 8 baris (double kutrain atau bisa disebut dengan puisi 8 seuntai).

  • Soneta ialah salah satu jenis puisi gres yang mempunyai ciri yaitu terdiri dari 14 baris yang terbagi menjadi 2, pada 2 bait pertama masing-masing terdiri dari 4 baris dan pada 2 bait kedua masing-masing 3 baris.


 


Ciri-Ciri Puisi Baru



  • Dapat diketahui nama sih pengarangnya

  • Pada suatu perkembangannya secara lisan serta tertulis.

  • Puisi gres tidak terikat dengan aneka macam aturan-aturan ibarat rima, jumlah baris dan suku kata.

  • Pada puisi gres menggunakan majas yang dinamis atau berubah-ubah.

  • Yang berisikan wacana sebuah kehidupan.

  • Pada puisi gres biasanya lebih banyak menggunakan sajak pantun dan syair.

  • Mempunyai sebuah bentuk yang lebih rapi dan simetris.

  • Mempunyai sebuah rima selesai yang teratur.

  • Pada puisi tiap-tiap barisnya berupa sebuah kesatuan sintaksis.


 


 


Unsur-Unsur Puisi


Puisi harus mempunyai 2 Unsur ini yaitu struktur fisik dan struktur batin puisi, berikut ini penjelasannya :


 


1. Struktur Fisik Puisi



  • Perwajahan Puisi (Tipografi), yaitu suatu bentuk puisi yang ibarat halaman yang tidak dipenuhi dengan kata-kata, tepi kanan-kiri, pengaturan barisnya, hingga pada baris puisi yang tidak selalu dimulai dengan abjad kapital dan diakhiri dengan tanda titik. Hal tersebut menentukan sebuah pemaknaan terhadap puisi.



  • Diksi ialah pemilihat kata-kata yang dilakukan oleh sih penyair dalam sebuah puisinya. Karena puisi ialah sebuah bentuk karya sastra yang sedikit kata-katanya bisa mengungkapkan banyak, oleh alasannya itu kata-katanya harus dipilih secermat mungkin. Pada pemilihan kata-kata dalam sebuah puisi bersahabat kaitannya dengan makna, keselarasan bunyi, dan urutan kata.



  • Imaji, ialah sebuah kata atau susunan kata yang mengungkapkan sebuah pengalaman indrawi, contohnya sebuah penglihatan, pendengaran, dan perasaan. Imaji ini terbagi atas tiga yaitu imaji bunyi (auditif), imaji penglihatan (visual), dan imaji raba atau sentuh (imaji taktil). Imaji menimbulkan sih pembaca seperti melihat, mendengar, dan mencicipi apa yang dialami oleh penyair.



  • Kata Konkret, ialah sebuah kata yang memungkinkan memunculkan sebuah imaji alasannya bisa ditangkap indera yang mana kata ini berafiliasi dengan suatu kiasan atau lambang. Seperti kata nyata “salju” yang dimana melambangkan sebuah kebekuan cinta, kehampaan hidup, dll, sedangkan pada kata kongkret “rawa-rawa” melambangkan sebuah kawasan kotor, kawasan hidup, bumi, kehidupan dan lain sebaginya.



  • Gaya Bahasa, ialah suatu penggunaan bahasa dengan menghidupkan atau meningkatkan suatu pengaruh dan menimbulkan sebuah konotasi tertentu dengan bahasa figuratif yang mengakibatkan sebuah puisi menjadi prismatis, yang artinya memancarkan banyak makna atau kaya makna. Gaya bahasa ini disebut dengan majas. macam-macam majas yaitu antara lain metafora, simile, personifikasi, litotes, ironi, sinekdoke, eufemisme, repetisi, anafora, pleonasme, antitesis, alusio, klimaks, antiklimaks, satire, pars pro toto, totem pro parte, hingga paradoks



  • Rima/Irama ialah sebuah persamaan bunyi puisi yang baik di awal, tengah, dan selesai baris puisi. Rima meliputi yakni: Onomatope (sebuah tiruan terhadap bunyi ibarat /ng/ yang memperlihatkan suatu pengaruh magis puisi staudji C. B); Bentuk intern pola bunyi (aliterasi, asonansi, persamaan akhir, persamaan awal, sajak berselang, sajak berparuh, sajak penuh, repetisi bunyi (kata), dan sebagainya; Pengulangan sebuah kata/ungkapan ritma ialah tinggi rendah, panjang pendek, keras lemahnya bunyi. Rima sangat menonjol dalam pembacaan sebuah puisi.


 


2. Struktur Batin Puisi



  • Tema/Makna (sense); media pusi ialah suatu bahasa. Tataran bahasa ialah suatu relasi tanda dengan makna, maka pusi harus mempunyai sebuah makna ditipa kata, baris, bait, dan makna keseluruhan.



  • Rasa (Feeling) yaitu suatu perilaku penyair yang mengenai pokok permasalahan yang terdapat di dalam puisinya. Pengungkapan tema dan rasa bersahabat kaitannya akan sebuah latar belakang sosial dan psikologi penyair, contohnya ibarat latar belakang pendidikan, agama, jenis kelamin, kelas sosial, kedudukan dalam sebuah masyarakat, usia, pengalaman sosiologis dan psikologis, dan dalam pengetahuan. Pada kedalaman pengungkapan sebuah tema dan ketetapan dalam menyikapi sebuah persoalan tidak tergantung dari sebuah kemampuan penyair menentukan sebuah kata-kata, rima, gaya bahasa, dan bentuk puisi saja, namun juga dari sebuah wawasan, pengetahuan, pengalaman, dan keperibadian yang terbentuk oleh suatu latar belakang sosiologis dan psikologisnya.



  • Nada (tone) ialah suatu perilaku penyair terdapat pembacanya. Nada berafiliasi dengan tema dan rasa. Penyair bisa memberikan suatu tema baik dengan suatu nada yang menggurui, mendikte, bekerja sama dengan pembaca dalam pemecahan sebuah masalah, menyerahkan persoalan kepada sih pembaca, dengan nada sombong, menganggap terbelakang dan rendah pembaca, dan lain sebagainya.



  • Amanat/tujuan maksud (intention) yaitu sebuah pesan yang akan disampaikan oleh sih penyair kepada sih pembaca yang terdapat di dalam puisi tersebut.


 


Puisi merupakan salah satu jenis sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan sih penulis dan ungkapan yang ada di sekeliling suatu masyarakat. Itulah ulasan wacana √ Puisi : Pengertian, Jenis, Ciri, Unsur, Struktur & Contohnya Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca yang membutuhkannya. Sekian dan terimakasih.


 


 


Baca Juga Artikel Liannya  :


Baca Juga :  √ Pantun : Pengertian, Ciri, Jenis & Contohnya Terlengkap

Baca Juga :  √ Cerpen : Pengertian, Ciri, Unsur & Strukturnya Lengkap

Baca Juga :  √ Novel : Pengertian, Ciri, Unsur, Jenis & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Pronomina ( Kata ganti ) : Pengertian, Ciri, Jenis & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Resensi : Pengertian, Jenis, Tujuan, Unsur, Manfaat & Contohnya Lengkap



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Puisi : Pengertian, Jenis, Ciri, Unsur, Struktur Misalnya Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel