iklan

√ Jenis Pertanyaan Keluhan Pelanggan Jne

Karena banyaknya pertanyaan kepada saya mengenai  √ Jenis Pertanyaan Keluhan Pelanggan JNE


Karena banyaknya pertanyaan kepada saya mengenai proses kerja dan pengiriman paket JNE yang tidak sanggup saya jawab satu per satu maka berikut daftar pertanyaan yang paling sering ditanyakan atau keluhan pelanggan JNE. Semua balasan ialah menurut pengalaman pribadi dan gosip dari karyawan JNE langsung.


Berapa usang pengiriman barang/paket dari kota pengirim ke kota penerima?


Untuk layanan Reguler estimasi waktu penyampaian kiriman (estimate delivery time) untuk tujuan yang berada pribadi di kota cabang/agen utama ialah 1 (satu) hari hingga 3 (tiga) hari. Sedangkan untuk tujuan kota diluar kota cabang/agen utama , estimasi waktu penyampaian paling usang ialah 7 (tujuh) hari.


Untuk layanan YES (Yakin Esok Sampai) estimasi waktu penyampaian (estimate delivery time) ialah 1 hari kerja khusus untuk kota-kota yang telah ditentukan oleh JNE. Biasanya hanya kota-kota yang ada penerbangan langsung.


Saya kirim barang pakai JNE Reguler tapi kok sudah seminggu lebih barang saya belum sampai?


Proses pengiriman normal JNE Reguler ialah 3 hari kerja dan di hari Minggu atau libur nasional JNE tidak ada pengantaran paket ke alamat penerima. Namun pada kenyataannya hari Sabtu juga beberapa kantor cabang atau distributor JNE tidak melaksanakan pengantaran paket. Makara harus diingat hari efektif pengiriman ialah Senin s/d Jumat. Usahakan pengiriman barang dilakukan hari Senin maka maksimal hingga ke peserta Jumat (REG).


Paket/barang saya di sistem sudah Received On Destination tapi kok belum diantar ke rumah ya?


Arti status Received On Destination ialah bahwa paket kita telah hingga di cabang utama JNE. Kantor cabang utama ini biasanya terletak di ibu kota provinsi. Makara kalau alamat rumah peserta berada di ibu kota provinsi maka paket telah hingga dan tinggal menunggu untuk proses pengantaran ke rumah namun bagi peserta yang rumahnya berada di luar ibu kota provinsi misalkan di kabupaten, kecamatan atau kelurahan maka masih dibutuhkan proses pengiriman ke distributor JNE dimana rumah peserta berada sehingga memerlukan waktu tambahan.


Ilustrasi:


Pengirim beralamat di Jakarta dan peserta beralamat di Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin.


Karena banyaknya pertanyaan kepada saya mengenai  √ Jenis Pertanyaan Keluhan Pelanggan JNE


Berdasarkan ilustrasi di atas untuk menuntaskan alur pengiriman JNE dari kota pengirim ke kota peserta membutuhkan waktu 6 hari kerja normal. Biasanya yang menjadi permasalahan itu ialah lamanya proses pengiriman dari kantor cabang utama ke distributor yang ada di daerah. Kendala ini umumnya disebabkan lantaran jarak yang cukup jauh dimana biasanya pengiriman akan dilakukan jikalau paket sudah terkumpul banyak gres dikirim semua ke distributor di luar kota lantaran frekuensi pengiriman barang ke luar tempat dari cabang utama dilakukan 1 kali per hari kerja.


Barang/paket saya sudah 2 ahad tidak dikirim-kirim dan disistem statusnya hanya Received On Destination?


Besar kemungkinan paket/barang anda hilang dalam proses pengiriman. Silahkan hubungi Customer Service JNE Pusat untuk proses klaim ganti rugi.


Paket/barang saya statusnya hanya On Process terus dan hingga kini belum hingga juga?


Ketika cek di sistem apakah paket/barang sudah ada status Received On Destination? Kalau sudah berarti anda tinggal menunggu saja paket diantar ke rumah. Kalau belum berarti paket/barang masih berada di kantor/agen pengirim.


Cara kondusif kirim barang elektronik lewat JNE itu bagaimana ya?


Gunakan asuransi kiriman. Bungkus paket dengan bubble wrap yang tebal dan pakai packing kayu.


Bingung dengan jam dan hari kerja pengiriman JNE?


Kalau kita telah mengetahui jam dan hari kerja JNE maka bersama-sama akan memudahkan pelanggan untuk memantu kiriman mereka.


Kantor cabang utama:


Hari kerja JNE: Senin s/d Minggu (termasuk hari libur nasional)


Jam kerja JNE: Pukul 08:00 s/d 20:00 WIB.


Proses pengantaran paket ke rumah: Senin s/d Minggu pukul 10:00 s/d 18:00 (khusus paket SS dan YES). Hari ahad dan libur nasional tidak ada antaran hanya mendapatkan kiriman paket saja.


Agen JNE:


Hari kerja distributor JNE: Senin s/d Sabtu (Minggu dan hari libur nasional tidak ada operasional)


Jam kerja distributor JNE: Pukul 08:00 s/d 16:30 WIB.


Proses pengantaran paket ke rumah: Senin s/d Sabtu pukul 10:00 s/d selesai.


Sub distributor JNE:


Hari kerja sub distributor JNE: Senin s/s Sabtu (Minggu dan hari libur nasional tidak ada operasional)


Jam kerja sub distributor JNE: Pukul 08:00 s/d tergantung pemilik.


Proses pengataran paket ke rumah: Sub distributor terkecil biasanya mempunyai lingkup terkecil dan hanya mengantar paket ke alamat terdekat dari lokasi sub agen. Biasanya mereka by phone semoga peserta mengambil sendiri paketnya tersebut.


Kok nomor resi JNE saya tidak ada ya dikala saya cek di situsnya?


Banyak juga pelanggan JNE yang bertanya kenapa nomor resinya tidak ada di sistem JNE dikala mereka mau mengecek kirimannya. Jawabannya lantaran dibutuhkan waktu maksimal 1×24 jam bagi sistem JNE untuk update no resi dikala pertama kali diinput. Sehingga misalkan kita mendapatkan nomor resi pribadi dari pengirim maka sebaiknya besok gres dicek lagi resinya dan biasanya gres pribadi muncul gosip kirimannya. Namun masih banyak juga sub distributor JNE yang tidak mempunyai komputer yang terhubung internet sehingga penulisan no resi masih manual sehingga memerlukan waktu lebih hingga paket diterima di distributor atau kantor cabang untuk dilakukan input nomor resi.


Saya salah tulis alamat. Apakah paket akan dikirim oleh JNE?


Harus diingat bahwa kurir JNE paling malas untuk menelepon peserta walaupun kita sudah terang menuliskan nomor handphone kita di paket tersebut sehingga cara yang paling gampang bagi kurir ialah menuliskan di sistem bahwa paket kita alamat tidak ditemukan. Kalau sudah begini maka paket/barang niscaya akan lebih usang lagi tertahan di gudang JNE. Solusinya ialah dikala anda menemukan status alamat tidak ditemukan hubungi cabang/agen JNE dan informasikan alamat yang benar atau ambil pribadi paket tersebut.


Katanya YES niscaya besok hingga tapi kok saya kirim YES sudah berhari-hari tidak hingga juga? JNE bohong nih!


Paket YES akan sangat efektif jikalau proses pengiriman dilakukan antar ibu kota provinsi atau antar kantor cabang utama ke kantor cabang utama lainnya. Cara yang paling gampang untuk mengecek apakah YES itu efesien atau gak? Silahkan cek apakah ada penerbangan pribadi dari kota pengirim ke kota penerima? Kalau iya berarti YES akan sesuai dengan motonyo yakin esok hingga kalau tidak maka YES bukan pilihan yang bijaksana.


Dan JANGAN TERTIPU oleh cabang atau distributor yang menyarankan anda untuk pakai YES semoga cepat sampai! Itu hanya pura-pura dari oknum JNE untuk kejar target! Maka sebelum mengirim paket ada baiknya untuk cek di situs JNE untuk ongkos tarif apakah kota tujuan tersedia paket YES jikalau tidak ada jangan pernah terbujuk.


Jadi jikalau kota anda tidak terjangkau YES tapi tetap pakai YES maka saya pastikan paket anda diperlakukan menyerupai paket Reguler dan anda harus membayar paket yang lebih mahal dengan waktu hingga yang lama.


Bagaimana semoga paket/barang kita cepat hingga dengan JNE?



  • Tulis alamat peserta dengan sangat terang dan lengkap. Misal:


Bapak Johan Budi, SE.


Jalan Mangga Manis No. 19 RT. 009 RW. 002 (Di sebelah Indomaret dan di depan kantor Kecamatan. Rumah pagar warna merah). Kelurahan Kemuning. Kecamatan Pulau Kelapa. Palembang 30283. HP. 0812xxxxxxx



  • Sebaiknya paket/barang di kirim hari Senin sebelum pukul 12.00 WIB

  • Hindari kiriman dikala ada hari libur nasional

  • Jangan mengirimkan barang yang bersifat cair, gas atau psikotropika lantaran niscaya akan tertahan di bandara.

  • Ketika kurir mengantarkan paket ke rumah jangan lupa kasih uang tips atau uang jalan lantaran niscaya kalau ada kiriman-kiriman berikutnya anda ialah orang pertama yang menjadi prioritas kiriman kurir tersebut. 😀


Saya resah baca-baca goresan pena di atas. Banyak sekali yang harus dibaca? Pokoknya paket saya kok usang sekali sampainya?


Yang terpenting dan harus menjadi prinsip anda sebagai pelanggan JNE ialah lokasi rumah anda ialah faktor terbesar yang memilih cepat atau lambatnya paket/barang tersebut akan hingga di tempat anda. Bagi anda yang tinggal di ibukota provinsi dan alamat rumah berada di area kota niscaya barang akan hingga paling lambat 2 hari (pengalaman pribadi) sedangkan kalau rumah anda berada di tempat (kabupaten) luar maka waktu maksimal 7 hari sanggup ditolerir dan jikalau lebih dari itu maka ada sesuatu yang tidak beres. 😀


Itu semua atas jenis keluhan pelanggan JNE yang sering kita temui di lapangan dan terkadang apa yang ada di SOP JNE belum tentu sesuai ekspektasi sebagai pelanggan JNE.


Update 2: Berikut modus-modus penipuan oleh oknum JNE. Klik disini.



Harap Dibaca Bagi Yang Ingin Bertanya Mengenai Nomor Resi



  • Sebelum bertanya sebaiknya di cek dulu nomor resi tersebut di web resmi JNE

  • Maksimal 1 nomor resi per pengunjung yang sanggup ditanyakan disini

  • Jangan duplikat pertanyaan dan jikalau pertanyaan tidak muncul sebaiknya refresh browser anda

  • Gunakan fitur “Reply” untuk membalas komentar yang sudah di-respon dan jangan buat komentar baru

  • Untuk mengetahui apakah komentar anda sudah direspon, checklist fitur “Beritahu via Email jikalau komentar saya sudah dibalas” dibawah kolom komentar



Perhatian


Harap olok-olokan pertanyaan yang rinci beserta rincian permasalahannya dan jangan bertanya sepotong-potong menyerupai “Tolong cek nomr resi XXXXXXXXX ini dong” lantaran saya tidak akan me-respond pertanyaan menyerupai itu.


Mari kita jadikan tempat ini sebagai materi diskusi yang cerdas dan nyaman. Terima kasih.



Sumber https://dionbarus.comm

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Jenis Pertanyaan Keluhan Pelanggan Jne"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel