iklan

Inilah Materi Pakan Alternatif Ayam Yang Berkualitas

Pakan alternatif ayam – Ransum atau pakan yaitu salah satu komponen yang banyak menyerap anggaran atau biaya dalam budidaya ternak ayam. Biaya pakan ternak ayam rata – rata menghabiskan 70% dari seluruh biaya budidaya ternak. Agar Anda sanggup menekan biaya pakan ternak ayam maka Anda sanggup menggunakan pakan alternatif yang harganya relatif lebih murah, bergizi cukup, ketersediaannya banyak dan sanggup Anda berikan secara berkelanjutan. Pakan alternatif ini sanggup menggantikan pakan konsentrat yang sanggup terbilang sangat mahal.


Adapun beberapa materi pakan ternak ayam alternatif lokal yang sanggup Anda gunakan yaitu materi nabati dan materi hewani. Bahan nabati yang sering digunakan yaitu pakan yang berasal dari tumbuhan yang memiliki serat berangasan tinggi menyerupai dedak, daun pepaya, bungkil kelapa, kacang – kacangan menyerupai bungkil kedelai yang kaya akan protein. Untuk meningkatkan kandungan gizi dari pakan alternatif ayam ini maka sanggup Anda fermentasikan dengan Aspergillus niger.


Berikut yaitu materi jenis pakan ayam alternatif ayam dari materi nabati.


Dedak Halus


Dedak yaitu materi pakan alternatif ayam yang didapat dari limbah penggilingan padi. Limbah tersebut dihaluskan terlebih dahulu kemudian gres sanggup dikonsumsi oleh ayam. Dedak halus memiliki kandungan protein antara 10 – 15 %, kandungan lemak 15 % dan serat berangasan kurang lebih 12 %. Penggunaan dedak halus sebagai pakan alternatif ayam buras tidak dianjurkan jikalau melebihi 45 %.


Jagung


Jagung yaitu salah satu produk pertanian yang sudah banyak dimanfaatkan. Baik itu sebagai produk pakan maupun produk pakan bagi ternak. Di Indonesia produksi jagung sanggup dikatakan tinggi dengan beraneka ragam varietas. Jagung yaitu sumber pakan ternak berprotein tinggi dan sanggup diformulasikan dengan materi lain sehingga menjadi pelet.


 Ransum atau pakan yaitu salah satu komponen yang banyak menyerap anggaran atau biaya dal Inilah Bahan Pakan Alternatif Ayam Yang Berkualitas
Jagung dan adonan materi pakan alternatif lainnya

Bungkil Kelapa


Bahan pakan alternatif ayam lainnya yaitu bungkil kelapa. Bungkil kelapa dihasilkan dari limbah pembuatan minyak kelapa. Bungkil kelapa ini sanggup digunakan sebagai materi dasar ransum pakan ternak ayam. Hal ini dikarenakan bungkil kelapa mengandung protein yang sangat tinggi mencapai 21% dan energi metabolisnya sekitar 1500 – 1700 Kkal/kg. Tetapi kandungan lemak bungkil kelapa sangatlah tinggi mencapai 15% sehingga materi ini simpel rusak akhir tercemar jamur dan simpel tengik. Sehingga sangat dianjurkan untuk penggunaan bungkil kelapa tidak dianjurkan melebihi 20% sebagai penyusun ransum.


Singkong


Singkong yaitu materi dasar pakan alternatif ayam yang banyak tersebar di Indonesia. Produksi singkong di Indonesia terbesar nomer 3 di dunia. Singkong memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, sehingga sanggup Anda manfaatkan sebagai materi pakan alternatif ayam buras yang dipelihara dengan intensif.  Anda sanggup menawarkan singkong dalam bentuk yang masih mentah ataupun telah melalui proses pengolahan. Misanya menyerupai tepung singkong atau gaplek.


Bungkil Kedelai


Bungkil kedelai berasal dari limbah pembuatan minyak kedelai. Kandungan protein yang terkandung dalam bungkil kedelai kurang lebih 42,7%, sedangkan kandungan energi metabolismenya mencapai 2200 Kkal/kg dan kandungan serat kasarnya terbilang rendah antara kurang lebih 6%. Penggunaan bungkil kedelai pada pakan alternatif ayam dianjurkan tidak lebih dari 40%. Kacang kedelai mentah tidak dianjurkan untuk diberikan pribadi sebagai pakan ayam alasannya yaitu kacang kedelai mentah memiliki kandungan trypsin. Sehingga dianjurkan untuk mengolah kacang kedelai terlebih dahulu.


Bahan pakan hewani memiliki kandungan gizi yang  tinggi terutama protein. Adapun beberapa materi sumber pakan hewani yang sering digunakan sebagai materi penyusun ransum yaitu serangga, bekicot, cacing, tepung tulang, tepung ikan, tepung kerang dan tepung udang. 


Bekicot


Bekicot merupakan materi pakan alternatif ayam yang sangat simpel didapatkan dan simpel untuk dibudidayakan.  Daging bekicot yang Anda berikan sebagai pakan sanggup dalam bentuk berair atau segar, kering ataupun dalam bentuk tepung. Kandungan protein daging bekicot dalam bentuk segar sekitar 55%, dalam bentuk kering 65% dan dalam bentuk tepung 25% saja. Dalam mengolah daging bekicot menjadi pakan alternatif ayam, maka langkah pertama yaitu rendam daging bekicot  dalam larutan air dengan menggunakan perbandingan 1 liter air dan 75 gr garam dapur selama 15 menit. Kemudian daging bekicot Anda masukkan ke dalam air mendidih selama 20 menit. Penggunaan daging bekicot sebagai materi pakan alternatif ayam dianjurkan tidak melebihi 10%. Selain dagingnya cangkang bekicot sanggup Anda olah menjadi tepung kapur.



Tepung Tulang


Tepung tulang yang digunakan sebagai materi pakan alternatif ayam digunakan sebagai sumber mineral. Tepung tulang mengandung kalsium antara 20% – 25% dan Phospor 10% – 15%. Sifat dari tepung tulang dalam ransum pakan ternak ayam yaitu sebagai embel-embel saja, maka gunakanlah secukupnya saja.


Tepung Kerang


Tepung kerang sama kegunaanya dengan tepung tulang. Digunakan sebagai embel-embel saja jikalau ketersediaannya murah dan melimpah. Kandungan kalsium dari tepung kerang sekitar 35%.


Tepung Udang


Tepung udang yaitu materi pakan alternatif ayam dengan kandungan protein yang cukup tinggi. Berkisar antara 40 – 50%. Tepung udang berasal dari limbah hasil industri olahan udang. Kualitas gizinya akan sangat tergantung dari bab yang diolah. Jika bab kaki dan kepala ikut terolah maka kualitas gizi tepung udang akan lebih baik jikalau dibandingkan hanya mengolah kulitnya saja.


Tepung Ikan


Tepung ikan yaitu materi pakan untuk ransum yang memiliki kandungan protein tinggi. Tepung ikan biasanya berasal dari sisa pengolahan ikan yang tidak terpakai. Kandungan gizi dari tiap tepung ikan berbeda, sesuai dengan jenis ikannya. Tepung ikan yang berasal dari hasil pengolahan ikan kaleng ataupun dari hasil olahan nelayan memiliki kadar protein sekitar 50%. Selain sebagai sumber protein, tepung ikan juga memiliki kandunga asam amino yang baik, kandungan vitamin dan mineralnya pun cukup tinggi. Harga tepung ikan ini terbilang cukup mahal, oleh alasannya yaitu itu penggunaan tepung ikan yang Anda gunakan hendaklah tidak lebih dari 10% biar penggunaannya lebih efisien.


 Ransum atau pakan yaitu salah satu komponen yang banyak menyerap anggaran atau biaya dal Inilah Bahan Pakan Alternatif Ayam Yang Berkualitas
Pakan ikan untuk alternatif pakan ternak ayam

Demikian materi – materi yang digunakan untuk jenis pakan ayam alternatif. Semoga membantu Anda dalam melaksanakan penghematan untuk perjuangan beternak ayam Anda. Artikel kami lainnya perihal pakan prebiotik untuk pakan ayam petelur sanggup Anda baca di sini, klik di sini


sumber artikel: agrotani, bisnisayamkampung, agrokomodityasia




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Inilah Materi Pakan Alternatif Ayam Yang Berkualitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel