iklan

Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan

Buah tomat mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Sebagaimana jenis buah-buahan yang banyak mengandung beta karoten, manfaat buah tomat yang paling dirasakan ialah sebagai sumber vitamin yakni vitamin C, vitamin K dan vitamin A.


Selain itu masih terdapat segudang manfaat buah tomat ditinjau dari segi kesehatan. Buah tomat mempunyai kandungan serat tinggi dan biotin. Zat-zat tersebut sangat berkhasiat bagi orang-orang yang sedang diet, baik untuk menurunkan berat tubuh maupun menjaga kebugaran tubuh.


Selain untuk pangan, manfaat buah tomat juga sanggup dipakai untuk perawatan kecantikan. Buah tomat dipakai sebagai masker untuk memperindah kulit wajah dan menghilangkan jerawat. Selain itu juga dipakai untuk perawatan rambut.


Deskripsi tumbuhan tomat


Tomat merupakan tumbuhan yang berasal dari tempat Amerika Tengah dan Selatan. Penyebarannya dimulai pada periode kolonialisasi bangsa Spanyol atas tempat itu. Tomat menyebar ke Eropa dan Asia.


Nama ilmiah buah tomat ialah Solanum lycopersicum, namun sebagian lagi menyebutnya Lycopersicum esculentum. Manakan yang benar? dua-duanya merupakan nama ilmiah yang valid. Perdebadaan nama ilmiah tomat terjadi dikalangan peneliti. Perbedaan tersebut terjadi alasannya perbedaan dalam mengkategorikan sifat-sifat tertentu tumbuhan tomat.


Tanaman tomat sanggup tumbuh baik di dataran rendah dengan ketinggian 200-500 meter dpl. Namun untuk hasil yang optimal, biasanya dibudidayakan di dataran tinggi di atas 900 meter dpl. Suhu yang terlalu cuek dibawah 13 derajat celcius sanggup menurunkan produksi, sedangkan suhu yang terlampau tinggi diatas 32 derajat celcius sanggup menghambat polinasi dan fertilisasi sehingga buah tidak terbentuk. Silahkan lihat panduan umum budidaya tomat.


Buah tomat mempunyai bentuk yang bermacam-macam tergantung dari varietasnya. Ada yang berbentuk bulat, lonjong atau memanjang dengan ukuran bervariasi. Buah tomat yang paling kecil mempunyai berat sekitar 8 gram per buah, sedangkan berukuran besar sanggup sampai 180 gram. Warna buah juga beragam, tomat yang telah matang ada yang berwarna kuning, oranye sampai merah.


Terdapat banyak ragam varietas tumbuhan tomat, ada yang sanggup tumbuh terus sampai bau tanah dan mencapai tinggi sampai 2 meter. Jenis tomat ini disebut tipe indeterminate, varietasnya gondol, Santa, Belgia, Apel. Ada juga tipe determinate, dimana tingginya akan berhenti pada ketinggian tertentu. Varietas ini diantaranya Oval, Ratna, Intan dan Berlian.


Manfaat buah tomat bagi tubuh


Zat yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh ialah antioksidan. Buah tomat mempunyai banyak kandungan antioksidan yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh, beberapa diantaranya adalah:


a. Kardiovaskuler


Manfaat buah tomat dalam sistem kardiovaskuler terkait dengan dua fungsi anti oksidan dan zat yang mengatir regulasi lemak dalam pedoman darah. Zat antioksidan sangat diharapkan sistem kardiovaskuler dan jaringan perdaran darah.


Salah satu antioksidan yang mempunyai tugas besar ialah lycopen. Zat ini membantu menurunkan peroksidasi lipid dalam darah. Peroksidasi lipid ialah suatu proses dimana lemak yang terdapat dimembran sel melapisi pembuluh darah. Kerusakan ini sanggup diperbaiki dengan antioksidan yang tepat.


Manfaat buah tomat lain untuk kesehatan jantung ialah kolesterol total, kolesterol LDL dan kadar trigliserida. Selain itu, asupan buah tomat juga sanggup menurunkan penggumpalan berlebihan sel platelet. Penggumpalan ini sanggup mengakibatkan pembekuan dan penyumbatan yang tidak diinginkan. Pencegahan atas penggumpalan ini penting bagi kesehatan jantung.


b. Anti kanker


Manfaat buah tomat untuk mencegah kanker sudah diketahui secara luas. Meskipun belum ada keterangan yang lebih spesifik terhadap jenis kankernya. Kandungan anti oksidan dan anti peradangan yang terdapat pada buah tomat ditengarai sebagai zat yang berperan mengobati dan menurunkan resiko kanker.


Sejauh ini, buah tomat dipercaya sebagai makanan yang sanggup menurunkan resiko jenis kanker prostat alasannya kandungan zat alpha-tomatine. Zat tersebut telah terbukti memicu maut sel apoptosis pada sel kanker prostat.


Selain itu, alpha tomatine juga bermanfaat untuk menekan pertumbuhan kanker paru-paru, kanker pankreas dan kanker payudara.


c. Kesehatan tulang


Manfaat buah tomat untuk kesehatan tulang ditunjukkan dalam penelitian terbaru bahwa lycopen yang terdapat dalam buah tomat berperan aktif untuk menjaga jaringan tulang. Lycopen merupakan zat antioksidan yang sanggup menurunkan tingkat oksidasi pada tulang. Dengan kata lain, lycopen mencegah perapuhan tulang.


Konsumsi tomat dianjurkan bagi orang-orang yang mengalami penurunan massa tulang menyerupai osteoporosis atau wanita yang mengalami masa menopause. Untuk mendapat jumlah lycopen yang cukup, konsumsi kira-kira dua gelas jus tomat setiap hari.


Baca juga artikel ini:





Sumber https://alamtani.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel