iklan

Pengertian Dan Fungsi Kabel Serat Fiber Optik

Pengertian dan Fungsi Kabel Serat Fiber Optik - Kabel Serat Optik  ialah jenis kabel jaringan komputer dan internet yang jarang dipakai pada instalasi jaringan tingkat menengah ke atas.

Biasanya, kabel jenis fiber optik dipakai pada instalasi jaringan yang besar menyerupai perusahaan multinasional dan juga dipakai untuk antar lantai atau antar gedung. Kabel jenis ini ialah media jaringan medium yang dipakai untuk transmisi-transmisi modulasi.

Fiber Optic harganya lebih mahal di bandingkan kabel jenis lain. Fiber Optic mempunyai dua mode transmisi, yaitu single mode dan multi mode. Single mode memakai sinar laser sebagai media transmisi data sehingga mempunyai jangkauan yang lebih jauh. Sedangkanmulti mode menggunakan  LED sebagai media transmisi.

Karakteristik kabel fiber optik :
Beroperasi pada kecepatan tinggi (gigabit/second)
Mampu mengirim paket data dengan kapasitas besar
Biaya pernode cukup mahal
Media dan ukuran konektor kecil
Kebal trhadap interferensi elektromagnetik
Jarak transmisi yang lebih jauh ( 2 hingga 60 kilometer)

Teknologi fiber optic atau serat cahaya bisa menjangkau jarak yang besar dan menyediakan pertolongan total terhadap gangguan elektrik. Kecepatan transfer data fiber optic sanggup mencapai 1000 mbps (mega bit per second) serta jarak dalam satu segment bisa mencapai 3.5 km bahkan lebih. kabel serat cahaya tidak terganggu oleh cuaca buruk.
Fiber optic merupakan media transmisi terbaru untuk standard Ethernet dalam kabel Lan.

Perbedaan yang menonjol dari fungsi antara kabel fiber optic dan kabel electric ialah sebagia berikut:
- Jarak lebih jauh
- Harga jauh lebih mahal
- Kurang interferensi magnetic, membuatnya lebih aman
- Dapat mencapai kecepatan hingga 10 Gigabits

Ada dua macam kabel jaringan Lan dalam perangkat optic ini:
a. Multimode (MM), memakai ukuran diameter fiber optic lebih luas.
b. Single mode (SM), memakai diameter fiber optic sangat kecil.

Jenis single mode sangat mahal dikarenakan proses fabrikasinya lebih teliti. Kabel serat fiber optic ini bisa mencapai jarak yang lebih panjang dari pada kabel jenis optic MM.

Baca juga : Pengertian Kabel UTP dan Fungsinya
Konektor optic
Untuk mentransmisikan data melalui kabel jaringan Lan optic ini , anda harus menyediakan sebuah strand optic tunggal untuk satu arah. Anda juga memerlukan dua strand optic untuk kedua arah masing-masing untuk mengirim data dan mendapatkan data.  Konektor untuk masing-masing ujung dari fiber optic ini biasanya menyerupai pada gambar berikut:

Pengertian dan Fungsi Kabel Serat Fiber Optik Pengertian dan Fungsi Kabel Serat Fiber Optik

Kelebihan kabel serat fiber optic

a. Kemampuan sangat baik
kabel serat fiber optic  mempunyai kemampuan yang sangat baik dalam mentransfer data dengan kapasitas yang jauh lebih besar serta jarak tranmisi data yang jauh.

b. Kecepatan transmisi tinggi
kabel serat fiber optic mempunyai kecepatan yang sangat tinggi bahkan mencapai ukuran gigabits, serta tingkat kemungkinan hilangnya data yang sangat rendah.

c. Tingkat keamanan tinggi
Fiber optic mempunyai tingkat keamanan yang tinggi, lantaran kabel serat fiber optic kondusif dari efek interferensi sinyal radio, motor, maupun kabel-kabel yang berada di sekitarnya, menciptakan fiber optic lebih banyak dipakai dalam infrastruktur perbankan atau perusahaan yang membutuhkan jaringan dengan tingkat keamanan yang tinggi.

d. Aman dipakai dalam lingkungan yang gampang terbakar dan panas.
Fiber optic juga jauh lebih kecil dibandingkan dengan kabel tembaga, sehingga lebih menghemat daerah dalam ruangan network data center di mana pun

Kekurangan kabel serat fiber optic
a. Harga Mahal
kabel serat fiber optic mempunyai harga yang cukup mahal apabila dibandingkan dengan teknologi kabel lainnya. Hal ini disebabkan fiber optic sanggup mengantarkan data dengan daya tampung yang lebih besar dan jarak transmisi data yang lebih jauh.

b. Memerlukan Investasi yang Besar
Kekurangan lainnya dari kabel serat fiber optic ialah investasi yang besar lantaran diharapkan untuk pengadaan sumber daya insan yang andal, lantaran tingkat kesulitan penerapan dan deployment fiber optic yang cukup tinggi.

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Dan Fungsi Kabel Serat Fiber Optik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel