iklan

Kehidupan Sosial Kerajaan Samudra Pasai: Sosial, Ekonomi Dan Politik.

kehidupan sosial kerajaan samudra pasai merupakan keadaan social masyarakat samudra pasai pada waktu itu juga. Penasaran bukan ibarat apa? Artikel ini juga membahas ihwal kehidupan ekonomi dan politik kerajaan samudra pasai.
Ayo Baca!!!

Daftar Isi
Sosial Budaya Samudra Pasai
Ekonomi Samudra Pasai
Politik Samudra Pasai

Sosial Budaya Samudra Pasai

Kehidupan sosial masyarakat Kerajaan Samudera Pasai yakni berdasarkan aturan dan aturan Islam. Banyak persamaan dengan kehidupan social masyarakat mesir dan Arab alasannya yakni itulah kerajaan samudra pasai dan aceh dikenal atau disebut dengan sebutan sebagai serambi mekkah.

Kehidupan bidang budaya masyarakat Pasai ibarat dengan Malaka ibarat bahasa, tradisi, upacara kelahiran, perkawinan dan juga kematian. Sehingga kemungkinan hal ini lah yang menjadikan samudra pasai sanggup bekerjasama baik dengan kesultanan malaka yang diceritakan pada sulalatus salatin.

Artikel yang berkaitan:
1. Samudra pasai
2. Peninggalan samudra pasai
3. Pendiri dan raja raja samudra pasai
4. Sejarah samudra pasai

Para pedagang-pedagang luar negeri yang singgah di Malaka untuk sementara menetap beberapa waktu untuk mengurusi dan mengisi kembali kapal-kapal dagang miliknya. Karena hal tersebut, jadinya para pedagang Muslim yang berasal dari Pedagang Gujarat, Pedagang Arab, dan Pedagang Persia.  Mereka bukan hanya berdagang tetapi mereka juga melaksanakan penyebaran Islam diwilayah tersebut. Hasil kebudayaan samudra pasai yaitu:
  1. Kaligrafi
  2. Syair-syair Islam
  3. Bahasa yaitu bahasa melayu, bahasa Arab dan bahasa sanskerta.
kehidupan sosial kerajaan samudra pasai merupakan keadaan social masyarakat samudra pasai  Kehidupan Sosial Kerajaan Samudra Pasai: Sosial, Ekonomi Dan Politik.

Gambar Kehidupan Sosial Kerajaan Samudra Pasai

Ekonomi Samudra Pasai

Peranan Kehidupan bidang ekonomi kerajaan samudera pasai banyak dipengaruhi (Berbasis) oleh acara perdagangan dan Maritim (pelayaran) yang besar lengan berkuasa di selat malaka lantaran letaknya yang strategis sebagai wilayah perdangangan dan maritim atau pelayaran. Samudra Pasai memanfaatkan Selat Malaka yang menghubungkan antara Samudra Pasai – Arab – India – Cina.

Kerajaan samudra pasai mempunyai peranan penting dalam bidang ekonomi lantaran letaknya strategis dan merupakan jalur pedagangan sehingga menjadi sentra perdagangan internasional. Hal ini pulalah yang Faktor kemajuan samudera pasai.  Samudra pasai tumbuh menjadi negara yang makmur hal ini dibuktikan dengan banyaknya pedagang yang singgah di pelabuhan samudra pasai dan perekonomian rakyat yang baik dan sejaterah. Kerajaan samudra pasai sebagai kerajaan maritim perekonomiannya sangat maju lantaran dilakukannya pengawasan disektor maritim dan menyiapkan Bandar-bandar dagang untuk:
  1. Mengisi kembali perbekalan kapal-kapal untuk selanjutnya.
  2. Mengumpulkan barang-barang dari kapal-kapal yang datang.
  3. Mengirim kembali barang-barang tersebut ke seluruh Nusantara.
  4. Samudra pasai bisa menjadi bandar dagang yang ramai dan menyaingi kerajaan sriwijaya lantaran letaknya di wilayah yang strategis dan armada maritim yang kuat, bahkan banyak meningkatkan relasi dagang dengan banyak negara, ibarat Asia, eropa, afrika, dan lainnya. Samudra pasai sebagai negara maritim menguasai tempat lain untuk menjaga relasi baik dengan kerajaan lain dan supaya tetap menjadi Bandar pelabuhan terbesar yang tidak diusik atau menjadi bawahan negara lain serta untuk memperkuat tempat samudra pasai supaya dikala diharapkan sanggup membantu samudra pasai.

 

Politik Samudra Pasai

Kerajaan samudra pasai juga melaksanakan ekspansi wilayah yaitu Tamiang, Balek Bimba, Samerlangga, Beruana, Simpag, Buloh Telang, Benua, Perlak, Hambu Aer, Rama Candhi, Tukas, dan Pekan dalam rangka islamisasi, Sultan Malik al Saleh juga menikah dengan seorang putri Raja Perlak.

Kehidupan politik atau sistem pemerintahan Samudera Pasai yakni kesutanan (Monarki) dengan pemimpin yang disebut dengan sultan. Dimana Sultan atau Raja dipilih berdasarkan garis keturunan. Samudera pasai pernah menjadi wilayah kekuasaan majapahit dikala diperintah oleh zainal abiding.


Sumber http://pelajaransekolahdi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kehidupan Sosial Kerajaan Samudra Pasai: Sosial, Ekonomi Dan Politik."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel