iklan

Pengertian Komputer | Sejarah, Komponen Komputer Dan Fungsinya

A. Pengertian Komputer

Secara harfiah komputer berasal dari bahasa latin yaitu “computāre” yang berarti menghitung. Komputer yakni perangkat yang dipakai untuk melaksanakan perhitungan data yang terdiri dari memasukkan data (input), mengolah data (process), dan menghasilkan warta (output) memakai hardware dan software tertentu.

Artikel terkait: Pengertian Data, Informasi, dan Pengetahuan


B. Komponen Komputer

Komputer terdiri dari 3 komponen utama, yaitu:

  1. Hardware (Perangkat Keras)

    Hardware atau perangkat keras komputer yakni bab dari sistem komputer yang merupakan perangkat yang sanggup diraba dan dilihat secara fisik serta perangkat yang menjalankan isyarat dari perangkat lunak (software).

    Artikel terkait: Pengertian Perangkat Keras Komputer dan Contohnya

  2. Software (Perangkat Lunak)

    Pengertian software yakni istilah umum untuk banyak sekali kegiatan yang berisi instruksi-instruksi terkait mengoperasikan komputer atau perangkat keras terkait. Software dalam bahasa Indonesia disebut juga perangkat lunak, alasannya yakni software secara fisik tidak sanggup dilihat namun sanggup dioperasikan.

    Artikel terkait: Apa itu Software atau Perangkat Lunak Komputer dan Jenisnya

  3. Brainware (Pengguna Komputer)

    Brainware yakni orang yang mengoperasikan hardware dan software komputer.


C. Fungsi Komputer 

Beberapa pola fungsi komputer untuk kehidupan sehari-hari adalah

  • Menulis dokumen yang sanggup dicetak.
  • Mengakses internet.
  • Mengolah data dengan banyak sekali tujuan.
  • Memutar file media menyerupai gambar, video dan musik.
  • Menyimpan data digital.
  • Membangun sistem warta yang membantu suatu instansi, contoh: sistem warta universitas.
  • Bermain Video Games.
  • Programming.
  • Membuat design.
  • Presentasi.
  • Dan lain-lain.

D. Sejarah Komputer

Komputer yang kita kenal bermula semenjak masa ke 19, yang merupakan hasil inovasi dari seorang professor matematika yaitu Charles Babbage. Ia merancang sebuah mesin analitik yang sanggup melaksanakan operasi matematika sederhana. Hal ini lalu menjadi kerangka dasar dari perkembangan komputer berikutnya.

Perkembangan Komputer

Secara umum, perkembangan komputer dibagi menjadi 5 generasi yaitu:

  1. Komputer Generasi Pertama (1937 – 1946)

    Komputer generasi 1 diawali oleh Dr. John V. Atanasoff dan Clifford Berry. yang berjulukan komputer Atanasoff-Berry (ABC). Kemudian tahun 1943, perkembangan komputer di Inggris dituntut oleh kepentingan perang dunia II (World Wide War II) berjulukan komputer Colossus. Komputer ini dipakai untuk memecah kode mesin cipher Lorenz SZ-40, merupakan mesin yang dipakai Jerman untuk berkomunikasi jarak jauh memakai sinyal telegraf.

    Secara harfiah komputer berasal dari bahasa latin yaitu  Pengertian Komputer | Sejarah, Komponen Komputer dan Fungsinya
    Komputer ENIAC – Wikipedia

    Tahun 1943, dibentuk komputer digital pertama dengan tujuan umum yaitu ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer). Komputer ini beratnya 30 ton, dan mempunyai 18.000 tabung vakum sebagai unit pemrosesan. Ketika komputer ini dinyalakan untuk pertama kalinya, seluruh lampu di bab Philadelphia meredup.

    Komputer generasi pertama yakni komputer yang sanggup melaksanakan satu tugas, dan tidak mempunyai sistem operasi.

  2. Komputer Generasi Kedua (1947 – 1965)

    Perkembangan komputer generasi 2 ditandai dengan inovasi transistor yang menggantikan tabung vakum sebagai unit pemrosesan. Transistor pertama kali ditemukan oleh Dr.John bardeen, Dr.walte H.Brattain, dan Dr william Scockley pada tahun 1947. Hal ini menjadikan ukuran komputer menjadi jauh lebih kecil, lebih ringan, dan lebih ekonomis daya.

    Secara harfiah komputer berasal dari bahasa latin yaitu  Pengertian Komputer | Sejarah, Komponen Komputer dan Fungsinya
    Komputer UNIVAC 1 – Wikipedia

    Pada tahun 1951, komputer pertama yang memakai transistor dipublikasi untuk tujuan komersial yang berjulukan UNIVAC 1 (Universal Automatic Computer 1). Kemudian tahun 1953, perusahaan teknologi IBM, menciptakan jejak komputer secara komersial dengan seri 650 dan 700 di pasaran.

    Komputer generasi kedua yakni perkembangan komputer yang pesat mulai dari penggunaan transistor, inovasi memori komputer, sistem operasi, dan penciptaan lebih dari 100 bahasa pemrograman.

    Artikel terkait: Pengertian Sistem Operasi Komputer Beserta Contohnya

  3. Komputer Generasi Ketiga (1965 – 1971)

    Penemuan sirkuit terintegrasi (IC) merupakan cikal bakal dari perkembangan komputer generasi ketiga. Hal ini menjadikan ukuran komputer menjadi lebih kecil, lebih cepat, lebih kuat, dan sanggup menjalankan beberapa kiprah sekaligus (multitasking).

    Secara harfiah komputer berasal dari bahasa latin yaitu  Pengertian Komputer | Sejarah, Komponen Komputer dan Fungsinya
    Integrated Circuit (IC) – Wikipedia
  4. Komputer Generasi Keempat (1971 – 1980)

    Perkembangan komputer generasi keempat dimulai tahun 1971 yang ditandai dengan penggunaan Very Large Scale Integrated (VLSI) pada perangkat komputer. Hal ini dikenal dengan sebutan mikroprosesor, yang merupakan sebuah chip kecil terdiri dari ribuan transistor. Hal ini, diawali oleh perusahaan circuit yaitu INTEL, yang meluncurkan chip mikroprosesor pertamanya. Sehingga ukuran komputer bisa menjadi sangat kecil, sanggup menempati sebuah meja kecil.

    Secara harfiah komputer berasal dari bahasa latin yaitu  Pengertian Komputer | Sejarah, Komponen Komputer dan Fungsinya
    First Microprocessor – INTEL

    Pada tahun 1980, perusahaan Microsoft memperkenalkan sistem operasi komputer yang dalam media penyimpanan disket yang disebut MS-DOS (Microsoft Disk Operating System). Penggunaan komputer pada ketika ini hanya terbatas untuk lingkungan perusahaan dan forum pemerintahan. Kemudian tahun 1981, perusahaan IBM memperkenalkan komputer untuk penggunaan pribadi. Hal ini menjadikan penggunaan komputer semakin luas, alasannya yakni semua orang sanggup memakai komputer secara pribadi.

    Secara harfiah komputer berasal dari bahasa latin yaitu  Pengertian Komputer | Sejarah, Komponen Komputer dan Fungsinya
    Komputer Generasi Keempat – Wikipedia

    Komputer generasi keempat yakni komputer yang lebih powerful, lebih kuat, dan terjangkau untuk umum. Pada generasi ini penggunaan sistem operasi telah didistribusikan secara luas, adanya jaringan internet, dan penggunaan bahasa pemrograman yang tinggi menyerupai C dan C++.

  5. Komputer Generasi Kelima (1980 sampai sekarang)

    Perkembangan komputer generasi kelima diawali dari tahun 1980 sampai sekarang. Hal ini ditandai dengan berkembangnya disiplin ilmu kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang bertujuan untuk memperlihatkan kemampuan komputer berguru selayaknya manusia. Tahun 1980, penggunaan algoritma jaringan syaraf tiruan yang merupakan salah satu metode kecerdasan buatan mulai dipakai secara meluas untuk kepentingan riset. Kemudian berkembang ke arah game komputer menyerupai permainan catur.

    Secara harfiah komputer berasal dari bahasa latin yaitu  Pengertian Komputer | Sejarah, Komponen Komputer dan Fungsinya
    Sophia | Robot manusiawi pertama – United Nations

    Artikel terkait: 10 Manfaat dan Contoh Penerapan Kecerdasan Buatan

    Di era digital, kecerdasan buatan telah dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Seperti mesin pencari Google, ajun virtual smartphone, kendaraan beroda empat kendali otomatis, robot, dan lain-lain.

Baca juga artikel lainnya: Daftar Isi Belajar Komputer


Sekian artikel Pengertian Komputer | Sejarah, Komponen Komputer dan Fungsinya. Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai Fans Page Advernesia. Terima kasih…


Sumber https://www.advernesia.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Komputer | Sejarah, Komponen Komputer Dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel