iklan

Laporan Keuangan: Mengenal Lebih Akrab Laporan Keuangan Dan Jenisnya

Laporan Keuangan

Tujuan dari akuntansi yaitu untuk menyediakan isu keuangan suatu perjuangan atau bisnis bagi yang membutuhkan. Informasi keuangan yang disediakan oleh akuntansi ini mencakup kinerja keuangan, posisi atau kondisi keuangan dan arus kas (cash flow) usaha. Informasi keuangan ini terangkum dalam laporan keuangan. Pada goresan pena ini, kami akan membahas pengertian, manfaat, dan jenis laporan keuangan.

 yaitu untuk menyediakan isu keuangan suatu perjuangan atau bisnis bagi yang membutuhkan Laporan Keuangan: Mengenal Lebih Dekat Laporan Keuangan dan Jenisnya

Pengertian Laporan Keuangan

Laporan keuangan yaitu kumpulan atau rangkuman isu keuangan suatu bisnis yang ditujukan baik bagi bisnis (pihak internal) itu sendiri maupun bagi pembaca laporan keuangan (pihak eksternal). Laporan keuangan mencatat dan melaporkan kegiatan keuangan suatu bisnis selama periode tertentu. Informasi keuangan yang ada di laporan keuangan ini sangat berkhasiat bagi bisnis sebagai dasar dalam mengambil keputusan.

Manfaat Laporan Keuangan

Sebagai kumpulan atau rangkuman isu keuangan, laporan keuangan mempunyai banyak manfaat, antara lain sebagai berikut:

  • untuk mengetahui kemampuan bisnis dalam menghasilkan cash untuk kelangsungan usahanya
  • untuk mengetahui sumber-sumber dan penggunaan cash
  • untuk mengetahui apakah bisnis mempunyai kemampuan dalam membayar utang-utangnya dimasa yang akan datang
  • sebagai dasar untuk menyidik transaksi bisnis tertentu
  • sebagai dasar dalam menghitung rasio-rasio keuangan yang sangat berkhasiat bagi bisnis
  • untuk mengetahui musim isu keuangan tertentu, contohnya profitablitas usaha

Jenis Laporan Keuangan

Jenis laporan keuangan standar atau utama suatu bisnis biasanya terdiri dari 3 (tiga) jenis yaitu: balance sheet (neraca keuangan), income statements (laporan keuntungan rugi) dan cash flow statements (laporan arus kas). Ketiga laporan tersebut yaitu sebagai berikut:

1. Balance Sheet (Neraca Keuangan)

Balance sheet atau Neraca Keuangan yaitu laporan yang mengatakan posisi atau kondisi keuangan bisnis dari sisi assets dan liabilities pada periode tertentu (biasanya pada simpulan bulan). Pada laporan neraca berlaku persamaan akuntansi neraca dimana jumlah total assets sama dengan jumlah total liabilities.

Perlu dicatat bahwa laporan neraca keuangan tidak mengatakan isu keuangan selama rentang waktu tertentu, melainkan pada satu titik periode saja. Sehingga, pada laporan balance sheet biasanya berjudul “Laporan Neraca per 31 Agustus” yang berarti “posisi keuangan pada tanggal 31 Agustus“, bukan posisi keuangan selama bulan Agustus.

2. Income Statements (Laporan Laba Rugi)

Income statements atau Laporan Laba Rugi yaitu laporan yang mengatakan kegiatan keuangan bisnis selama periode tertentu. Laporan keuntungan rugi ini menujukkan apakah bisnis mengalamai keuntungan atau rugi pada periode tersebut, yang merupakan selisih antara pendapatan yang diperoleh dengan biaya yang dikeluarkan. Pada laporan keuntungan rugi berlaku persamaan akuntansi profit, dimana profit yaitu selisih antara income dengan expenses.

3. Cash Flow Statements (Laporan Arus Kas)

Cash flow statement atau laporan arus kas yaitu laporan yang menujukkan perubahan arus kas (cash) atau setara dengan kas (cash equivalent) bisnis yang diakibatkan oleh kas masuk dan kas keluar dari operasi bisnis.

Cash flow konkret berarti likuiditas aset bisnis meningkat, yang berarti bahwa bisnis mempunyai potensi kemampuan membayar utang atau pun melaksanakan investasi dimasa depan. Sedangkan cash flow negatif berarti likuiditas aset menurun, yang juga berarti kebalikan dari cash flow positif: bisnis mempunyai potensi tidak bisa membayar utang atau memperluas bisnis dimasa yang akan datang.

Originally posted 2016-06-10 10:56:27.


Sumber https://akuntansikeuangan.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Laporan Keuangan: Mengenal Lebih Akrab Laporan Keuangan Dan Jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel