iklan

Jenis-Jenis Ssd Yang Sanggup Anda Gunakan – Sata Dan Pcie

jenis SSD yang sanggup anda pasang di komputer Jenis-Jenis SSD yang Dapat Anda Gunakan – SATA dan PCIe

Bagi anda pengguna Laptop dan aktif dalam mencari isu terkait Laptop yang anda gunakan, maka anda niscaya pernah mendengar media penyimpanan SSD. SSD yang merupakan kependekan dari Solid State Drive yaitu media penyimpanan terbaru yang sangat banyak dipakai beberapa tahun belakangan ini. Kehadiran SSD menciptakan media penyimpanan Laptop sebelumnya, yaitu HDD menjadi seolah tergantikan. Pasalnya, para vendor pembuat Laptop sekarang satu per satu beralih memakai SSD pada Laptop yang diproduksi. Hal ini karena, meskipun sama-sama media penyimpanan tetapi terdapat perebedaan antara SSD dan HDD yang sangat signifikan. Terutama bila anda mencoba menbandingkan dari sisi kecepatan.

Jika anda merupakan salah satu orang yang hendak memakai SSD, maka ada beberapa hal yang harus diketahui. Salah satunya yaitu mengetahui jenis SSD yang beredar di pasaran dan jenis SSD mana yang cocok dengan Laptop yang anda gunakan. Terlebih lagi mengingat harga SSD yang sangat mahal bila dibandingkan dengan harga HDD dengan kapasitas penyimpanan yang sama. Maka, akan sangat disayangkan bila anda salah beli dan ternyata SSD tersebut tidak cocok pada Laptop yang anda gunakan.

2 Jenis SSD yang Beredar di Pasaran dan Dapat Anda Gunakan

Jika membahas terkait jenis-jenis SSD yang sanggup dipasang pada sebuah Laptop, maka terdapat 2 jenis dengan perbedaan yang sangat mencolok. Perbedaan kedua jenis SSD ini ditinjau dari segi interface atau jalur saluran data. Sehingga anda harus memastikan bahwa jenis SSD yang akan dibeli cocok dengan interface atau port di laptop yang digunakan. Kedua Jenis SSD tersebuat yaitu SSD SATA dan SSD PCIe.

1. SSD SATA (Serial ATA)

SATA merupakan interface atau jalur saluran data yang sebelumnya sudah dipakai pada teknologi HDD. Sebagian besar Laptop memakai jalur SATA ini untuk menghubungkan motherboard ke media penyimpanan menyerupai HDD. Mengingat hal tersebut, maka SSD juga diberikan interface yang sama yaitu memakai interface SATA yang dilengkapi dengan konektor SATA 3. Dengan demikian, Laptop keluaran usang yang memakai HDD SATA juga sanggup memakai SSD dengan mengganti HDD SATA sebelumnya dengan SSD SATA.

jenis SSD yang sanggup anda pasang di komputer Jenis-Jenis SSD yang Dapat Anda Gunakan – SATA dan PCIe

Jika dibandingkan dengan SSD PCIe, harga SSD SATA lebih murah dan juga paling banyak peminatnya. Hal ini salah satunya alasannya sebagian besar pengguna yaitu yang hendak melaksanakan upgrade ke SSD dengan mengganti HDD SATA menjadi SSD SATA. Dari segi kecepatan, meskipun sama-sama memakai interface SATA, namun kecepatan SSD SATA sanggup mencapai 300-500% dari HDD SATA. Kecepatan membaca data SSD SATA sekitar 500MB/s, sementar kecepatan menulis data sekitar 160MB/s.

SSD SATA mempunyai dua jenis konektor untuk menghubungkan SSD ke motherboard. Konektor SSD SATA  yang pertama yaitu konektor SATA 3 sebagaimana yang terdapat HDD SATA. Jenis SSD yang memakai konektor ini mempunyai ukuran yang sama menyerupai HDD SATA yaitu 2.5″. Jenis konektor yang kedua yaitu konektor M.2 SATA yang sanggup dipastikan sudah tersedia pada Laptop keluaran terbaru. Jenis SSD yang memakai konektor ini mempunyai ukuran yang kecil, yaitu hampir seukuran dengan RAM.

2. SSD PCIe

Jenis SSD selanjutnya yang sanggup anda gunakan pada Laptop yaitu jenis PCIe. Jika anda belum mengetahui, interface PCIe yaitu slot yang biasa dipakai pada WiFi Card, WAN Card, dll. SSD PCIe ini biasa juga disebut dengan storage NVME (Non-Volatile Memory Express).

Jenis SSD ini mempunyai kecepatan yang ekstra bila dibandingkan dengan SSD SATA. Kecepatan baca data jenis SSD PCIe tidak tanggung-tanggung dan mencapat sampai 3.500MB/s, sementara kecepatan tulis datanya mencapai 2.100MB/s. Jadi, sanggup dikatakan bahwa jenis SSD ini memang khusus untuk orang-orang yang ingin serba cepat. Tapi, yang dihentikan diabaikan yaitu dari segi harga. Kecepatan yang ekstra cepat tentu saja diimbangi dengan harga yang ekstra tinggi. Maka dari itu, SSD PCIe akan lebih mahal dari SSD SATA meskipun mempunyai kapasitas penyimpanan yang sama.

jenis SSD yang sanggup anda pasang di komputer Jenis-Jenis SSD yang Dapat Anda Gunakan – SATA dan PCIe

Hal lain yang tidak kalah penting yaitu bahwa tidak semua motherboard pada komputer maupun laptop sanggup memakai jenis SSD PCIe ini. SSD jenis ini biasanya memakai konektor M.2 dan konektor tersebut juga harus mempunyai jalur PCIe. Yang harus anda perhatikan adalah, terdapat beberapa jenis motherboard yang mempunyai konektor M.2 tapi tidak menyediakan jalur PCIe, melainkan hanya jalus sata yang artinya anda hanya sanggup memakai M.2 SATA.

Selain memakai konektor M.2, masih ada beberapa opsi lain untuk memakai SSD PCIe di laptop atau komputer yang anda gunakan. Mislanya saja anda sanggup memakai PCIe Line yang sanggup dipakai untuk menancapkan SSD ke Graphic Card atau Audio Card. Namun, ketersediaan jenis konektor ini semakin sedikit mengingat konektor M.2 masih sangat terkenal untuk SSD.

Itulah dua jenis SSD yang beredar di pasaran dan sanggup anda pasang pada motherboard laptop maupun komputer. Kedua jenis SSD tersebut dibedakan dari segi interface yang meliputi konektor, jalur data, dan juga ukuran SSD. Oleh alasannya itu, bila anda hendak membeli SSD untuk dipasang ke laptop maupun komputer, maka sangat disarankan untuk mengusut ketersediaan slot di motherboard Laptop atau komputer yang hendak dipasang SSD. Hal ini untuk menghindari anda salah beli dan menciptakan rugi banyak, mengingat harga SSD yang relatif mahal.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jenis-Jenis Ssd Yang Sanggup Anda Gunakan – Sata Dan Pcie"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel