iklan

Apa Itu Chart Of Account Dan Bagaimana Menciptakan Chart Of Account Yang Baik?

Pengertian Chart of Account

Sebelum menciptakan laporan keuangan, kita terlebih dahulu harus mencatat semua transaksi keuangan ke dalam buku besar. Dalam melaksanakan pencatatan, setiap transaksi akan dicatat sesuai dengan klasifikasinya apakah termasuk kedalam aset, kewajiban, modal, biaya atau pendapatan. Bagian atau pembagian terstruktur mengenai terkecil dari kategori-kategori inilah yang disebut dengan akun atau rekening yang disusun secara sistematis dalam chart of account.

Dengan demikian, chart of account yaitu daftar akun-akun yang dibentuk dan disusun secara sistematis yang dipakai dalam pencatatan transaksi pada buku besar sebuah entitas atau organisasi. Suatu akun atau rekening biasanya diberikan penomoran memakai angka (numerik), tapi tidak menutup kemungkinan memakai alfabet atau perpaduan dari keduanya.

Susunan Chart of Account

Suatu chart of account pada umumnya disusun menurut urutannya pada laporan keuangan yang dimulai dari laporan neraca sampai laporan keuntungan rugi. Sehingga, urutan yang biasanya dipakai dikala menyusun chart of account yaitu:

  1. Aset
  2. Liabilitas
  3. Modal
  4. Pendapatan
  5. Beban

 

Contoh Chart of Account

Berikut ini yaitu pola chart of account yang disusun menurut posisi akun pada laporan keuangan:

Aset:

  • Kas dan setara kas
  • Piutang usaha
  • Biaya dibayar dimuka
  • Persediaan
  • Aset tetap
  • Akumulasi penyusutan
  • Aset lain

Liabilitas:

  • Utang usaha
  • Biaya yang masih harus dibayar
  • Hutang pajak
  • Dll

Modal:

  • Cadangan umum
  • Laba ditahan

Pendapatan:

  • Pendapatan
  • Retur penjualan
  • Diskon penjualan

Beban:

  • Harga pokok penjualan
  • Biaya iklan
  • Biaya bank
  • Biaya penyusutan
  • Biaya gaji
  • Biaya sewa
  • Biaya perlengkapan
  • Biaya upah
  • Dll

 

Bagaimana Membuat Chart of Account Yang Baik

Pada dasarnya, penomoran akun pada chart of account sanggup dilakukan dengan angka, alfabet, maupun perpaduan dari keduanya. Namun demikian, penomoran akun dengan memakai angka (numerik) lebih banyak dipraktikkan dibandingkan dengan memakai alfabet. Hal ini alasannya yaitu system penomoran akun dengan memakai angka lebih fleksibel dan gampang digaunakan dibandingkan dengan alfabet.

Dalam menciptakan chart of account, sebaikanya diadaptasi dengan skala atau besar kecilnya entitas atau organisasi. Semakin kecil sebuah entitas atau organisasi, chart of accountnya semakin sederhana. Sebaliknya, semakin besar sebuah entitas atau organisasi, chart of account akan semakin kompleks. Salah satu best practice (praktek atau pengalaman terbaik) dalam menyusun chart of account yaitu dengan memakai system 3 digit, 5 digit, dan 7 digit akun.

Contoh Chart of Account Sistem 3 Digit

Berikut ini yaitu pola chart of account memakai system 3 digit:

Account Number Description
 10 Cash
 20 Petty cash
 30 Accounts receivable
 40 Reserve for bad debts
 50 Marketable securities
 60 Raw materials inventory
 70 Work-in-process inventory
 80 Finished goods inventory
 90 Reserve for obsolete inventory
 100 Fixed assets – Computer equipment
 110 Fixed assets – Computer software
 120 Fixed assets – Furniture and fixtures
 130 Fixed assets – Leasehold improvements
 140 Fixed assets – Machinery
 150 Accumulated depreciation – computer equipment
 160 Accumulated depreciation – Computer software
 170 Accumulated depreciation – Furniture and fixtures
 180 Accumulated depreciation – Leasehold improvements
 190 Accumulated depreciation – Machinery
 200 Other assets
 300 Accounts payable
 310 Accrued payroll liability
 320 Accrued vacation liability
 330 Accrued expenses liability – other
 340 Unremitted sales taxes
 350 Unremitted pension payments
 360 Short-term notes payable
 370 Other short-term liabilities
 400 Long-term notes payable
 500 Capital stock
 510 Retained earnings
 600 Revenue
 700 Cost of goods sold – materials
 710 Cost of goods sold – direct labor
 720 Cost of goods sold – manufacturing supplies
 730 Cost of goods sold – applied overhead
 800 Bank charges
 805 Benefits
 810 Depreciation
 815 Insurance
 825 Office supplies
 830 Salaries and wages
 835 Telephones
 840 Training
 845 Travel and entertainment
 850 Utilities
 855 Other expenses
 860 Interest expense
 900 Extraordinary items

Originally posted 2017-07-26 16:58:42.


Sumber https://akuntansikeuangan.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Itu Chart Of Account Dan Bagaimana Menciptakan Chart Of Account Yang Baik?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel