iklan

Apakah Boleh Main Laptop Sambil Dicharge? Ini Faktanya


Bagi seorang pekerja atau mahasiswa, laptop ialah salah satu gadget yang mempunyai fungsi paling penting.





Bagi mahasiswa misalnya, laptop akan sangat mempunyai kegunaan untuk mengerjakan kiprah kuliah. Laptop mempunyai lebih banyak keunggulan bagi penggunanya yang menciptakan laptop dianggap lebih efisien dibandingkan dengan memakai komputer.





Salah satunya ialah sebab laptop yang gampang dibawa kemana-mana. Kaprikornus penggunanya sanggup memakai perangkat ini dimanapun dan kapanpun.





Dengan begitu tentu akan sangat memudahkan pengguna untuk mengerjakan pekerjaan atau tugasnya.





Namun, dibalik kelebihan niscaya ada kekurangan. Begitu pun dengan perangkat laptop ini. Dibalik keunggulannya yang dianggap lebih efektif untuk bekerja atau mengerjakan tugas, laptop juga mempunyai kekurangan.





Sama menyerupai perangkat elektronik menyerupai ponsel, laptop juga memakai baterai sebagai sumber energi utamanya.





Ketika sedang digunakan diluar ruangan tanpa ada sumber listrik tentu akan sangat merepotkan. Begitupun ketika laptop sedang dicharge atau diisi ulang dayanya.





Beberapa orang terkadang tidak sabar untuk menunggu daya baterainya penuh sehingga menentukan untuk menggunakannya bahkan dikala sedang dicharge.





Lantas, pernahkah Anda berpikir apakah memakai laptop sambil dicharge itu mempunyai dampak bagi laptop itu sendiri?





Dampak Saat Menggunakan Laptop Saat Sedang Dicharge





 laptop ialah salah satu gadget yang mempunyai fungsi paling penting Apakah Boleh Main Laptop Sambil Dicharge? Ini Faktanya




Jika Anda merasa sering melaksanakan kebiasaan jelek memakai laptop dikala sedang dicharge, maka disarankan untuk menghentikan kebiasaan jelek itu mulai dari sekarang.





Jika memang tidak mendesak sebab dikejar deadline atau hal mendesak lainnya, maka usahakan untuk membiarkan laptop dalam keadaan mati dikala sedang dicharge.





Hal ini sebab memakai laptop dikala sedang dicharge sanggup memperlihatkan dampak negatif untuk laptop Anda.





Hal ini biasanya sering terjadi pada laptop yang digunakan untuk bermain game. Saking asyiknya bermain pengguna biasanya tidak akan rela jikalau permainannya harus berakhir sebab baterai laptop habis dan harus dimatikan untuk mengisi kembali dayanya





Karena itu sebagai gantinya banyak yang lebih menentukan menggunakannya sambil dicharge. Jika Anda terus melanjutkan kebiasaan jelek ini tentu akan berdampak negatif pada performa laptop Anda.





Salah satu dampak yang paling dirasakan ialah performa baterai yang terus menurun. Misalnya baterai laptop lebih cepat habis.





Atau yang paling parah ialah laptop tidak sanggup digunakan sama sekali dengan sumber daya baterai.





Jadi ketika memakai harus tersambung ke sumber listrik. Untuk mengembalikan performa laptop Anda, tidak ada cara lain selain membeli baterai baru.





Namun sayangnya, baterai yang gres ini pun tidak menjamin laptop Anda kembali pada performa awalnya.





Menggunakan Laptop Tanpa Baterai sanggup Berdampak Negatif





Ada juga beberapa orang yang beranggapan untuk menjaga performa baterai laptop biar tetap maksimal, lebih baik memakai laptop dengan sumber energi listrik eksklusif atau tanpa baterai.





Cara ini pun banyak diterapkan oleh pengguna laptop. Namun, Anda juga harus tahu jikalau memakai laptop tanpa baterai dan hanya eksklusif disambungkan ke sumber listrik juga memperlihatkan dampak negatif pada laptop Anda diantaranya ialah sebagai berikut:





  1. Merusak Komponen Elektronika Laptop




Dampak yang pertama ialah sanggup merusak komponen eletronik yang ada di dalam laptop. Hal ini sebab laptop mendapatkan daya listrik dalam jumlah yang berlebihan tanpa ada penyesuaian. Disinilah fungsi charger yang menjadi stabilizer pada laptop tersebut.





  1. Merusak Komponen Laptop Seperti RAM, Processor dan Lainnya




Ketika memakai laptop tanpa baterai otomatis sumber energi utamanya hanya ada pada listrik.





Lalu bagaimana jikalau ketika digunakan kemudian listrik mati? Bukan mustahil hal tersebut nantinya akan merusak komponen-komponen dari laptop itu sendiri menyerupai processor, RAM, harddisk dan komponen-komponen lainnya.





Arus listrik yang tidak stabil pun juga menjadi bahaya yang serius untuk hardware Anda.





  1. Pekerjaan Bisa Hilang Seketika




Dampak ini juga sering dirasakan apabila Anda memakai laptop hanya bersumber dari listrik. Ketika listrik mati dan Anda sedang bekerja, bukan mustahil hasil kerja Anda tadi eksklusif menghilang seketika, apalagi jikalau Anda belum menyimpan file tersebut sebelumnya.





Laptop merupakan perangkat yang membantu efektivitas pekerjaan bagi penggunanya. Maka dari itu, gunakan sesuai dengan fungsinya.





Jangan terlalu sering memakai laptop dikala dalam keadaan dicharge apalagi digunakan tanpa baterai dan hanya eksklusif disambungkan pada sumber listrik utama.





Setelah mengetahui dampaknya, ikuti tutorial: cara merawat laptop biar tahan lama.





Jika kebiasaan ini dibiarkan, dampak negatif menyerupai yang disebutkan di atas sanggup menyerang laptop Anda.



Sumber https://bersamatekno.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apakah Boleh Main Laptop Sambil Dicharge? Ini Faktanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel