iklan

2 Cara Menonaktifkan Update Otomatis Pada Windows

cara menonaktifkan update otomatis pada windows 2 Cara Menonaktifkan Update Otomatis pada Windows
Saat ini perkembangan Windows sudah memasuki generasi kedelapan. Versi terbarunya ialah windows 10. Pada generasi terbaru menyerupai Windows 8 dan Windows 10 banyak keunggulan yang diberikan. Salah satunya fasilitas dalam melaksanakan update windows. Secara default Windows 8 dan 10 telah diatur untuk melaksanakan update windows secara otomatis jadi tidak perlu melakukannya secara manual.

Namun, tidak sedikit juga yang merasa dirugikan dengan adanya update otomatis. Hal ini dirasa mengganggu dan belum lagi untuk sekali update memakan paket data yang cukup besar. Untuk itu ada beberapa cara menonaktifkan update otomatis pada windows. Berikut ialah cara-cara yang dapat Anda lakukan:

Cara Menonaktifkan Update Otomatis pada Windows

Ada dua cara untuk menonaktifkan update otomatis yang ada pada Windows 10. Anda dapat memakai Setting Windows Update dan fitur Metered Connection. Kedua cara ini dapat Anda gunakan untuk meminimalisir terjadinya update windows secara otomatis.

Menggunakan Setting Windows Update

Pada cara pertama Anda dapat melaksanakan pengaturan pada Windows Update yang ada pada sajian setting Windows. Perlu diingat bahwa cara ini tidak dapat mematikan update otomatis pada windows secara total atau permanen. Cara ini hanya menunda pembaharuan update selama beberapa bulan.

Meski demikian, cara yang satu ini patut dicoba sebab dengan melaksanakan setting pada Windows Update Anda dapat mencari wifi area terlebih dahulu, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan paket data untuk melaksanakan update windows.

Untuk melaksanakan setting pada Windows Update Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Masuk ke Menu Setting

Langkah pertama ialah masuk ke sajian Settings, lalu cari Update & Recovery.

2. Masuk ke Windows Update

Pada sajian Update & Recovery pilih Windows Update, sehabis itu akan terlihat gosip mengenai update windows. Jika ada update terbaru maka akan terlihat atau Anda juga dapat melakukan Check for update untuk melihat update windows terbaru.

Nah, untuk mematikan update windows secara otomatis tekan Choose how update get installed lalu Anda dapat menentukan beberapa tindakan. Setidaknya ada empat tindakan yang dapat Anda pilih.

Pertama, Install update automatically. Tindakan ini akan mengunduh dan menginstall update/pembaruan windows secara otomatis. Pada beberapa versi windows menyerupai Windows 8 dan 10 tindakan ini diatur secara default.

Kedua, Download update but let me choose whether to install them. Tindakan ini akan otomatis mengunduh pembaruan tapi Anda dapat menentukan akan menginstalnya atau tidak.

Ketiga, Check for update but let me choose whether to d0wnl0ad and install them. Pada tindakan ini Anda dapat menyidik pembaruan dan menentukan apakah ingin mengunduh dan menginstalnya tidak.

Keempat, Never check for update. Tindakan yang terakhir ini tidak akan menyidik pembaruan windows.

Pada keempat tindakan tersebut, Anda dapat menentukan tindakan ketiga atau keempat untuk mematikan update windows otomatis. Namun, pada tindakan keempat tidak begitu direkomendasikan sebab perangkat windows perlu dilakukan pembaruan. Hal ini bertujuan untuk menjaga performa serta keamanan.

Menggunakan Fitur Metered Connection

Cara menonaktifkan upadate otomatis pada windows yang kedua ialah dengan memakai fitur Metered Connection. Cara ini akan membatasi saluran internet yang dipakai oleh aplikasi atau software saat terhubung ke jaringan internet, sehingga pada windows update tidak dapat melaksanakan update secara otomatis sebab saluran data yang dibatasi.

Berikut ialah langkah-langkahnya:

1. Masuk ke Menu Settings

Pada sajian Settings pilih Network & Internet.

2. Masuk ke Wi-Fi

Pada Network & Internet masuklah ke munu Wi-Fi lalu pilih Advanced options. Setelah itu ubah pengaturan Set as metered connection menjadi on.

Itulah tadi dua cara menonaktifkan update otomatis pada windows. Anda juga dapat membaca cara mengatasi gagal update pada windows 10.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "2 Cara Menonaktifkan Update Otomatis Pada Windows"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel