iklan

Rumus Excel Match Dan Index Untuk Mencari Data

Fungsi Rumus Excel MATCH yaitu fungsi (function) yang dipakai mencari posisi data sel  pada suatu range, data yang dicari sanggup berupa teks (string) dan angka (numerik). Sama halnya dengan VLOOKUP dan HLOOKUP, rumus MATCH juga sanggup melaksanakan aproksimasi nilai numerik data sel. Hasil yang ditampilkan oleh formula ini yaitu urutan posisi paling kecil pada range. Rumus Excel MATCH sering dipakai di dalam formula lookup function. Berikut tutorial Rumus Excel MATCH dan INDEX, untuk rumus INDEX anda sanggup membaca tutorial sebelumnya.

Tutorial Sebelumnya: Rumus Excel INDEX Array dan INDEX Reference serta Contohnya

Sistematika Rumus Excel MATCH

=MATCH(lookup_value, lookup_range, [match_type]) 
  • lookup_value adalah nilai data yang anda cari pada lookup_range.
  • lookup_range adalah range daerah anda mencari data. Range harus berupa vektor yaitu hanya terdiri dari satu kolom atau satu baris.
  • [match_type] adalah jenis tipe lookup_range yang dipakai dalam formula, terdapat 3 jenis [match_type] yang harus anda sesuaikan terhadap urutan data pada lookup_range.
    • match_type = 0, berarti lookup range berisi nilai tegas (exact) atau tanpa aproksimasi. match_type = 0 menampilkan nilai #N/A ketika data yang dicari tidak terdapat pada lookup_range. Tipe 0 sering dipakai untuk mencari data teks. Anda sanggup mencari data teks dengan lebih gampang dengan menambahkan aksara ‘*’, misalkan untuk mencari kata “Bali” anda cukup mendefinisikan lookup_value sebagai “Ba*”. Pencarian teks (string) tidak bersifat case-sensitive.
    • match_type = 1, berarti lookup range berisi data numerik yang diurutkan dari kecil ke besar (ascending) dengan aproksimasi x < lookup value < x+1.
    • match_type = -1, berarti lookup range berisi data numerik yang diurutkan dari besar ke kecil (descending) dengan aproksimasi x > lookup value > x+1.

PENTING: Penggunaan koma (,) atau semicolon (;) dalam FORMULA disesuaikan dengan versi Microsoft Excel dan konfigurasi bahasa pada komputer anda.

A. Contoh Penggunaan MATCH untuk Mencari Teks

Diketahui tabel hasil suatu olimpiade matematika. Seorang siswa yang berjulukan “Made” ingin mengetahui juara yang didapatnya.

Dapat diketahui jenis pencarian yang dilakukan yaitu pencarian teks. Sehingga [match_type] yang dipakai yaitu 0.

 yang dipakai mencari posisi data sel  pada suatu range Rumus Excel MATCH dan INDEX untuk Mencari Data

=MATCH("made",A2:A6,0)

Sehingga sanggup diketahui made mendapat rangking 3.


B. Penggunaan MATCH untuk Mencari Data Numerik Ascending

Untuk mempermudah, nilai ascending sanggup diilustrasikan pada tabel di bawah, misalkan akan dicari nilai 1234 menurut interval [match_type] = 1. Adalah sebagai berikut,

PENTING: Penggunaan koma (,) atau semicolon (;) dalam FORMULA disesuaikan dengan versi Microsoft Excel dan konfigurasi bahasa pada komputer anda.

 yang dipakai mencari posisi data sel  pada suatu range Rumus Excel MATCH dan INDEX untuk Mencari Data

=MATCH(A8,A2:A6,1)

Sehingga sanggup diketahui posisi 1234 (1000 hingga 9999) terdapat pada urutan data ke-4 di range A2:A6.


C. Penggunaan MATCH untuk Mencari Data Numerik Descending

Pada data range yang urut dari besar ke kecil, kita mencari data dengan memakai [match_type] = -1. Akan dicari posisi angka 4321 pada tabel, berikut ilustrasinya

 yang dipakai mencari posisi data sel  pada suatu range Rumus Excel MATCH dan INDEX untuk Mencari Data

=MATCH(A8,A2:A6,-1)

Dapat diketahui posisi 4321 (5000-4001) terdapat pada urutan ke tiga di range A2:A6.

Baca juga tutorial lainnya: Daftar Isi Tutorial Excel


Sekian artikel Rumus Excel MATCH dan INDEX untuk Mencari Data. Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai Fans Page Advernesia. Terima kasih…


Sumber https://www.advernesia.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rumus Excel Match Dan Index Untuk Mencari Data"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel