iklan

Memahami Sistem Penataan Dokumen Kantor

Bagi suatu instansi atau perusahaan, menata dokumen kantor secara baik serta benar yaitu hal yg sangat penting demi kelancaran aktivitas instansi atau perusahaan tadi. Untuk itu, telah hal yang wajib bagi suatu instansi untuk mempunyai sistem pengelolaan penataan dokumen kantor yang baik serta sahih. 

Dengan menerapkan sistem penataan dokumen yang baik dan benar, maka aneka macam pekerjaan pun sanggup dikelola dengan lebih baik, lebih efektif jua efisien. Untuk memahami sistem penataan dokumen tempat kerja, perlu diketahui beberapa jenis dan pengertian menurut sistem – sistem yang ada dan tak jarang dipakai.


Berikut ini merupakan beberapa jenis dan pengertian sistem penataan dokumen tempat kerja, yang meliputi :


1. Penataan Dokumen dengan Sistem Nomor

Dalam penataan dokumen kantor dengan sistem angka, file – file yang dimiliki disimpan dari dalam urut-urutan angka menurut warkat yg terkait. Penataan dokumen dengan sistem nomor terbagi pada beberapa bentuk lagi, yaitu sistem nomor urut, terminal digit filling, middle digit filling, serta duplex numerical filling.

Artikel terkait: Melakukan Penataan Dokumen Secara Baik serta Benar



2. Penataan Dokumen menggunakan Sistem Subjek / Pokok Soal / Pokok Masalah

Dalam penataan dokumen kantor menggunakan sistem subjek / utama soal / pokok masalah, arsipnya disusun dengan dari kesamaan subjek atau pokok permasalahan yang dimuat dalam tiap - tiap warkat.

3. Penataan Dokumen menggunakan Sistem Abjad

Cara penyimpanan arsip dengan sistem karakter merupakan sistem penyusunan yang menggunakan urut-urutan karakter menurut nama orang, tubuh / perusahaan /organisasi, sinkron yg tertera dalam warkat.

4. Penataan Dokumen menggunakan Sistem Tanggal / Kronologis

Penataan dokumen dengan sistem lepas / kronologis yaitu cara menyimpan file yang penataannya menurut pada urut - urutan lepas yg tertera pada pada warkat.

5. Penataan Dokumen menggunakan Sistem Wilayah

Sistem penataan dokumen kantor menggunakan menggunakan sistem wilayah, file yg dimiliki disimpan menggunakan didasarkan pada pembagian tempat yang tertera dalam berasal surat.

Sumber http://zuhriindonesia.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Memahami Sistem Penataan Dokumen Kantor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel