iklan

Pengertian Tulang Rawan

Pengertian tulang rawan - Tulang rawan merupakan pembagian tulang menurut dari jaringan penyusunannya. Lalu apa itu tulang rawan? Seperti apa yang dimaksud tulang rawan itu? Mungkin diantara kau ada yang pernah mendapat pertanyaan ibarat itu namun belum menemukan jawabannya. Untuk itulah di sini kami akan mengulas perihal apa yang dimaksud dengan tulang rawan. Untuk lebih memahami ibarat apakah tulang rawan itu, di sini juga kami sertakan klarifikasi tentang, struktur tulang rawan, jenis jenis tulang rawan dan ciri ciri tulang rawan.Silahkan simak klarifikasi selengkapnya perihal definisi tulang rawan atau arti tulang rawan sebagai berikut ini.
 Tulang rawan merupakan pembagian tulang menurut dari jaringan penyusunannya Pengertian Tulang Rawan

Pengertian Tulang Rawan

Tulang rawan adalah sebuah jaringan ikat di mana tulang yang bersifat lentur dan liat alasannya adanya zat-zat antar sel tulang yang banyak mengandung zat perekat dan juga zat kapur. Zat kapur perekat tulang yaitu sejenis protein yang disebut dengan kolagen. Sesudah sampaumur tulang rawan berganti menjadi tulang keras, namun tidak semuanya tulang rawan akan bermetamorfosis tulang keras. Pada orang sampaumur tulang rawan terdapat pada hidung, telinga, ujung-ujung tulang keras, dan sendi atau daerah sambungan antar tulang.

Struktur Tulang Rawan

Kartilago atau tulang rawan merupakan suatu jaringan ikat yang menyusun sistem gerak jaringan tulang rawan yang tersusun dari sel-sel tulang rawan. Pada sel-sel tulang rawan, kemudian mengeluarkan matriks yang dikenal dengan kondrin. Matriks sanggup menciptakan tulang rawan yang bersifat lentur, besar lengan berkuasa serta licin. Tulang-tulang rusuk penyusun rongga dada sanggup bergerak dengan bebas mengikuti pemekaran paru-paru ketika bernapas itu alasannya kelenturan tulang rawan pada tulang-tulang rusuk.

Ciri ciri Tulang Rawan

Terdapat ciri ciri tulang rawan, di antaranya ialah sebagai berikut ini:
  • Mempunyai bentuk khusus jaringan ikat dengan fungsi utama yaitu menyokong jaringan lunak.
  • Terdiri dari sel-sel (kondosit dan kondroblas) serta matriks (serat dan substansi dasar).
  • Tulang rawan memiliki kekuatan renggang, pnyokong yang struktural, dan sanggup memungkinkan fleksibilitas tanpa distorsi.
  • Matriksnya mengandung serat elastin atau serat kolagen yang memperlihatkan kelenturan serta kekuatan.
 Tulang rawan merupakan pembagian tulang menurut dari jaringan penyusunannya Pengertian Tulang Rawan

Jenis-jenis Tulang Rawan

Terdapat 3 jenis tulang rawan yaitu tulang rawan hialin, tulang rawan lentur dan tulang rawan fibrokartilago. Untuk penjelasannya silahkan simak sebagai berikut ini.
  1. Tulang Rawan Hialin yaitu suatu bentuk umum yang terdapat dalam badan manusia, tulang rawan ketika masa embrio serta ketika dewasa. Tulang rawan ketika masa embrio yaitu sebagai suatu bentuk kerangka bagi kebanyakan tulang yang dibuat melalui osifikasi endokondral. Tulang rawan ketika masa sampaumur yaitu sebagai bentuk tulang rawan yang telah menjadi tulang keras, kecuali pada hidung, ujung iga, permukaan sendi, brongkus, dan trachea.
  2. Tulang Rawan Elastis yaitu tulang rawan yang bersifat lentur di mana matriksnya ada serat lentur yang bercabang-cabang. Tulang rawan lentur terdapat pada larings, epiglotis, auricular (telinga bab luar), dan eustachii (dinding tuba auditiva).
  3. Tulang Rawan Fibrokartilago yaitu tulang yang mengandung banyak serat kalogen yang padat pada matriksnya yang tak terstruktur sehingga akan lebih besar lengan berkuasa dan kaku. Untuk tulang rawan fibrokartilago ini terdapat di antar ruas tulang belakang.

Demikian klarifikasi yang sanggup kami uraikan dalam artikel yang berjudul pengertian tulang rawan. Semoga uraian dalam blog temukan pengertian di atas sanggup bermanfaat bagi kita semua.

Sumber http://temukanpengertian.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Tulang Rawan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel